Pentingnya Cukup Tidur Dikala Sedang Berpuasa

Pentingnya Cukup Tidur Saat Sedang Berpuasa Pentingnya Cukup Tidur Saat Sedang Berpuasa

Pentingnya Cukup Tidur Saat Sedang Berpuasa – Saat sedang berpuasa, tidur pun akan mempunyai pahala namun bukan berarti orang harus melaksanakan lebih banyak tidur daripada beraktifitas. Bagi orang yang mempunyai pekerjaan kecil kemungkinan dapat bermalas-malasan dengan tidur dikala berpuasa. Kemungkinan besar justru jam tidur yang makin berkurang. Pasalnya pada dikala puasa, maka akan ada waktu dimana harus makan sahur terlebih dahulu. Hal ini tentu saja mengubah waktu tidur. Belum lagi apabila sesudah sahur sudah tidak dapat tidur kembali.

Itulah mengapa pada dikala berpuasa, penting kiranya untuk memperhatikan setiap asupan nutrisi biar  tubuh tetap terjaga kesehatannya. Selain itu perlu juga memperhatikan waktu tidur. Apalagi bagi orang yang akan mengalami kesulitan tidur kembali sesudah sahur atau sholat shubuh. Apabila hal ini hingga terjadi maka dapat mengakibatkan kurang tidur atau tidur pun kurang berkualitas kesannya justru lemas dan malas beraktifitas.

Pentingnya Cukup Tidur Saat Sedang Berpuasa

Mengapa kita dihentikan meremehkan kecukupan tidur dikala berpuasa? berdasarkan dr. Andreas Prasadja, RPSGT menyerupai yang dikutip tempo.co mengungkapkan bahwa ketika seseorang mengalami gangguan tidur dapat menimbulkan pengaruh kurang baik bagi tubuhnya. Dalam penuturannya jangan hingga seseorang meremahkan soal kurang tidur. Karena ketika seseorang kurang tidur maka hal tersebut akan menganggu semua sistem kinerja tubuhnya. Beberapa diantaranya adalah 
  • Otak sulit fokus. Sudah tentu akan menganggu aktifitas atau pekerjaan yang seharusnya dilakukan. Mengantuk sudah niscaya menurunkan produktifitas kerja yang dilakukan.
  • Emosi gampang meledak. Orang kurang tidur cenderung akan gampang murka atau pribadi emosi hanya sebab hal-hal sepele.
  • Metabolisme badan terganggu. Hal ini akan sangat menimbulkan gangguan bagi orang berpuasa. sistem metabolisme terganggu dimana keinginan makan bertambah, cenderung gampang lapar. 
  • Kurang tidur juga dapat menimbulkan ancaman bagi diri sendiri maupun orang lain. Misalnya tetap memaksakan diri untuk mengendarai motor atau kendaraan beroda empat padahal mengantuk. Tentu saja dapat menimbulkan kecelakaan fatal.

Obat Mujarab Kurang Tidur

Lalu apa obar mujarab kurang tidur? Tentu saja tidur dan itulah tanggapan yang disampaikan dr. Andreas. Saat mengantuk jangan dipaksakan untuk mengonsumsi kopi, minuman berenergi dan lainnya dengan cita-cita akan kembali fokus bekerja, tidak mengantuk dan memulihkan stamina. Mengantuk itu sakit dan obatnya tentu saja tidur. 

Tips Menyiasati Cukup Tidur Saat Puasa

Agar memperoleh waktu istirahat atau jam tidur yang cukup dikala menjalankan puasa maka perlu melaksanakan persiapan khusus. Pastikan telah mempunyai hidangan sahur sehingga tidak perlu memasaknya cukup menghangatkannya dikala saat pagi. Pilih hidangan yang cepat namun sehat contohnya oatmel, susu dan buah. Tentu proses untuk menyiapkannya sangat mudah. Hal ini akan membantu Anda untuk dapat memajukan jam tidur malam. Memajukan jam tidur sehingga dapat berdiri sahur sesuai waktu yang diinginkan. Untuk mengetahui berkualitas tidaknya waktu tidur yang dilakukan dapat dilihat bagaimana keadaan badan dikala pagi dan siang hari. Apabila terasa lemas, tidak segar dan cepat mengantuk dikala siang hari, dapat jadi waktu tidur Anda kurang berkualitas.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pentingnya Cukup Tidur Dikala Sedang Berpuasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel