Petunjuk Diet Pada Hiperemesis Gravidarum

Diet Pada Hiperemesis Gravidarum - Anda Tahu Hiperemesis Gravidarum? Bahasa sederhananya merupakan suatu kondisi muntah yang hiperbola yang terjadi di awal kehamilan, biasanya pada kehamilan trimester pertama (tiga bulan pertama). Nah bila kondisi ini dibiarkan tentunya akan menciptakan Ibu mengalami gangguan asupan nutrisi yang sangat diharapkan bagi Ibu dan janinnya. Salah satu cara semoga kebutuhan gizi dan nutrisinya terpenuhi yaitu dengan melaksanakan diet yang benar sesuai tawaran dari praktisi gizi.

 Bahasa sederhananya merupakan suatu kondisi muntah yang hiperbola yang terjadi di awal k Petunjuk Diet Pada Hiperemesis Gravidarum

Diet ini bertujuan mengganti persedian glikogen dan mengontrol asidosis, serta secara berangsur-angsur memperlihatkan masakan cukup kalori dan zat gizi.

Syarat diet ini yaitu tinggi karbohidrat, rendah lemak, dan cukup cairan. Makanan diberikan dalam bentuk kering, proteksi cairan diadaptasi dengan keadaan penderita. Makanan harus gampang dicerna, tidak merang*sang, dan diberikan dalam porsi kecil namun sering. Menurut keadaan klien, secara berangsur diberikan masakan yang memenuhi syarat gizi.

Secara umum, diet pada klien yang menderita hiperemisis gravidarum sanggup dibagi dalam 3 menurut tingkatan hiperemesis.

Diet Hiperemesis I

Diet ini diberikan pada penderita dengan hiperemesis berat. Makanan hanya terdiri dari roti kering dan buah-buahan, kurang dalam semua zat gizi, kecuali vitamin C, oleh alasannya yaitu itu hanya diberikan selama beberapa hari. Nilai gizi sehari diet ini yaitu 1.059 kalori, 15 g protein, 2 g lemak, 259 g karbohidrat, 0,1 g kalsium, 1.788 SI vitamin A, dan 238 mg vitamin C. Cairan tidak diberikan bersama makanan, tetapi 1-2 jam sesudahnya.

Diet Hiperemesis II

Nah, diet ini diberikan bila rasa mual dan muntah sudah berkurang. Secara berangsur mulai diberikan materi masakan yang bernilai gizi tinggi. Makanan ini rendah dalam semua zat gizi, kecuali vitamin A dan C. Nilai gizi sehari diet ini yaitu 1.672 kalori, 57 g protein, 33 g lemak, 293 g karbohidrat, 0,3 g kalsium, 7.266 SI vitaminA, dan 199 mg vitamin C. Minuman tidak diberikan bersama makanan.

Diet Hiperemesis III

Diet hiperemesis III diberikan pada penderita hiperemesis ringan. Makanan ini cukup dalam semua zat gizi kecuali kalium. Nilai gizi diet ini yaitu 2.269 kalori, 73 g protein, 59 g lemak, 368 g karbohidrat, 0,4 g kalsium, 7.491 SI vitamin A, dan 199 mg vitaminC. Menurut kedanggupan penderita, minuman boleh diberikan bersama dengan makanan.

Makanan yang baik diberikan, contohnya roti panggang, biskuit, soda krakers, yang sanggup dimakan bersama dengan selai. Buah-buahan segar, atau sari buah, minuman botol ringan, sirop, kaldu tidak berlemak, teh dan kopi encer juga baik diberikan. Gorengan dan masakan berlemak atau yang terlalu berbumbu dan berbau merang*sang dihentikan diberikan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Petunjuk Diet Pada Hiperemesis Gravidarum"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel