Anda Mengalami Luka Bakar Dan Melepuh? Baca Tips Ini

Kebanyakan terbakar minor terjadi di rumah - sebagai contoh, sesudah memegang kompor panas atau terkena air panas. Kulit jadi merah dan terasa nyeri. Terbakar yang lebih dalam cenderung melepuh, jerawat serta nyeri. Terbakar parah, yang merusak lapisan kulit lebih dalam bahkan lemak dan saraf dibawahnya, tampak abu-abu dan gosong. Mungkin tak terasa nyeri lagi. Ini menjadikan hilangnya cairan dan dapat menciptakan shock.

Kebanyakan terbakar minor terjadi di rumah  Anda Mengalami Luka Bakar dan Melepuh? Baca Tips Ini

Untuk luka bakar kecil maupun serius. Penting bertindak cepat untuk menyelamatkan korban dan mengurangi rasa panas akhir terbakar.

Terbakar Parah

  • Pindahkan korban jauh dari sumber panas secepat yang Anda bisa.
  • Lakukan segera langkah untuk mendinginkan luka bakar (lihat teknik praktis)
  • Periksa korban dengan teliti untuk melihat gejala shock dan rawat kalau perlu, kalau penderita pingsan, lakukan CPR.

Terbakar Kecil/Minor

  • Lakukan langkah cepat mendinginkan luka terbakar.
  • saat luka membaik, jangan pencet lepuh yang muncul. Gunakan parasetamol atau ibuprofen kalau luka bakarnya tetap nyeri.
  • Jika gatals elama proses penyembuhan, bubuhkan pelembab untuk menyejukkan kulit dan mencegah kekeringan.

Teknik Mudah Mendinginkan Luka Bakar

Ikuti langkah berikut untuk mendinginkan luka bakar segera. Lakukan pada luka bakar minor dan lebih serius selagi menunggu bantuan.
  1. Pegang tempat yang terbakar di bawah air masbodoh mengalir sekurangnya 10 menit. Jika air tidak ada, gunakan cairan masbodoh tak berbahaya menyerupai susu atau minuman kaleng. Jangan gunakan es.
  2. Selagi luka terasa lebih dingin, perlahan buka benda yang dapat menekan area ini kalau mulai bengkak, menyerupai baju, perhiasan, jam, ikat pinggang, atau sepatu. Jangan coba membuka baju atau material yang melekat pada kulit yang terbakar. Potong sekitar luka bakar dan minta pinjaman medis.
  3. Keringkan tempat luka. Jangan bubuhkan krem atau lotion di atas luka bakar. Tutupi dnegan ksa steril yang tak lengket atau kain yang higienis tidak berbulu, dan perban dnegan tak terlalu ketat.

 

Peringatan 

Panggil ambualns kalau terbakar erat lisan atau tenggorokan, atau sangat dalam, atau ada tanda shock persoalan pernafasan, atau korban tak sadarkan diri.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Anda Mengalami Luka Bakar Dan Melepuh? Baca Tips Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel