Bakteremia & Sepsis

Bakteremia & Sepsis

Bakteremia & Sepsis
DEFINISI
Bakteremia yaitu terdapatnya basil di dalam fatwa darah. Sepsis yaitu suatu infeksi di dalam fatwa darah.

PENYEBAB
Sepsis merupakan jawaban dari suatu infeksi basil di potongan badan manusia.
Yang sering menjadi sumber terjadinya sepsis yaitu infeksi ginjal, hati atau kandung empedu, usus, kulit (selulitis) dan paru-paru (pneumonia sebab bakteri).

Faktor resiko terjadinya sepsis:


  • Pembedahan di potongan badan yang terinfeksi atau di potongan badan dimana secara normal tumbuh basil (misalnya usus)
  • Memasukkan benda aneh ke dalam tubuh, contohnya kateter intravena, kateter air kemih atau selang drainase
  • Penyalahgunaan obat terlarang yang disuntikkan
  • Penderita gangguan sistem kekebalan (misalnya jawaban terapi anti kanker).

GEJALA
Bakteremia yang bersifat sementara jarang mengakibatkan tanda-tanda sebab badan biasanya sanggup membasmi sejumlah kecil basil dengan segera.

Jika telah terjadi sepsis, maka akan timbul gejala-gejala berikut:
- demam atau hipotermia (penurunan suhu tubuh)
- hiperventilasi
- menggigil
- kulit teraba hangat
- ruam kulit
- takikardi (peningkatan denyut jantung)
- mengigau atau linglung
- penurunan produksi air kemih.

Jika tidak segera diatasi, sepsis bisa mengakibatkan infeksi di seluruh badan (infeksi metastatik). Infeksi bisa terjadi di dalam selaput otak (meningitis), di dalam kantong jantung (perikarditis), di dalam jantung (endokarditis), di dalam tulang (osteomielitis) dan di dalam sendi-sendi yang besar. Suatu abses (penimbunan nanah) bisa terbentuk hampir di semua potongan tubuh.


DIAGNOSA
Diagnosis sepsis ditegakkan kalau seorang penderita infeksi tiba-tiba mengalami demam tinggi. Jumlah sel darah putih dalam darah biasanya sangat tinggi. Biakan darah dibentuk untuk memilih organisme penyebab infeksi. Tetapi basil mungkin tidak tumbuh dalam biakan darah terutama bila penderita menerima terapi antibiotik. Untuk itu perlu dibentuk biakan sampel dari dahak, air kemih, luka atau dari potongan badan dimana kateter dimasukkan.


PENGOBATAN
Bakteremia sebab pembedahan atau pemasangan kateter pada susukan kemih biasanya tidak memerlukan pengobatan, asalkan kateter segera dilepas. Tetapi untuk orang yang beresiko terhadap terjadinya infeksi (penderita penyakit katup jantung atau penurunan sistem kekebalan), sebelum menjalani pembedahan atau pemasangan kateter, biasanya diberi antibiotik untuk mencegah terjadinya sepsis.

Sepsis merupakan persoalan yang serius, dengan resiko janjkematian yang tinggi. Antibiotik harus segera diberikan meskipun belum diperoleh hasil biakan dari laboratorium. Pada awalnya derma antibiotik menurut kepada basil apa yang sering terdapat di kawasan yang teinfeksi. 2 jenis antibiotik sering diberikan untuk meningkatkan kemampuannya dalam membunuh bakteri.

Kemudian kalau hasil biakan sudah diperoleh, antibiotik bisa diganti dengan yang paling efektif untuk basil penyebab infeksi. Pada beberapa kasus perlu dilakukan pembedahan untuk menghilangkan sumber infeksi, contohnya suatu abses.

Mungkin perlu diberikan terapi suportif berupa oksigen tambahan, cairan intravena dan obat-obatan untuk meningkatkan tekanan darah. Jika terjadi gagal ginjal, mungkin penderita perlu menjalani dialisa. Jika terjadi kegagalan pernafasan, mungkin perlu dibantu dengan mesin ventilator.
 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bakteremia & Sepsis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel