Kadas / Kurap


Penyakit kurap / kurap/Ringworm (tinea) ialah benjol jamur yang disebabkan oleh beberapa jamur yang berbeda dan bisanya dikelompokkan menurut lokasinya pada tubuh.

Meskipun namanya, benjol ringworm tidak berafiliasi dengan cacing. Nama tersebut timbul lantaran tambalan kulit berbentuk gelang yang diciptakan oleh benjol tersebut.

PENYEBAB

Berbagai jenis jamur.

GEJALA

Athletets foot

Disebut juga kadas/kurap di kaki, merupakan suatu benjol jamur yang biasanya muncul pada cuaca panas/hangat.

Biasanya disebabkan oleh Trichophyton atau Epidermophyton, yaitu jamur yang sanggup tumbuh di kawasan yang lembab dan hangat, diantara jari-jari kaki.

Jamur sanggup mengakibatkan terbentuknya sisik-sisik yang sangat halus tanpa tanda-tanda lainnya atau sisik-sisik yang lebih kadar disertai ruam yang terasa gatal, bernafsu dan menjadikan nyeri di sela-sela jari kaki dan di tepian kaki.

Juga sanggup terbentuk lepuhan yang berisi cairan.

Jamur sanggup mengakibatkan kaki menjadi retak-retak sehingga terjadi benjol bakteri, terutama pada penderita usia lanjut dan penderita gannguan anutan darah ke kaki.




Kadas/kurap di selangkangan

Disebut juga jick itch dan sanggup disebabkan oleh sejumlah jamur.

Lebih sering ditemukan pada laki-laki dan lebih sering terjadi pada cuaca hangat.

Infeksi mengakibatkan kemerahan berbentuk ibarat cincin, kadang disertai lepuhan kecil di kulit sekitar selangkakan dan kulit paha atas pecahan dalam.

Bisa menjadikan gatal-gatal dan bahkan nyeri.

Meskipun telah diobati sering terjadi benjol ulangan.

Kadas/kurap di kulit kepala

Penyebabnya ialah Trichophyton atau Microsporum.

Penyakit ini sangat menular, terutama pada anak-anak.

Bisa mengakibatkan terbentuknya ruam merah bersisik yang kadang terasa gatal atau mengakibatkan kerontokan rambut yang meninggalkan bercak pitak tanpa disertai ruam.



Kadas/kurap di kuku

Penyakit kurap kuku (tinea unguium, onychomycosis) ialah benjol kuku paling sering yang disebabkan oleh Trichophyton. Jamur sanggup masuk ke dalam kuku, menghasilkan penebalan, tak bercahaya, dan kuku berubah bentuk. Infeksi lebih cukup sering terjadi pada kuku kaki dibandingkan kuku jari. Kuku kaki yang terinfeksi sanggup terlepas dari tempat tidur kuku, remuk, atau berserpihan.

Kadas/kurap pada badan

> Penyebabnya ialah Trichophyton.

Infeksi biasanya menyebakan ruam berwarna pink hingga merah yang kadang membentuk bercak lingkaran dan tengahnya jernih.

Kadas/kurap tubuh sanggup ditemukan di setiap kulit tubuh.





Kadas/kurap pada janggut

Jarang terjadi.

Sebagian besar benjol yang menyerang janggut disebabkan oleh bakteri, bukan jamur.


Jock itch (tinea cruris) lebih umum pada laki-laki dibandingkan perempuan dan terjadi lebih sering di udara hangat. Infeksi tersebut mulai pada lipatan kulit pada kawasan kelamin dan sanggup menyebar menuju paha dalam pecahan atas. Biasanya skrotum tidak termasuk (tidak ibarat benjol jamur). Ruam mempunyai sisik, pinggiran merah jambu. Jock itch sanggup sangat gatal dan kemungkinan terasa sangat sakit. Orang yang rentan sanggup mengalami benjol berulang.

DIAGNOSA

Diagnosis ditegakkan menurut gejala-gejalanya.


PENGOBATAN

Obat jamur topikal
• Amorolfine
• Butenafine
• Ciclopirox
• Clotrimazole
• Econazole
• Haloprogin
• Ketoconazole
• Miconazole
• Naftifine
• Nystatin (hanya Candida)
• Oxiconazole
• Selenium sulfide (shampo untuk panu)
• Sulconazole
• Terbinafine
• Terconazole
• Tioconazole
• Tolnaftate
• Undecylenate

Kebanyakan benjol penyakit kurap, kecuali pada kulit kepala dan kuku, ialah ringan. Krim anti jamur biasanya menyembuhkannya. Banyak krim anti jamur efektif sanggup dibeli tanpa resep ; bedak anti jamur umumnya tidak bagus. Bahan aktif dalam obat-obatan anti jamur topikal termasuk miconazole, clotrimazole, econazole, oxiconazole, ciclopirox, ketoconazole, terbinafine, dan butenafine.

Biasanya, krim dioleskan sekali atau dua kali sehari, dan pengobatan harus dilanjutkan untuk 7 hingga 10 hari sehabis ruam hilang seluruhnya. Jika krim tersebut dilarang dengan segera, benjol tersebut tidak sanggup dibasmi, dan ruam tersebut akan kembali. Ciclopirox dalam bentuk pernis kuku kemungkinan dicat pada benjol jamur pada kuku. Pengobatan ini sanggup memerlukan waktu hingga 1 tahun, meskipun begitu, dan masih tidak sanggup efektif.

Beberapa hari sanggup terlewati sebelum krim anti jamur mengurangi gejala-gejala. Krim kortikosteroid seringkali dipakai untuk membantu menghilangkan rasa gatal dan sakit untuk beberapa hari pertama. Hidrokortison dosis-rendah tersedia bebas; kortikosteroid yang lebih keras memerlukan resep dan kemungkinan ditambahkan ke krim anti jamur.

Untuk benjol kulit dan benjol kuku yang lebih serius atau membandel, seorang dokter sanggup meresepkan obat anti jamur untuk dipakai dengan diminum, itraconazole, terbinafine, dan griseofulvin, semuanya efektif. Obat-obatan ini dipakai setiap hari. Beberapa dokter meresepkan fluconazole, yang kemungkinan diberikan sekali seminggu untuk 3 hingga 4 ahad untuk penyakit kurap pada tubuh. Penyakit kurap pada kuku memerlukan pengobatan lebih usang dengan itraconazole atau terbinafine : 6 ahad untuk jari kuku dan 12 ahad atau lebih untuk jari kaki.

Sampai 1 tahun diharapkan untuk jari kaki gres untuk tumbuh. Terbinafine ialah obat paling efektif yang tersedia untuk mengobati penyakit kurap pada kuku. Griseofulvin dibutuhkan untuk pengobatan untuk jangka yag lebih lama. Meskipun begitu, penyakit kurap pada kuku tidak selalu bereaksi terhadap obat-obatan yang dipakai melalui lisan dan sanggup kambuh bahkan sehabis pengobatan sepertinya sangat berhasil.

Penyakit kurap pada kepala sanggup memerlukan pengobatan dengan obat-obatan yang dipakai dengan lisan untuk 4 hingga 6 minggu-atau bahkan lebih usang jikalau griseofulvin digunakan. Beberapa dokter menawarkan kortikosteroid melalui lisan untuk anak dengan kerion pada kulit kepala.

Jika benjol penyakit kurap keluar, benjol kuman sanggup juga telah terbentuk. Beberapa benjol sanggup memerlukan pengobatan dengan antibiotik, yang lainnya dioleskan pada kulit atau diberikan melalui mulut.

PENCEGAHAN

Sulit untuk mencegah Kurap. Jamur yang mengakibatkan kurap ialah umum dan menular bahkan sebelum tanda-tanda muncul. Namun, Anda sanggup membantu mengurangi risiko penyakit kurap dengan mengambil langkah-langkah ini:

   1. Didiklah diri Anda dan orang lain. Sadar akan risiko terinfeksi kurap dari orang atau binatang peliharaan. Beritahu belum dewasa Anda perihal kurap, apa yang harus diperhatikan dan bagaimana untuk menghindari infeksi.
   2. Tetaplah bersih. Cuci tangan Anda sesering mungkin untuk menghindari penyebaran infeksi. Menjaga kawasan umum atau mengembangkan tetap bersih, khususnya di sekolah-sekolah, sentra penitipan anak, sentra kebugaran dan kamar ganti.
   3. Tetap sejuk dan kering. Jangan menggunakan pakaian tebal untuk jangka waktu yang usang dalam keadaan hangat dan lembab. Hindari keringat berlebihan.
   4. Hindari binatang yang terinfeksi. Infeksi sering terlihat ibarat sepotong kulit di mana bulu yang hilang. Dalam beberapa kasus, meskipun, Anda mungkin tidak akan melihat adanya tanda-tanda penyakit. Tanyakan kepada dokter binatang untuk menyelidiki binatang peliharaan dan binatang peliharaan untuk kurap.
   5. Jangan mengembangkan barang pribadi. Jangan biarkan orang lain menggunakan pakaian, handuk, sisir atau barang eksklusif lainnya. Menahan diri dari meminjam barang-barang dari orang lain juga.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kadas / Kurap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel