Kelainan Rambut Medis

 

 

Hirsutisme (Rambut Berlebihan)

Hirsutisme ialah suatu keadaan dimana rambut tumbuh secara hiperbola pada kulit yang biasanya tidak terlalu banyak mempunyai rambut.

PENYEBAB
Hirsutisme dapat terjadi baik pada laki-laki maupun wanita.
Penyebab yang biasa ditemukan adalah:
# Genetik (keturunan).
Keadaan ini seringkali diturunkan dalam satu keluarga, terutama pada orang-orang Mediteranian.
# Kelainan sistem endokrin.
- Sindroma polikista indung telur
- Sindroma Cushing
- Hiperplasia adrenal kongenitalis
- Pubertas prekox
# Obat-obatan : minoksidil, steroid androgenik, testosteron.

Penyebab yang jarang:
# Menopause
# Pubertas
# Kehamilan
# Kelenjar adrenal yang hiperaktif
# Karsinoma adrenokortikal
# Tumor atau kanker indung telur
# Obat-obatan : aminoglutetimid, siklosporin, obat yang mengandung androgen atau progestin, glukokortikoid, metoklopramid.

Faktor resiko terjadinya hirsutisme:
- Riwayat hirsutisme dalam keluarga
- Kelainan endokrin
- Pemakaian androgen (steroid androgenik atau testosteron)
- Usia lanjut.

GEJALA
Hirsutisme menimbulkan pembesaran akar rambut, pembesaran dan peningkatan pigmentasi rambut serta pertumbuhan rambut dengan contoh penyebaran yang secara normal ditemukan pada pria.

Masalah yang sangat mengganggu pada hirsutisme ialah pertumbuhan rambut wajah yang berlebihan.
Read more............. 

Kebotakan (Alopesia)

Kebotakan (alopesia) ialah hilangnya sebagian atau seluruh rambut.

Sejalan dengan pertambahan usia, pada laki-laki dan perempuan akan terjadi penurunan kepadatan rambut.
Pria mempunyai contoh kebotakan khusus yang berafiliasi dengan hormon testosteron. Jika seorang laki-laki tidak menghasilkan testosteron (akibat kelainan genetik atau dikebiri), maka ia tidak akan mempunyai contoh kebotakan tersebut.
Wanita juga mempunyai contoh kebotakan yang khusus.

Alopesia paling sering terjadi pada kulit kepala, biasanya terjadi secara sedikit demi sedikit dan dapat seluruh kulit kepala kehilangan rambutnya (alopesia totalis) atau hanya berupa bercak-bercak di kulit kepala.
Sekitar 25% laki-laki mulai mengalami kebotakan pada usia 30 tahun dan sekitar duapertiga laki-laki menjadi botak pada usia 60 tahun.

Rata-rata kulit kepala mengandung 100.000 helai rambut dan setiap harinya, rata-rata sebanyak 100 helai rambut hilang dari kepala.
Setiap helai rambut berumur 4,5 tahun, dengan pertumbuhan sekitar 1 cm/bulan. Biasanya pada tahun ke 5 rambut akan rontok dan dalam waktu 6 bulan akan diganti oleh rambut yang baru.
Kebotakan yang diturunkan terjadi jawaban kegagalan badan untuk membentuk rambut yang baru, bukan lantaran kehilangan rambut yang berlebihan.

PENYEBAB
Penyebabnya dapat berupa:
# Keturunan
# Penuaan
# Perubahan hormon
# Demam
# Keadaan kulit lokal
# Penyakit sistemik
# Obat-obat tertentu, contohnya yang dipakai untuk mengobati kanker atau vitamin A yang berlebihan
# Pemakaian sampo dan pengering rambut yang berlebihan
# Stres emosional atau stres fisik
# Perilaku cemas (kebiasaan menarik-narik rambut atau menggaruk-garuk kulit kepala)
# Luka bakar
# Terapi penyinaran
# Tinea kapitis
# Trikotilomania.

GEJALA

Kebotakan contoh pria

Kebotakan contoh laki-laki ialah suatu contoh khusus dari kebotakan pada pria, yang disebabkan oleh perubahan hormon dan faktor keturunan.

Read more ............  
 

Psedofolikulitis Barbae

Pseudofolikulitis Barbae ialah peradangan pada folikel (akar rambut) di kawasan tempat tumbuhnya janggut.

Peradangan ini terjadi lantaran rambut yang keriting/ikal, sehingga ujungnya menusuk kulit.
Keadaan ini paling sering terjadi pada rambut jenggot yang keriting, terutama pada laki-laki berkulit hitam.

PENYEBAB
Bakteri stafilokokus.

GEJALA
Kulit di kawasan tempat tumbuhnya janggut tampak memerah, terasa gatal dan ditemukan jerawat atau jerawat kecil.

Read more ......
 

Bulu/Rambut Tubuh Berlebihan (Excessive Hairiness)

Perbedaan tiap orang mengenai jumlah rambut badan sangat luas variasinya. Usia, kelamin, ras dan etnis orisinil seseorang, dan faktor keturunan memilih jumlah rambut tubuh. definisi rambut ‘berlebihan’ ialah subyektif. Pada beberapa budaya, laki-laki berbulu dipertimbangkan sebagai maskulin; sebaliknya, keadaan berbulu dijauhkan. Beberapa perempuan tidak suka mempunyai rambut badan manapun, sedangkan yang lain tidak memikirkan hal itu. Jarang, rambut hiperbola ada dikala lahir (karena gangguan menurun) tetapi biasanya terjadi kemudian di dalam kehidupan. Pada perempuan dan anak-anak, atau indung telur yang merupakan hasil kelebihan produksi hormon pria. Keadaan ini dapat juga diakibatkan dari penggunaan obat-obatan tertentu, menyerupai minoxidil, phenytoin, cyclosporine, dan anabolic steroid. Porphyria cutanea tarda, sebuah gangguan kekurangan enzim, juga dapat menimbulkan pertumbuhan rambut yang berlebihan.

DIAGNOSA

Karena beberapa gangguan medis merangsang pertumbuhan rambut yang berlebihan, dokter harus membedakan rambut yang hiperbola yang dihasilkan pada duduk kasus medis yang mendasari dari rambut yang tumbuh yang hanya berafiliasi dengan duduk kasus kecantikan.

Seorang dokter pertama kali mengusut gejala-gejala lain pada androgen yang berlebihan, menyerupai siklus menstruasi yang tidak teratur, bunyi yang mendalam, kebotakan, atau fitur sindrom Cushing, menyerupai muka lingkaran besar dan alas pada lemak di antara bahu. Jika setiap tanda-tanda ini ada, dokter melaksanakan investigasi darah yang bervariasi untuk mengukur kadar pada hormon tertentu.

PENGOBATAN

Obat-obatan kemungkinan menimbulkan rambut hiperbola tidak berlanjut hingga hal ini akan menimbulkan duduk kasus kesehatan. Jika kadar testosteron tinggi dipastikan sebagai penyebab, obat-obatan yang menyumbat pengaruh tersebut, menyerupai spironolactone, flutamide, atau finasteride, dapat sangat membantu tetapi jarang digunakan.

Read more .............


Rambut yang Tumbuh Ke Dalam

Rambut yang keriting sehingga ujungnya menusuk kulit dapat menimbulkan peradangan (pseudofolliculitis barbae). Hal ini sangat sering terjadi dengan rambut pada janggut yang keriting, khususnya pada laki-laki kulit hitam. Setiap rambut yang bertumbuh ke dalam menimbulkan jerawat kecil, sedikit menyakitkan dengan rambut kelihatan mengeriting ke titik tumbuh.

DIAGNOSA

Dokter mendiagnosa keadaan tersebut dengan penampilan khasnya. Pengobatan mencakup menyisir keluar setiap ujung rambut yang tumbuh ke dalam pada kulit dengan ujung jarum atau penjepit tajam.

Read more ........

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kelainan Rambut Medis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel