Kanker Paru-Paru

Kanker Paru-Paru

Penyakit Kanker Paru-paru tergolong dalam penyakit kanker yang mematikan, baik bagi laki-laki maupun wanita. Dibandingkan dengan jenis penyakit kanker lainnya, ibarat kanker prostat, kanker usus, dan kanker payudara, penyakit kanker paru-paru remaja ini cenderung lebih cepat meningkat perkembangannya.
Kanker Paru-Paru

Penyakit kanker paru-paru yaitu sebuah bentuk perkembangan sell yang sangat cepat (abnormal) didalam jaringan paru yang disebabkan oleh perubahan bentuk jaringan sell atau perluasan dari sell itu sendiri. Jika dibiarkan pertumbuhan yang aneh ini sanggup menyebar ke organ lain, baik yang bersahabat dengan paru maupun yang jauh contohnya tulang, hati, atau otak.
Penyakit kanker paru-paru lebih banyak disebabkan oleh merokok (87%), sedangkan sisanya disebabkan oleh zat asbes, radiasi, arsen, kromat, nikel, klorometil eter, gas mustard dan pancaran panggangan arang sanggup mengakibatkan kanker paru-paru, meskipun biasanya hanya terjadi pada pekerja yang juga merokok.

  • Klasifikasi Penyakit Kanker Paru-ParuAda pengklasifikasian dari penyakit kanker paru-paru, Ini dilihat dari tingkat penyebarannya baik dijaringan paru itu sendiri maupun terhadap organ tubuh lainnya. Namun intinya penyakit kanker paru-paru terbagi dalam dua kriteria menurut level penyebarannya:
    1. Kanker paru-paru primer
      Memiliki 2 type utama, yaitu Small cell lung cancer (SCLC) dan Non-small cell lung cancer (NSCLC). SCLC yaitu jenis sell yang kecil-kecil (banyak) dimana mempunyai daya pertumbuhan yang sangat cepat sampai membesar. Biasanya disebut “oat cell carcinomas” (karsinoma sel gandum). Type ini sangat erat kaitannya dengan perokok, Penanganan cukup berespon baik melalui tindakan chemotherapy and radiation therapy.
      Sedangkan NSCLC yaitu merupakan pertumbuhan sell tunggal, tetapi seringkali menyerang lebih dari satu tempat di paru-paru. Misalnya Adenoma, Hamartoma kondromatous dan Sarkoma.
    2. Kanker paru sekunder
      Merupakan penyakit kanker paru yang timbul sebagai efek penyebaran kanker dari potongan organ tubuh lainnya, yang paling sering yaitu kanker payudara dan kanker usus (perut). Kanker menyebar melalui darah, sistem limpa atau lantaran kedekatan organ.
  • Tanda dan Gejala Penyakit Kanker Paru-paruTanda dan tanda-tanda kanker paru ini hanya akan muncul ketika perkembangan aneh sell ini semakin parah kearah stadium yang lebih lanjut, dan ini memerlukan waktu bertahun-tahun semenjak awal perkembangannya. Bahkan ada kemungkinan tidak menampakkan adanya tanda dan tanda-tanda khusus, melainkan hanya tampak kalau dilakukan X-ray. Namun kalau beberapa tanda dan tanda-tanda dibawah ini apabila dirasakan, sebaiknya segeralah periksa ke dokter :
    1. Batuk-batuk yang usang pada orang merokok
    2. Kesulitan bernafas (nafas pendek)
    3. Batuk mengeluarkan darah (meskipun jumlah sedikit)
    4. Sering mengalami infeksi paru (pneumonia atau bronchitis)
    5. Adanya nyeri dada, pundak dan potongan punggung
    6. Suara yang berubah dari biasanya
    7. Batuk lebih dari 2 ahad pada orang yang tidak merokok
    8. Lainnya ibarat susah menelan, leher dan wajah tampak membengkak, nafsu makan berkurang, hilangnya berat badan, cepat lelah atau lemah.
  • Penyebab Penyakit Kanker Paru-paruPenyebab terbesar yaitu merokok, Sedangkan lainnya yaitu disebabkan adanya kontaminasi udara sekitar oleh zat asbes, polusi udara oleh asap kendaraan ataupun pembakaran termasuk asap rokok. Ada beberapa kasus penyakit yang memicu terjadinya penyakit kanker paru-paru ini, yaitu penyakit TBC dan Pneumonia. Kedua penyakit ini sanggup menjadikan perlukaan pada jaringan sell organ paru sehingga mensupport terjadinya pertumbuhan sell aneh didalam rongga tersebut. Biasanya kanker paru yang berkembang dari kasus ini yaitu jenis adenocarcinoma (adenoma).
  • Penanganan dan Treatment Penyakit Kanker ParuPenanganan dan treatment atau pengobatan yang dilakukan pada orang yang terdiagnosa mengalami penyakit kanker paru akan tergantung dari tingkat stadiumnya, kemungkinan dilakukannya operasi, serta kondisi umum si Penderita. Hal ini tidak terlepas dari riwayat serta penyebab dari adanya kanker paru tersebut tentunya.
    Beberapa langkah yang biasa dilakukan adalah:
    • Tindakan operasi pembedahan mengangkat sell kanker
    • Tindakan Therapy Radiasi
    • Tindakan Therapy Kemotherapy
    • Tindakan penyuntikan {Photodynamic (PTD)}
    Pemberian Nutrisi dan supplement sanggup mengurang tanda-tanda yang disebabkan oleh kanker paru. Vitamin D dan Fe sangat baik untuk diberikan oleh penderita penyakit kanker paru, Begitu pula dengan makanan antioxidant ibarat blueberri, cherri, dan buah tomat.
  • Berlangganan update artikel terbaru via email:

    0 Response to "Kanker Paru-Paru"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel