Pertolongan Pertama Cedera Mata

Pertolongan Pertama Cedera Mata - Mata gampang lebam atau luka akhir pukulan langsung. Mata juga sanggup cedera akhir benda tajam menyerupai serpihan gelas, atau iritasi akhir pasir atau bubuk yang masuk ke mata. Percikan zat kimia sanggup mencederai mata, dan banyak produk rumah tangga menyerupai detergen menjadikan iritasi kalau kontak dengan mata. Cedera mata biasanya menyakitkan, dan mata yang cedera akan berair, bengkak,d an merah. Semua cedera mata sanggup berakibat serius, alasannya ada resiko penglihatan jadi terganggu.

 Mata gampang lebam atau luka akhir pukulan pribadi Pertolongan Pertama Cedera Mata

Menangani Cedera Mata

Anda harus minta derma medis untuk semua cedera mata meskipun kecil. Tugas utama Anda yaitu menciptakan korban berusaha tenang, menutup luka, dan minta derma medis.
  • Periksa mata dengan hati-hati, kalau sekitar matanya menghitam, dan Anda yakin ini tidak serius, Anda sanggup menanganinya.(lihat mata lebam). Pasir atau bubuk di mata sanggup dikeluarkan sepanjang benda ini sanggup bergerak di atas putih mata (lihat benda abnormal di mata), tapi ingat jangan pernah mencoba mengeluarkan benda dari bab mata atau apapun yang masuk ke dalam mata.
  • Jika mata luka atau lebam parah, bantu korban berbaring dan taruh kepalanya di pangkuan Anda semoga tak bergerak. Minta ia tenang. Tutup mata yang cedera dengan kasa atau perban steril, dan minta korban memegangnya. Atur kedatangan derma medis.


Menangani Zat Kimia di Mata

Anda harus segera membersihkan mata korban dari zat kimia. Lindungi diri Anda dan jaga semoga air yang tercemar sanggup mengalir bebas.
  • Kenakan sarung tangan, kalau ada, letakkan mata di bawah air masbodoh yang mengalir setidaknya 10 menit, posisikan kepala sampai air yang tercemar tidak masuk ke mata lainnya di wajah. Bilas mata dan kelopak mata sampai bersih. Jika kedua mata kena, palingkan kesisi lainnya dan ulangi prosesnya.
  • Saat nyerinya berkurang. Beri korban kasa higienis untuk dipegang di atas mata. Perban tak ketat dan bawa korban ke rumah sakit. Identifikasi zat kimianya kalau sanggup dan informasikan ke petugas rumah sakit.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pertolongan Pertama Cedera Mata"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel