Pertolongan Pertama Cedera Kepala

Pertolongan Pertama Cedera Kepala - Semua cedera kepala berpotensi berbahaya. Pukulan di kepala dapat menjadikan lebam atau cedera kulit kepala bahkan gegar otak. Ada resiko tulang tengkorak patah, juga tekanan pada otak jawaban pendarahan dalam tengkorak atau nanah jaringan otak yang mengalami cedera. Gejala menyerupai sakit kepala kuat, bernafas pelan, berisik, dan mengantuk dapat terjadi beberapa jam atau hari sehabis cedera. Korban cedera kepala juga ditangani untuk kemungkinan adanya cedera leher (tulang belakang).

 Semua cedera kepala berpotensi berbahaya Pertolongan Pertama Cedera Kepala


Anda harus segera meminta santunan medis untuk semua cedera kepala, meskipun tampak kecil.
  • Untuk luka di kulit kepala, coba hentikan perdarahan dan perban lukanya. (lihat teknik praktis).
  • Jika terbentur kecil di kepala dan tak ada perdarahan. Bubuhkan kompres masbodoh (handuk yang direndam di air masbodoh dan diperas) untuk mengurangi nanah dan lebam.
  • Jika korban gegar otak, beliau mungkin merasa nyeri, pening, dan pusing. Minta korban berisitirahat, bahkan bila beliau tampak pulih, dan mintalah santunan medis.
  • Jika korban sadar tapi Anda mengira adanya cedera kepala seriuas, bantu beliau berbaring dalam posisi nyaman. Jaga punggung dan leher biar tak bergerak dan jangan balikkan kepalanya. Tanyakan pertanyaan sederhana. Jika beliau gundah atau sulit berbicara, panggil ambulans.
  • Jika korban tidak sadar, panggil ambulans, monitor denyut nadi, pernafasan, dan level respons secara teratur sampai tiba santunan medis atau sampai ia sadar.
  • Jika korban berhenti bernafas. Angkat rahangnya hati-hati untuk membuka susukan udara dan mulai lakukan CPR.
  • Setelah cedera kepala, perhatikan tanda-tanda fisik menyerupai sakit kepala, lemah, ukuran pupil yang tak sama, dan gundah beberapa jam atau hari sehabis tanda-tanda cedera. Minta santunan medis segera bila gejalanya memburuk.


Teknik Mudah Menangani Luka di Kepala

Perdarahan dari luka kulit di kepala biasanya banyak alasannya ialah area ini penuh dengan pembuluh darah kecil. Cedera kulit kepala tampak lebih serius dari kondisi sebenarnya. Jika Anda khawatir soal parahnya luka, minta saran medis.
  • Kenakan sarung tangan sekali pakai, atau basuh tangan bersih. Tutup luka dengan kasa steril, tekan luka untuk mengontrol pendarahan.
  • Perban kasa di tempatnya. Jika darah e perban tambahkan kasa kedua di atasnya. Jika terus mengeluarkan darah, buka keduanya dan pasang yang baru.
Demikian tips singkat dan pertolongan pertama pada penderita cedera kepala, yang paling penting ialah Anda harus berusaha tetap hening dan jangan gugup, biar Anda dapat bertingkat dengan cepat dan tepat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pertolongan Pertama Cedera Kepala"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel