Pantangan & Anjuran Makanan Bagi Penderita Stroke

Penyakit stroke merupakan kondisi terjadinya gangguan pada kerja otak yang disebabkan terhambatnya (kurang maksimalnya) fatwa darah ke otak.

Penyakit Stroke ini disebabkan dari dua problem yaitu problem pembuluh darah yang tersumbat, dan problem pecahnya pembuluh darah.

Untuk orang renta yang terkena stroke, umumnya karena pembuluh darah yang mengeras, atau juga terjadinya penumpukan lemak pada pembuluh darah.

Adapun penyakit Stroke pada masa terpelajar balig cukup akal dan usia produktif, seringnya karena problem gaya hidup yang buruk, ibarat merokok, penggunaan narkoba, stress yang tidak seharusnya, gaya hidup yang tidak sehat, mengkonsumsi alkohol dan lainnya.

Tentunya hal tersebut bisa dicegah dengan menghindari melaksanakan hal-hal buruk tersebut.

Penyakit Stroke

Stroke terdiri dari dua macam yaitu stroke ringan dan juga stroke berat. Untuk problem Stroke ringan terjadi karena fatwa darah yang tersumbat, atau fatwa darah menuju otak yang berkurang karena terhambat.

Aliran darah dapat mengalami tersumbat ibarat itu karena darah yang membeku. Setelah itu masih ada peluang besar supaya darah akan kembali mengalir melalui arteri atau vena.

Penting diketahui, bahwa stroke ringan ini bisa menjadi peringatan bahwa seseorang dapat beresiko terkena penyakit stroke berat.

Adapun gejala stroke pada umumnya yaitu:
  1. Rasa kesemutan pada sebagian tubuh 
  2. Kesulitan dalam berbicara 
  3. Kesulitan mengungkapkan pikiran 
  4. Kesulitan memahami apa yang diucapkan 
  5. Kesulitan memahami goresan pena yang dibacanya 
  6. Sulit memahami apa yang dikatakan orang lain 

Pola hidup yang baik dan kebiasaan makan yang sehat, sangat penting untuk mengurangi 3 faktor seseorang dapat terkena stroke, ibarat kadar kolesterol yang tinggi, tekanan darah tinggi, dan juga obesitas (kelebihan berat badan). Jika mengalami 3 penyakit ini, maka resiko stroke juga semakin tinggi.

Makanan sehat dianjurkan bagi penderita penyakit stroke:
Rekomendasi makanan sehat yang dianjurkan untuk penderita stroke, serta gaya hidup yang baik untuk penderita stroke, berikut di bawah ini poin-poinnya::

1. Sayuran dan buah

Sebuah kewajiban untuk mengkonsumsi banyak sayur dan buah, karena manfaatnya yang tidak diragukan lagi sangat besar bagi kesehatan.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat, penyakit stroke terjadi ketika fatwa darah ke otak tersumbat atau kalau pembuluh darah di otak pecah, menimbulkan jaringan otak mati. Stroke menjadi empat penyebab utama keempat janjkematian di Amerika Serikat. Demikian ibarat dilansir dari laman Shape.com

Dalam analisis dari 20 studi yang sudah dilakukan, dengan melibatkan 760.000 pria dan wanita, sebanyak 17.000 orang terkena resiko tinggi stroke. Para peneliti menemukan bahwa untuk konsumsi 200 gram buah setiap hari, maka risiko stroke turun 32 persen.

Konsumsi 200 gram sayuran setiap hari, risiko stroke menurun 11 persen. Dalam penelitian tersebut tidak ada perbedaan yang signifikan pada orang muda dan tua.

Para peneliti mengklaim bahwa makan buah-buahan dan sayuran, terutama jeruk, apel, pir, dan sayuran berdaun bisa melindungi tubuh dari resiko stroke. Hal itu karena buah dan sayuran dapat menurunkan tekanan darah (yang menjadi penyebab untuk tingginya resiko stroke) dan meningkatkan fungsi mikrovaskuler, merupakan fatwa cairan dari pembuluh darah ke jaringan tubuh.

Terdapat banyak nutrisi berlimpah dalam buah-buahan dan sayuran ibarat serat, kalium, folat, dan antioksidan ibarat vitamin C, beta-karoten, dan flavonoid yang dihubungkan dengan manfaat penurunan risiko stroke.

Sebuah artikel yang dipublikasikan pada American Heart Association jurnal Stroke menyatakan bahwa makan dengan mengutamakan buah dan sayuran menunjukkan manfaat basar dalam penurunan risiko stroke.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dalam mengatasi stroke ini, sangat penting mengkonsumsi buah dan sayuran dengan banyak jenisnya, ibarat apel, mangga, pir, pisang, plum, kiwi, aprikot, berry, ceri, melon, semangka, pepaya, nanas dan banyak jenis sayuran. Itu sangat direkomendasikan dikonsumsi sehari-hari.


2. Makanan berserat tinggi

Usahakan untuk mengutamakan mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi. Makanan berserat memiliki berbagai manfaat, yang membuat seseorang HARUS memasukan makanan berserat ke dalam daftar menu makanan sehari-hari. Manfaatnya yaitu:
  1. Untuk kesehatan jantung secara umum
  2. Mencegah kanker
  3. Serat mengikat kolesterol sehingga bisa untuk menurunkan kolesterol
  4. Mencegah watu ginjal dan watu empedu.
  5. Untuk kesehatan kulit, karena serat membantu membersihkan tubuh dari racun, yang bermanfaat untuk kesehatan kulit dan kesehatan tubuh secara umum.
  6. Mencegah Stroke .
  7. Serat mencegah mudah lapar, sehingga manjaga berat tubuh supaya tidak berlebihan (obesitas)
  8. Menyehatkan pencernaan, mencegah konstipasi dan wasir. Dengan membantu mengeluarkan limbah dan racun melalui proses ereksi.
  9. Serat membantu supaya limbah dibuang tanpa meninggalkan residu, sehingga mencegah kanker usus.

Makanan-makanan yang tinggi serat ibarat apel yang mengandung serat yang larut, asam organik, dan kalium. Sebuah apel berukuran biasa memiliki asupan sekitar 4,4 gram serat.

Pisang bisa menambah energi tubuh dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Pisang umumnya punya kandungan serat sebanyak 0,6 gram per 100 gram. Selain itu, pisang memiliki kandungan yang cukup banyak pada vitamin A, vitamin C, fosfor, dan zat besi.

Pisang memiliki khasiat untuk mengurangi kadar asam dalam lambung, menurunkan kadar kolesterol, mengobati penyakit jantung dan stroke, menurunkan dan mencegah demam dan menurunkan tekanan darah.

Buah pir memiliki kandungan serat yang cukup banyak. Pir hijau mengandung vitamin C, kalium, magnesium, pektin. Adapun kandungan seratnya memiliki kadar 2,3 gram per 100 gram. Pir hijau juga bermanfaat untuk meredakan panas dalam, untuk pencernaan, meredakan batuk, dan sebagai antioksidan.

Alpukat kaya kandungan serat, menjadi sumber asam lemak tak jenuh tunggal, berguna menurunkan kolesterol, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Makanan lainnya yang kaya serat yaitu pepaya (kadar serat 1,3 gram per 100), jambu biji merah (kadar serat 7,3 gram per 100 gram), kentang (kadar serat 3 gram per 100 gram), brokoli, bayam, lobak, ubi jalar, kembang kol, kubis merah, kacang kedelai, dan labu.

Buah yang kaya akan serat sangat baik untuk mencegah dan mengatasi penyakit jantung dan stroke. Penuhi kebutuhan tubuh akan serat dalam setiap harinya.

3. Konsumsi ikan

Ikan memiliki mafaat besar yang tidak diragukan lagi, sehngga jangan lupa untuk mengkonsumsi ikan, minimalnya seminggu sekali.

Konsumsi ikan dan minyak ikan diketahui pertama kali punya manfaat untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular pada tahun 1960-an yang lalu. Sejak dikala itu, sejumlah penelitian perihal manfaat ikan yang dikaitkan dengan mengatasi permasalahan stroke. Demikian ibarat dilansir dari laman Ncbi.nlm.nih.gov

Penelitian dari pihak Nurses Health Study menemukan bahwa konsumsi ikan bisa untuk menurunkan risiko stroke, walaupun tidak signifikan sehingga. Seperti penelitian yang menandakan hasil bahwa wanita yang secara teratur makan ikan terkena resiko stroke yang lebih kecil, dibandingkan dengan wanita yang tidak (jarang) makan ikan.

Adapun penurunan yang signifikan yaitu pada risiko stroke trombotik. Dengna pengamatan pada wanita yang makan ikan setidaknya dua kali per minggu, dibandingkan dengan wanita yang makan ikan kurang dari 1 kali per bulan, setelah menyesuaian faktor usia, merokok, risiko kardiovaskular dan lainnya. Diperoleh hasil, bahwa konsumsi ikan beberapa kali per ahad bisa mengurangi risiko stroke trombotik, tetapi tidak meningkatkan risiko stroke hemoragik.

Loading...

4. Konsumsi susu yang rendah lemak

Dengan memiliki tubuh yang ideal, dan terhidar dari obesitas (kegemukan) maka semakin mencegah terkena problem stroke yang sangat mengerikan. Banyak usaha untuk menurunkan berat badan, salah satunya yaitu konsumsi susu rendah lemak.

Selain dinilai bahwa susu punya banyak manfaat kesehatan, memilih susu rendah lemak membantu tubuh menurunkan kadar lemaknya. Susu rendah lemak (low fat) menjadi pilihan banyak orang yang sedang menjalani diet, karena bermanfaat mengurangi lemak di dalam tubuh.

Pada sebuah riset terbaru menemukan manfaat lain dari susu rendah lemak, yaitu menekan risiko terjadinya serangan stroke. Para ilmuwan dari Karolinska Institute Swedia, melaksanakan penelitian yang melibatkan hampir 75.000 pria dan wanita asal Swedia. 14 Manfaat Penting Mengkonsumsi Ikan Salmon Bagi Kesehatan Tubuh
  • 13 Makanan Untuk Meningkatkan Kecerdasan Otak Anak
  • 16 Manfaat Kandungan Air Kelapa Hijau [Bahaya Berlebihan Minum Air Kelapa]
  • Berlangganan update artikel terbaru via email:

    0 Response to "Pantangan & Anjuran Makanan Bagi Penderita Stroke"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel