Mengenal Tanda-Tanda Diabetes Pada Anak

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya kadar gula dalam darah dikar Mengenal Gejala Diabetes Pada Anak
Mengenal Gejala Diabetes Pada Anak - Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya kadar gula dalam darah dikarenakan adanya gangguan pada sistem metabolisme dalam tubuh. Pada penderita diabetes, ada kelainan pada organ pankreas, yaitu tidak mau memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Akhirnya penderita mempunyai banyak persendian glukosa sehingga seringkali merasa lemah. baca juga : obat alami diabetes

Gejala Diabetes pada Anak-Anak

Penyakit diabetes yang umumnya terjadi pada orang dewasa, ternyata bisa juga di derita oleh anak-anak. Diabetes yang terjadi pada bawah umur biasanya dikenal dengan diabetes tipe 1. Gejala-gejala yang timbul antara lain;
  • Anak menjadi sering buang air kecil – Intensitas buang air kecil bawah umur yang terjangkit diabetes biasanya lebih sering. Misalnya sehari hingga bisa lebih dari enam kali dan terutama di malam hari anak suka tiba-tiba ngompol berkali-kali.
  • Mudah haus lantaran seringnya buang air kecil sehingga anak juga sering minum – Oleh lantaran seringnya buang air kecil maka anak yang terjangkit diabetes menjadi sering pula minum. Jika si anak sulit minum justru yang terjadi yaitu kehilangan cairan tubuh dan ini akan menjadikan penyakit tambahan.
  • Berat tubuh berkurang – berat tubuh menjadi turun lantaran glukosa tidak bisa diubah menjadi energi sehingga untuk beraktivitas tubuh memakai energi yang diambil dari lemak sehingga tubuh anak cenderung turun terus.
  • Mudah lelah, letih, dan terlihat kurang bertenaga – anak yang terjangkit diabetes tampak lesu dan gampang lelah. Hal ini lantaran tubuh anak tidak bisa memproses glukosa untuk dijadikan energi.
  • Peningkatan kadar gula dalam darah yang bisa diketahui lewat cek laboratorium.

Penyebab dan Cara menangani Diabetes Pada Anak

Selama ini penyebab diabetes pada bawah umur terlebih diakrenakan faktor keturunan. Jika sewaktu mengandung ibu mengalami diabetes maka bayi yang dilahirkan berkemungkinan mengalami diabetes juga. Selain itu, penyebab lain yaitu abuh virus yang menyerang tubuh sehingga pankreas tak bisa memproduksi hormon insulin yang berarti terhambatnya pengolahan glukosa menjadi energi.

Penanganan Anak-anak yang terjangkit diabetes, antara lain sebagai berikut;
  1. Diabetes tipe 1 yang terjadi pada bawah umur tidak bisa dicegah. Pencegahan sejak awal yaitu dengan memelihara kesehatan ketika si ibu hamil.
  2. Penanganan diabetes pada anak yaitu dnegan menunjukkan makanan cukup serat serta bergizi.
  3. Memberikan perawatan intensif sesuai hasil konsultasi dengan dokter ahli, biasanya diberikan terapi hormon yang nahya bisa dilakukan oleh dokter.
  4. Rutin memeriksakan anak ke dokter dan cek gula darah untuk sanggup dilakukan perawatan yang tepat.
  5. Rutin memeriksakan anak ke dokter dan cek gula darah untuk sanggup dilakukan perawatan yang tepat.
  6. Memberikan cukup air minum biar anak tidak mengalami dehidrasi, serta menjalankan diet sesuai saran dokter.
  7. Mengajar anak menjalankan referensi hidup sehat menyerupai berolahraga secara teratur.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengenal Tanda-Tanda Diabetes Pada Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel