37 Tips Ampuh Berhenti Merokok Selamanya

Memang agak asing ketika pada bungkus rokok terdapat goresan pena berupa “Merokok dapat menyebabkan kanker serangan jantung…(dst)” tetapi hal itu tidaklah mengurangi minat seseorang untuk berhenti merokok.

Karena sangat terang akhir yang ditimbulkan dari ancaman rokok ini sangat fatal, yaitu dapat menyerang jantung dan paru-paru.

Ada beberapa penyebab dari susahnya berhenti merokok, yaitu sebab zat yang membuat kecanduan terdapat di dalam rokok.

Penyebab kedua sebab sedang tidak melaksanakan aktifitas sehingga disaat luang yang ibarat itu, muncul impian "nafsu" untuk merokok.

Untuk mengatasi dari penyebab yang kedua, maka sangat disarankan untuk mengisi waktu luang dengan aktiftas sehar-hari yang bermanfaat.

Adapun secara umum ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan dalam usaha untuk berhenti merokok.

Berhenti merokok

Cara ampuh berhenti merokok

1. Tekad Kuat

Usaha berhenti merokok eksklusif 100% memang sulit dilakukan secara instan, sebab godaan untuk merokok sangat besar, sehingga dalam usaha berhenti merokok diharapkan kesabaran yang tinggi, persiapkan hal ini.

Mulailah menghindari beragai pemicu yang menyebabkan keinginanmu untuk merokok, ibarat kopi, alkohol, program malam, berdebat hingga pusing yang risikonya menghisap rokok dan hal lainnya.

Disaat bersamaan, sembari mengurangi konsumsi rokok semampunya, serta sembari mencari banyak sekali kesibukan lain.

2. Ganti Rokok dengan Permen Atau Lainnya

Cara ini cukup efektif, yaitu mengganti rokok dengan permen, es, dsb. Dimana orang yang terbiasa merokok maka akan mencicipi asam pahit dimulutnya kalau tidak merokok.

Untuk mengatasi cukup mudah, gantilah dengan memakan permen mint ataupun permen jahe. Maka secara perlahan, tentunya Anda akan terbiasa.

3. Katakanlah Keinginan Berhenti Merokok pada Orang Dekat

Perlu dikatakan kepada orang bersahabat bersama-sama Anda sedang bertekad keras untuk berhenti merokok. Hal ini memiliki kegunaan biar orang-orang di sekeliling melaksanakan support kepada Anda.

Selain itu, biar Mereka tidak akan merokok di depan Anda, sebab kalau mereka tetap merokok di depan Anda maka bisa menggagalkan usaha Anda dalam barhenti merokok.

Utarakan niat baik ini kepada pasangan, keluarga, dan sahabat. Mereka akan peduli kepada Anda, dan pasti akan mendukung untuk hidup sehat, dimana pinjaman itu sangat berarti.

Orang terdekat Anda nantinya akan sering mengingatkan Anda perihal target untuk berhenti merokok, serta manfaat kesehatannya. Sehingga bisa meredam secara efektif kalau muncul impian merokok kembali.

Jangan lupa,  mintalah sahabat dan keluarga untuk tidak merokok di depan Anda, tidak menunjukkan rokok, dan tidak meninggalkan rokok di sekitar Anda.



4. Bergaul dengan Orang Tepat

Berkaitan dengan nonor 3, utamakan bergaul dengan orang-orang yang tidak merokok, dan lebih diutamakan lagi bergaul dengan orang-orang yang telah berhasil berhenti merokok.

Karena ketika bergaul dengan orang-orang yang tidak merokok dapat meminimalisir impian untuk merokok.

Selain itu, kalau bergaul dengan orang yang sukses dalam berhenti merokok, mereka tentunya akan menceritakan kisah suksesnya ketika berhasil berhenti merokok, yang hal ini semakin memotivasi Anda dan juga meningkatkan rasa optimis Anda untuk berhasil berhenti merokok.

5. Olahraga

Dengan sering melaksanakan olahraga, maka dapat meminimalkan impian untuk berhenti merokok. Anda dapat melaksanakan banyak sekali olahraga yang ringan-ringan saja ibarat melaksanakan jogging dan sebagainya.

Dengan badan yang sering keluar keringat, membuat kita terpacu untuk sadar akan pentingnya kesehatan.

Dengan mengetahui pentingnya kesehatan maka akan memicu diri untuk semakin bisa meninggalkan rokok, sebab sebenarnya semua insan sudah sepakat bahwa merokok sangat berbahaya. Hanya saja mereka belum terlalu peduli dengan kesehatannya sendiri.

6. Minum Lebih Banyak Air Putih

Dengan meminum lebih banyak air, dapat membantu badan dalam menghilangkan racun dan juga zat-zat yang membuat candu. Sehingga dapat mengurangi impian badan untuk merokok.

Dengan minum air putih, juga memiliki kegunaan untuk mengatasi rasa asam pada mulut, dan secara umum menyehatkan tubuh.

Ketika muncul impian akan merokok, maka minumlah satu gelas air putih, yang dengan sendirinya hasrat merokok menjadi hilang.

7. Jangan Meyerah

Bagi orang-orang yang sudah sangat kecanduan untuk merokok, dan mungkin sebab saking kecanduannya risikonya gagal juga menahan diri untuk tidak merokok.

Apabila hal ini hingga terjadi (mudah-mudahan tidak) maka jangan menyerah. Pada hari-hari esok tetap berusaha untuk menahan diri untuk tidak merokok. Jangan hingga kendur semangat untuk berhenti merokok, pupuklah semangat tersebut pada setiap harinya.

loading...

8. Untuk Siapa Anda Berhenti Merokok

Perlu membulatkan tekad dan niat anda. Untuk siapa Anda berhenti merokok? Untuk diri sendiri, keluarga dan orang-orang yang mencintai Anda. Semakin cepat berhenti merokok dan hidup sehat, maka semakin cepat juga organ badan Anda yang rusak akhir rokok akan sedikit demi sedikit pulih.

Hal lainnya yang semakin membulatkan tekat untuk berhenti merokok, yakni untuk menghemat uang Anda sendiri. Anda bisa melihat orang di sekeliling anda, ibu, anak dan istri. Apakah Anda tidak kasihan kalau tiap hari harus menghirup asap rokok anda?

Banyak sekali kisah bahwa perokok pasif memiliki resiko tinggi kematian. Pernah mendengar anak yang meninggal gara-gara Pneumonia? Penyakit itu muncul gara-gara racun asap rokok yang menempel di baju si ayah, walaupun si ayah tidak pernah sekalipun merokok di bersahabat anaknya.

Uang yang kita miliki, dari pada digunakan untuk membutuh anggota keluarga secara tidak langsung, lebih baik digunakan untuk menyenangkan mereka, ibarat membelikan makanan yang enak untuk mereka, mengajak jalan-jalan yang seru dan menyenangkan, untuk pendidikan masa depan anak yang mungkin ingin kualiah di fakultas kedokteran, dan seterusnya.

9. Jangan Ragu Buang Semua Rokok

Setelah berjalan beberapa waktu dari usaha berhenti merokok, dengan hal faktual yang dimiliki maka jangan ragu untuk membuang semua rokok yang tersisa. Tetaplahj ingat dengan tekad dan niat Anda.

Ingatlah, ketika Anda sakit sebab rokok, yang membuat Anda sendiri susah, demikian juga anggota keluarga akan ikut susah.

Seperti ketika terkena kanker paru-paru sangat parah, akhir terlalu banyak merokok. Maka yang susah dan menderita yakni Anda dan keluarga Anda sendiri.

10. Tetapkan Target Waktu

Tetapkan target waktu (seperti 2-3 minggu) untuk benar-benar bisa berhenti merokok. Tetapi, perlu diperhatikan pada periode tersebut, pastikan tidak bertepatan dengan kondisi stres yang dialami sebab uatu duduk perkara lain.

Penting untuk bisa secara bertahap mengurangi jumlah rokok yang dihisap, hingga risikonya Anda berhenti merokok sama sekali pada target waktu yang sudah ditetapkan.

Ketika sudah mendekati tanggal, Anda harus siap secara mental dan emosional untuk benar-benar berhenti merokok, ingat jangan menundanya lagi. Jika hingga menunda, berakibat pada resiko besar kegagalan berhenti merokok,

11. Rubah Mindset Anda

Tidak sedikit yang mengatakan bahwa berhenti merokok itu sulit, mindset ini perlu untuk diubah. Coba bayangkan ketika seseorang makan nasi. Tiba-tiba nasi tersebut kejatuhan kotoran cicak dari atap rumah, hal ini spontan menghentikan makannya, bahkan akan benar-benar berhenti makan, padahal sebelumnya sangat lapar, tapi sebab ada kotoran cicak jatuh, seketika perut jadi kenyang.

Inilah mindset. Tanamkan daalam pikiran bahwa menghentikan rokok yakni hal yang pasti dapat dilakuan. Untuk membantu, maka cari informasi-informasi seputar ancaman merokok, yang sangat banyak penyakit kronis yang ditimbulkannya.


12. Jauhi Sebisa Mungkin Teman yang Merokok

Usahakan semampunya untuk menjauhi teman-teman yang suka merokok, tepatnya dalam perkumpulan yang berisi para ‘penggila’ rokok. Dimana ketika kiri-kanan semuanya merokok, sangat dikhawatirkan akan menggalan usaha Anda untuk berhenti melaksanakan hal tersebut.

Lebih buruk lagi, kalau mereka malah memaksa Anda untuk merokok, serta mereka malah menurunkan semangat Anda dalam usaha berhenti merokok. Jika keadaannya ibarat itu, maka perlu membatasi kekerabatan dengan mereka. Utamakan berkumpul dengan teman-teman yang tidak merokok.

13. Hindari Kebiasaan yang Membuat Anda Merokok

Hindari pemicu impian untuk merokok, ibarat banyak minum kopi apalagi alkohol, berkumpul bersama teman-teman yang perokok, menghadiri program malam yang kurag bagus, berdebat dengan oirang lain hingga kepala pusing sehingga risikonya merokok, dsb.

Ketika kesulitan dalam menghadapi godaan, cobalah untuk sering mengkonsumsi produk susu, buah-buahan dan sayuran.

Pada sebuah survei yang dilakukan, membuktikan bahwa menkonsumsi makanan yang disebutkan itu dapat menyampaikan cita rasa yang kurang enak dalam merokok. Sehingga hasrat merokok pun menurun.

Selain itu, disarankan untuk membuang asbak yang ada di dalam rumah, jangan meletakan asbak sempurna berada di depan daerah Anda biasanya bersantai duduk, sebab dapat memicu impian untuk merokok.

14. Pintar-pintar Cari Kesibukan

Carilah kesibukan dengan hal-hal yang Anda sukai, sehingga hindari meninggalkan banyak waktu lowong, sehingga terpikir impian untuk merokok lagi.

Anda bisa mengalihkan impian merokok dalam kegiatan yang intens, ibarat egiatan olahraga, berjalan, bersepeda dll.

15. Kunjungi Tempat Tanpa Asap Rokok

Cobalah untuk menghabiskan berjam-jam dalam suatu hari di daerah yang tidak diperbolehkan merokok, ibarat perpustakaan, dll.

Demikian ketika ignin duduk-duduk minum kopi bersama teman-teman, maka pilihlah daerah yang memuat kebiajakan non-smoking area.

16. Buatlah Tangan Anda Sibuk

Salah satu penyebab orang-orang tetap merokok, sebab (berdasarkan survay yang dilakukan) bahwa kebiasaan merokok memiliki kaitan dengan apa yang mereka lakukan dengan tangan mereka.

Untuk itu, buatlah tangan anda memegang apa saja (kecuali rokok), ibarat sering memegang pena, pensil, secarik kertas, laptop, smarpthone dll, sehingga tangan Ada akan terlindungi dari rokok.

17. Jangan Jatuh Pada Perangkap “satu batang rokok”

Tepislah godaan perihal “hanya satu batang”. Penting diingat, bahwa sekali Anda merokok satu batang saja, hal ini merusak usaha berhenti merokok. Hal itu sebab kalau sudah terjatuh pada godaaan satu batang, maka satu batang lainnya segera mengikuti.

Tetapi Jika jatuh dalam perangkap, maka jangan menghukum diri anda terlalu keras. Kamu perlu bangkit, dan terus mencoba untuk tidak membuat kesalahan yang sama lagi, dan Anda dapat percaya diri untuk terhindar dari merokok lagi.

Penting untuk memohon kepada Allah pencipta langit dan bumi, biar membantu Anda untuk bisa terhindar dari godaaan 1 batang rokok.

18. Ingatlah, Tidak Merokok = Awet Muda

Karena merokok bisa mengurangi asupan oksigen ke kulit, yang menyebabkankulit terlihat tua.

Ketika berhenti merokok, kulit Anda nantinya akan mendapat lebih banyak oksigen, sehingga mencegah terjadinya penuaan dini, dan mencegah munculnya keriput.

19. Ketahui, Merokok Malah Memicu stres

Selama ini hampir semua perokok berpikir bahwa merokok bisa mengatasi stres berkat kandungan nikotin di dalamnya.

Tetapi, yang sebenarnya terjadi yakni perokok seang mengalami gejala putus obat dari nikotin, sehingga seperti merokok akan terasa menenangkan.

Efek menenangkan nikotin ini hanyalah sementara. Nikotin bukanlah obat untuk meredakan stres. Justru menurut penelitian, bahwa tingkat stres orang yang berhenti merokok akan menurun ketimbang ketika mereka masih merokok.

20. Cobalah Akupunktur

Akupunktur menjadi metode alami untuk mengatasi ketergantungan zat nikotin. Dengan melaksanakan 3-5 kunjungan terapi dinilai sudah bisa mengurangi intensitas gejala, ibarat duduk perkara psikologis, raa cemas, depresi, hingga ketergantungan zat nikotin.

Survei yang dilakukan juga menunjukkan bahwa akupunktur bisa meningkatkan vitalitas dan kesuburan, serta membantu otak untuk berpikir lebih jernih.

21. Ingat!! Tidak Merokok Dapat Meningkatkan Kesuburan

Lapisan rahim dan kualitas sperma akan membaik setelah berhenti merokok. Sehingga dengan berhenti merokok, kesempatan untuk memiliki anak menjadi lebih tinggi.

Selain itu performa dan kualitas seks menjadi lebih baik, pedoman darah akan menjadi lebih lancar khusus pada pria akan mengalami ereksi yang lebih baik, adapun wanita menjadi lebih mudah terangsang dan mengalami orgasme.

22. Ingat!! Tidak merokok = Menghemat Uang

Berhenti merokok akan menghemat uang Anda. Jika sehari Anda bisa menghabiskan sebungkus rokok seharga Rp. 13.000, maka dalam sebulan Anda bisa menghemat Rp. 390.000, dalam setahun Rp. 4.680.000.

Dengan uang sebnayak itu, Anda bisa gunakan untuk hal-hal yang sangat berguna, sehingga tidak hanya terbakar secara percuma.

23. Jalani Pengobatan Medis

Kamu bisa mengkonsultasikan impian untuk berhenti merokok kepada dokter. Biasanya langkah medis yang digunakan yaitu terapi pengganti nikotin (NRT). Efek nikotin sebenarnya bisa didapatkan dari permen karet atau tablet isap yang mengandung nikotin.

24. Gerakkan Tubuh

Selain membuat badan sehat tentunya, aktif bergerak bisa mengalihkan impian untuk merokok. Anda bisa lari mengelilingi komplek rumah, atau juga bisa melaksanakan gerakan menyenangkan lainnya ibarat lompat tali, sit-up dll, yang untuk melakukannya tidak perlu persiapan khusus.

Atau Anda juga bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga ibarat menyapu, mengepel lantai, hingga menyirami tanaman.

Adapun ketika hasrat merokok muncul di kantor, maka dapat mengalihkannya hanya dengan beranjak dari bangku lalu berjalan-jalan di sekitar ataupun di luar ruangan.

25. Beri penghargaan untuk diri sendiri atas upaya keras Anda. Sehingga Anda perlu menghadiahi diri sendiri untuk keberhasilan hari-hari tanpa rokok, dengan membeli sesuatu barang istimewa, atau pergi jalan-jalan yang menyenangkan.

26. Berpikirlah positif. Janganlah berpikir bahwa berhenti merokok sebagai sebuah pengorbanan. Kamu perlu menegtahui dan selalu mengingatnya, bahwa dengan berheti merokok Anda akan menerima banyak sekali manfaat.

27. Hindari godaan merokok setelah makan. Dimana tidak sedikit orang cenderung untuk merokok setelah makan. Jika makan sudah selesai, carilah kegiatan lain ibarat browsing website yang bermanfaat, atau juga berdiri dari meja setelah makan atau berjalan-jalan, sehingga mncegah Anda merokok setelah makan.

28. Tidur lebih nyenyak. Cobalah untuk tidur dengan lebih nyeyak, usahakan hal ini. Hal ini membuat Anda bangun dengan fit dan segar di pagi, sehingga terhndari dari resiko stres yang memicu seseorang ingin merokok.


29. Jika ada, letakan rokok ditempat yang sulit untuk ditemukan, minimal jangan meletakan rokok di depan TV, yang beresiko tinggi menjadikan uapaya berhenti merokok gagal.

30. Buat perjanjian dengan orang terdekat (seperti istri dan anak-anak), beritahu mereka bahwa Kamu tidak akan pernah merokok lagi, kalau tertangkap berair merokok maka Anda harus membayar denda, misalnya Rp 10.000. Hal ini tampaknya cukup efektif untuk benar-benar menghilangkan impian untuk merokok.

31. Alihkan dengan banyak sekali kesibukan, sebab biasanya orang akan merokok kalau ada waktu senggang. Sehingga buatlah kesibukan yang banyak, aturlah jadwal Anda sepadat mungkin.

32. Istirahat yang Cukup. Sehingga ketika akan merokok pilihlah untuk segera tidur saja. Hal ini membuat Anda terbantu dalam usaha berhenti merokok.

33. Kunjungi daerah bebas asap rokok, ibarat tempat-tempat yang ber-AC, atau area dilarang merokok.

34. Ketahui mengenai ancaman merokok, disarankan Anda mencari gambar akhir merokok, yang tentunya gambar yang menyeramkan, lalu cetak dalam ukuran besar dan tempel di dinding atau daerah yang sering Anda lihat. Strategi ini cukup efektif untuk membuat orang takut untuk merokok.

35. Selalu siapkan permen di kantong. Sehingga ketika hasrat ingin merokok datang, kunyahlah sesuatu, ibarat permen. Sehingga keingian merokok hilang.

36. Jejali otak atau pikiran Anda dengan efek-efek negatif dari merokok, hingga risikonya bisa merubah persepsi menjadi positif, bahwa ada banyak keuntungan dari berhenti merokok.

37. Berhenti merokok mulai dari sekarang, jangan pernah ditundah walau SEDETIK pun, kemudian pertahankan sekuat tenaga pada usaha berhenti merokok.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "37 Tips Ampuh Berhenti Merokok Selamanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel