9 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Secara Kondusif Dan Sehat

 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Secara Aman dan Sehat 9 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Secara Aman dan Sehat
Rambut merupakan penunjang penampilan yang sangat penting, terutama untuk kaum wanita. Salah satu langkah mempercantik penampilan ialah dengan merawat keindahan rambut. Masalahnya, banyak kondisi rambut yang mengganggu penampilan. Salah satunya ialah rambut yang bercabang. Perawatan di salon tentunya menguras dompet. Untuk itu, ketahuilah cara megatasi rambut bercabang secara alami dan mudah.

Tips Jitu Mengenai Cara Mengatasi Rambut Bercabang Secara Alami

Ada banyak faktor penyebab rambut bercabang. Diantaranya ialah kekurangan nutrisi,  catok/smoothing, paparan sinar matahari dan imbas materi kimia berlebih. Rambut bercabang lebih umum terjadi pada perempuan daripada pria. Selain itu, rambut panjang beresiko lebih tinggi bercabang dibandingkan rambut pendek. Tidak perlu khawatir akan kondisi rambut bercabang Anda lantaran dengan mengikuti tips-tips mengenai cara mengatasi rambut bercabang secara alami di artikel ini, rambut Anda akan lebih sehat dan terawat, sehingga rambut bercabang atau pecah-pecah akan berkurang. Berikut ialah tips perawatan untuk rambut bercabang Anda. baca juga : 7 Cara Merawat Rambut Secara Alami yang Praktis Dilakukan di Rumah

1. Potong ujung-ujung rambut
Perhatikan ujung-ujung rambut Anda dengan seksama. Jika menemukan ujung rambut yang bercabang, potonglah kepingan bercabang tersebut. Sebaiknya, proses memotong rambut dilakukan 6 bulan sekali. Namun bila rambut bercabang cukup parah, Anda harus melakukannya lebih sering, yaitu 2 bulan sekali. Jika Anda cukup percaya diri dengan rambut pendek, Anda boleh memotong rambut panjang Anda menjadi lebih pendek untuk mempermudah proses perawatan.
2. Gunakan adonan minyak zaitun, minyak jarak, dan almond
Cara mengatasi rambut bercabang secara alami berikutnya ialah dengan menggunakan minyak zaitun untuk merawat rambut yang kering dan pecah-pecah. Minyak zaitun kaya akan nutrisi dan pelembab untuk melembutkan rambut. Caranya dengan mencampur 1 sendok minyak zaitun dengan beberapa tetes minyak jarak dan minyak almond. Kemudian, oleskan adonan minyak tersebut ke kulit kepala sampai ujung rambut secara merata. Tutupi kepala dengan handuk selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, keramaslah menggunakan sampo khusus untuk rambut kering dan bercabang.

3. Perawatan dengan Lemon, madu, dan yoghurt
Campuran ketiga materi ini efektif untuk menutrisi dan melembabkan rambut sehingga mencegahnya kering dan bercabang. Campurkan 1 sendok makan madu dan yogurt serta perasan 1 buah lemon. Setelah tercampur, oleskan materi ini pada kulit kepala secara merata dan diamkan selama 10-15 menit. Lalu keramaslah dengan air hangat. Perawatan ini sebaiknya dilakukan 2 kali seminggu.
Artikel lainnya : 7 Cara Melembutkan Rambut Ini Paling Aman dan Tahan Lama
4. Menutrisi rambut dengan pepaya
Pepaya kaya akan enzim dan protein yang juga berkhasiat untuk menutrisi dan menjaga kesehatan serta kelembutan rambut. Oleh lantaran itu, memanfaatkan pepaya merupakan salah satu cara mengatasi rambut bercabang secara alami.  Haluskan seiris buah pepaya dan campurkan dengan 1 sendok makan yogurt. Oleskan adonan ini di kulit kepala sampai ujung rambut. Diamkan selama 10 menit kemudian keramas dengan sampo khusus untuk rambut kering dan bercabang.

5. Gunakan adonan kuning telur dan minyak zaitun
Kuning telur dan minyak zaitun merupakan bahan-bahan yang kaya akan nutrisi untuk perawatan rambut dan kulit kepala. Campurkan kuning telur yang sudah dikocok dengan 1 sendok makan minyak zaitun. Oleskan adonan ini pada kulit kepala dan seluruh rambut. Diamkan sekitar 30 menit semoga nutrisi terserap ke kulit kepala. Setelah itu, keramaslah menggunakan sampo dan air hangat sampai bersih.

6. Masker putih telur dan alpukat
Cara mengatasi rambut bercabang secara alami selanjutnya ialah dengan menggunakan masker rambut buatan sendiri, yaitu masker putih telur dan alpukat. Campur 1 putih telur dan 1 buah alpukat matang ke dalam blender kemudian blender  sampai halus dan merata. Oleskan ramuan masker rambut alami ini pada seluruh kulit kepala sampai ujung rambut. Diamkan selama beberapa menit sampai mengering kemudian keramaslah sampai bersih.

7. Cuka sari apel
Bahan yang sering dijadikan embel-embel untuk makanan atau minuman diet ini ternyata juga ampuh untuk mengatasi rambut kering bahkan bercabang. Anda hanya perlu mencampur ½ cangkir cuka sari apel dengan 1 sendok makan minyak gandum dan tambahkan air secukupnya. Sebelum menggunakan adonan ini pada rambut, basahi terlebih dahulu rambut Anda. Kemudian oleskan secara merata dari ke seluruh rambut sampai ujungnya tanpa mengenai kulit kepala. Diamkan 10 menit dan bilas dengan air hangat tanpa menggunakan sampo.

8. Perawatan dengan pengecap buaya
Khasiat pengecap buaya untuk rambut tidak diragukan lagi. Tanaman yang satu ini juga menjadi solusi  untuk memperbaiki kondisi rambut yang kering dan bercabang. Oleskan saja pengecap buaya yang telah dikupas kulitnya ke seluruh permukaan rambut sampai ke ujungnya. Diamkan sampai 20 menit. Setelah itu, keramaslah menggunakan sampo dan air hangat.

9. Perawatan dari dalam
Selain perawatan dengan bahan-bahan yang disebutkan sebelumnya, cara mengatasi rambut bercabang secara alami  lainnya ialah dengan melaksanakan perawatan dari dalam. Perawatan dari dalam juga sangat penting untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Salah satu penyebab rambut yang kering, pecah-pecah dan bercabang ialah kekurangan nutrisi, baik dari dalam maupun dari luar. Menutrisi rambut dengan aneka macam perawatan tidak akan maksimal kesannya bila Anda tidak menjaga asupan. Untuk memperbaiki kondisi rambut, Anda perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung  biotin dan folic acid. Biotin membantu memperkuat rambut. Makanan yang mengandung biotin diantaranya nasi merah dan kacang-kacangan. Sedangkan folid acid berkhasiat untuk menambah jumlah sel darah merah semoga rambut tumbuh sehat dari akar sampai ke ujung. Makanan yang mengandung folid acid diantaranya gandum, sayuran hijau, dan jeruk.

Jika Anda rutin melaksanakan perawatan menyerupai yang disebutkan di atas, kondisi rambut Anda berangsur-angsur akan membaik. Selain cara  mengatasi rambut bercabang secara alami, ada beberapa tips untuk mencegah rambut bercabang atau mencegahnya menjadi lebih parah, diantaranya:

1. Menghindari materi kimia berlebihan
Bahan kimia yang biasa digunakan untuk rambut diantaranya sampo, pelembab atau conditioner, pewarna, obat smoothing, hair tonic dan sebagainya. Kita mustahil menghindari menggunakan sampo. Oleh lantaran itu, hindari materi kimia yang berbahaya untuk rambut menyerupai pewarna dan obat smoothing. Untuk hair tonic dan conditioner, Anda sanggup menggantinya dengan materi alami menyerupai yang disebutkan tadi.

2. Jangan melaksanakan smoothing, curl, ataupun rebonding
Bahan kimia yang digunakan dalam proses ini tentu saja berbahaya. Terlebih lagi rambut Anda harus mendapatkan panas dari alat smoothing atau pengeriting. Proses ini benar-benar  berbahaya dan merusak rambut Anda. Bahkan, rambut yang sehat  sanggup menjadi sangat kering dan pecah-pecah.

3. Minum air putih
Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari untuk menghidrasi badan Anda. Kecukupan air akan membantu mencegah rambut kering dan bercabang.

Tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk melaksanakan perawatan rambut di salon. Cukup dengan mempraktekkan cara mengatasi rambut bercabang secara alami, Anda sanggup mendapatkan rambut sehat menyerupai yang Anda impikan tanpa imbas samping apapun.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "9 Cara Mengatasi Rambut Bercabang Secara Kondusif Dan Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel