Menumbuhkan Organ Tubuh, Sebuah Cita-Cita Baru

Memiliki organ badan gres menjadi suatu impian sehabis para ilmuwan berhasil menciptakan organ hati di laboratorium dari sel donor/asal.

Memiliki organ badan gres menjadi suatu impian sehabis para ilmuwan berhasil menciptakan orga Menumbuhkan Organ Tubuh, Sebuah Harapan Baru

Para ilmuwan berhasil menciptakan sebuah organ hati di laboratorium yang membawa impian segar bagi ratusan pasien dengan organ badan yang sakit dan rusak.

Hal ini meningkatkan kemungkinan bagi mereka yang membutuhkan transplantasi di masa yang akan tiba untuk lalu ditawarkan organ hati yang "siap dipesan".

Hati yang pertama ditumbuhkan di laboratorium sanggup dipakai di aneka macam rumah sakit hanya dalam waktu lima tahun, kata para peneliti.

Tambalan jaringan buatan sanggup dipakai untuk memperbaiki hati yang rusak alasannya yakni luka, penyakit, penyalahgunaan alkohol dan overdosis parasetamol.

Kemungkinan lain termasuk bagian-bagian hati buatan yang menciptakan mereka yang memerlukan transplantasi sanggup tetap bertahan hidup, ibarat cara kerja mesin dialisis yang dipakai untuk merawat gagal ginjal.

Percobaan terbaru yang dilakukan pada hati hewan masih dalam tahap awal tapi suatu hari sanggup menuju kepada penyediaan organ badan alternatif.

Prosesnya dimulai dari hati donor "dicuci" dalam diterjen untuk membuang sel-selnya dan hanya menyisakan kolagen dan pembuluh darah "perancah" daerah sel-sel hati gres sanggup tumbuh.

Para ilmuwan lalu menyuntikkannya dengan 200 juta sel hati sehat dalam empat suntikan yang berselang 10 menit setiap suntikan.

Sel-sel tersebut menyebar di perancah atau "scaffold" dan dengan suplai darah buatan, hati itu bertahan hidup di sebuah piring petri sampai 10 hari, ibarat yang dilaporkan oleh jurnal Nature Medicine.

Beberapa tes menyampaikan bahwa ibarat layaknya hati sebenarnya, ia sanggup menghancurkan racun-racun.

Para peneliti dari Rumah Sakit Umum Massachusetts, Boston juga mentransplantasi hati tersebut ke sebuah tikus untuk beberapa jam.

Pimpinan peneliti Dr. Korkut Uygun mengatakan: "Sepanjang yang kita ketahui, pencangkokan hati belum pernah dilakukan di sebuah laboratorium sebelumnya."

"Walaupun hal ini sangat mengembirakan dan menjanjikan, ini hanya merupakan bukti konsep penelitian. Banyak kerja lanjutan diharapkan untuk menciptakan pencangkokan hati yang sanggup bertahan usang yang benar-benar sanggup ditransplantasikan kepada manusia."

"Kami belum sanggup membuatnya bertahan lebih dari beberapa jam pada tikus, tapi itu yakni suatu awal yang mengagumkan."

Rintangan yang perlu ditaklukkan yaitu menciptakan sebuah hati dengan semua jenis sel yang diharapkan untuk fungsi keseluruhan, termasuk sel-sel khusus yang sanggup menghancurkan bakteri dan para penyerang badan lainnya.

Kategori Terkait:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Menumbuhkan Organ Tubuh, Sebuah Cita-Cita Baru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel