Bumbu Kari Cegah Kerusakan Hati

Kurkumin yang merupakan materi kimia pada bumbu kari, berpotensi mencegah atau mengobati kerusakan hati dari suatu kondisi yang dikenal sebagai penyakit hati berlemak atau fatty liver disease, berdasarkan penelitian gres Universitas Saint Louis.

Kurkumin yang merupakan materi kimia pada bumbu kari Bumbu Kari Cegah Kerusakan Hati
Masakan Kari - Foto: wikimedia

Kurkumin terdapat pada flora kunyit atau kunir yang sudah dipakai ribuan tahun oleh orang Tiongkok sebagai obat tradisional.

Penelitian gres tersebut menyoroti potensi kurkumin bumbu kari dalam mengkaunter jenis penyakit hati berlemak yang kian lazim yang disebut non-alcoholic steatohepatitis (NASH). Terhubung dengan obesitas dan pertambahan berat badan, NASH menghipnotis 3 sampai 4 persen orang cukup umur A.S. dan sanggup menimbulkan suatu jenis kerusakan hati yang disebut fibrosis hati dan mungkin sirosis, kanker hati dan kematian.

Anping Chen, Ph.D yang merupakan koresponden dan eksekutif penelitian di pecahan patologi Universitas Saint Louis mengatakan: "Laboratorium aku mempelajari cara-cara alami untuk mencegah dan mengobati kerusakan hati ini." Seperti yang dikutip dari Physorg.

"Walaupun penelitian pada manusia dibutuhkan, penelitian kami menyampaikan bahwa kurkumin sanggup saja menjadi satu terapi efektif untuk mengobati dan mencegah fibrosis hati yang terhubung dengan non-alcoholic steatohepatitis (NASH)."

Tingkat leptin darah yang tinggi, glukosa dan insulin lazim ditemukan pada pasien-pasien insan yang menderita obesitas dan diabetes tipe 2 yang mungkin menjadi penyebab fibrosis hati yang berafiliasi dengan NASH.

Karya terakhir Chen menguji efek kurkumin terhadap fungsi kadar tinggi leptin dalam proses fibrosis hati in vitro atau dalam latar laboratorium terkontrol.

"Leptin memerankan fungsi yang sangat penting dalam pengembangan fibrosis hati," katanya.

Kadar tinggi leptin mengaktifkan sel-sel stellata hepatik yang merupakan penyebab produksi hiperbola protein kolagen yang merupakan fitur utama fibrosis hati. Para peneliti menemukan bahwa di antara aktifitas lainnya, kurkumin mengeliminasi imbas leptin pada pengaktifan sel-sel stellata hepatitik sehingga mengganggu perkembangan kerusakan hati.

https://doctorxprescriptions.blogspot.com//search?q=manusia-hidup-hingga-1000-tahun">Kesehatan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bumbu Kari Cegah Kerusakan Hati"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel