Kanker Leher Rahim

Kanker Leher Rahim

Penyakit kanker leher rahim yang istilah kesehatannya yakni kanker servik (Cervical Cancer) merupakan kanker yang terjadi pada servik uterus, suatu tempat pada organ reproduksi perempuan yang merupakan pintu masuk ke arah rahim yang terletak antara rahim (uterus) dengan liang senggama (vagina).
Kanker Leher Rahim

Penyakit kanker servik ini disebabkan oleh beberapa jenis virus yang disebut Human Papilloma Virus (HPV). Virus ini menyebar melalui kontak sexual, HPV sanggup menyerang semua perempuan disetiap waktu tanpa melihat umur ataupun gaya hidup. Banyak perempuan yang dengan daya tahan tubuh yang baik bisa melawan infeksi HPV dengan sendirinya. Namun demikian, terkadang virus ini berujung pada terjadinya penyakit kanker.

Di Indonesia, Kanker Serviks yakni kanker pembunuh perempuan Indonesia no.1 tertinggi dikala ini.(
Pdpersi). “Setiap perempuan selama hidupnya beresiko terkena virus yang mengakibatkan kanker serviks”, terutama beresiko tinggi bagi mereka yang merokok, melahirkan banyak anak, menggunakan alat kontrasepsi pil dalam jangka waktu lama, serta mereka yang terinfeksi HIV Aids.(MedlinePlus)

  • Bagaimanakah kanker leher rahim terjadiLayaknya semua kanker, kanker leher rahim terjadi ditandai dengan adanya pertumbuhan sel-sel pada leher rahim yang tidak lazim (abnormal). Tetapi sebelum sel-sel tersebut menjadi sel-sel kanker, terjadi beberapa perubahan yang dialami oleh sel-sel tersebut. Perubahan sel-sel tersebut biasanya memakan waktu hingga bertahun-tahun sebelum sel-sel tadi menjelma sel-sel kanker. Selama jeda tersebut, pengobatan yang sempurna akan segera sanggup menghentikan sel-sel yang aneh tersebut sebelum menjelma sel kanker.
  • Mendeteksi Kanker ServiksSel-sel yang aneh tersebut sanggup dideteksi kehadirannya dengan suatu test yang disebut “Pap smear test”, sehingga semakin dini sel-sel aneh tadi terdeteksi, semakin rendahlah resiko seseorang menderita kanker leher rahim. Pap smear yakni suatu test yang kondusif dan murah dan telah digunakan bertahun-tahun lamanya untuk mendeteksi kelainan-kelainan yang terjadi pada sel-sel leher rahim.
  • Tanda dan Gejala Kanker ServiksSecara umum tanda dan gejalanya yakni terjadinya perdarahan vagina sehabis kegiatan sexual atau diantara masa menstruasi. Sementara itu tanda lain yang mungkin timbul antara lain yakni :
    1. Hilangnya nafsu makan dan berat badan
    2. Nyeri tulang panggul dan tulang belakang
    3. Nyeri pada anggota gerak (kaki)
    4. Terjadi pembengkakan pada area kaki
    5. Keluarnya feaces menyertai urin melalui vagina
    6. Hingga terjadi patah tulang panggul
    Pemeriksaan Pap smear test yang teratur sangat dibutuhkan untuk mengetahui dan mendeteksi adanya kanker serviks pada diri seorang wanita.
  • Pengobatan Penyakit Kanker ServiksBagi Anda yang terdiagnosa mengalami perubahan aneh sel semenjak dini, maka sanggup dilakukan beberapa hal menyerupai ;
    1. Pemanasan, diathermy atau dengan sinar laser.
    2. Cone biopsi, yaitu dengan cara mengambil sedikit dari sel-sel leher rahim, termasuk sel yang mengalami perubahan. Tindakan ini memungkinkan investigasi yang lebih teliti untuk memastikan adanya sel-sel yang mengalami perubahan. Pemeriksaan ini sanggup dilakukan oleh hebat kandungan.
    Jika perjalanan penyakit telah hingga pada tahap pre-kanker dan kanker leher rahim telah sanggup diidentifikasi, Maka ada beberapa hal yang sanggup dilakukan untuk penyembuhannya, antara lain ;
    1. Operasi, yaitu dengan mengambil tempat yang terjangkit kanker, biasanya uterus beserta leher rahimnya.
    2. Radioterapi yaitu dengan menggunakan sinar X berkekuatan tinggi yang sanggup dilakukan secara internal maupun eksternal.
  • Berlangganan update artikel terbaru via email:

    0 Response to "Kanker Leher Rahim"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel