20 Tips Agar Anak Terhindar dari Penyakit Saat Musim Hujan

Apabila cuaca dalam keadaan yang tidak menentu, menyerupai pagi sampai siang hari suhu udara terasa sangat panas, tetapi ketika malam hari dan menjelang sore tiba-tiba hujan lebat turun yang membuat suhu menjadi mendadak dingin.

Dengan kondisi menyerupai ini maka bukan tidak mungkin daya tubuh seseorang, terutama belum dewasa akan mudah terserang penyakit menyerupai flu.

Flu merupakan salah satu penyakit yang paling sering menyerang anak. influenza pada anak dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, menyerupai faktor diri si anak, faktor virus dan faktor lingkungan.

Tips Agar Anak Terhindar dari Penyakit Saat Musim Hujan
Hujan | Sumber gambar: Pixabay.com/

Bagi sang ibu yang memiliki si kecil, maka perlu menjaga suhu tubuh sang anak biar tetap stabil dan tidak mudah terserang flu.

Tips menjaga anak biar terhindar dari penyakit ketika animo hujan:

#1. Terapkan referensi hidup sehat
Sangat dianjurkan untuk sang Ibu mulai membiasakan referensi hidup sehat pada diri anak semenjak dini.

Beberapa hal yang diajarkan menyerupai membiasakan anak untuk selalu mencuci tangan (terutama sebelum makan) lalu membilasnya sampai bersih dengan air yang mengalir.

Ajarkan anak untuk mencuci tangan sebelum makan, ketika mandi, dan setelah dari toilet.

Contoh lainnya: ketika di meja makan, motivasi anak untuk mengonsumsi makanan sehat, terutama sayuran yang sangat besar manfaaat bagi anak-anak. Selain itu juga buah-buahan, ikan dan lainnya.

#2. Pastikan istirahat anak cukup
Untuk mengembalikan kebugarannya, maka dorong sang anak untuk beristirahat sekitar 8 jam dalam sehari. Hindari dirinya dari kelelahan secara berlebihan, dan juga hindari stres pada anak yang mengakibatkan daya tahan tubuh anak menjadi menurun.

Kurang tidur mampu meningkatkan hormon stres dan mengakibatkan tubuh meradang sehingga tubuh menjadi rentan terhadap serangan penyakit.


#3. Banyak Minum
Banyak minum yakni cara untuk menjamin kecukupan cairan tubuh anak, yang penting untuk kelangsungan metabolisme tubuhnya.

Hal itu karena dehidrasi atau kurang cairan membuatnya sangat rentan terkena penyakit karena kondisi daya tahan tubuh yang menurun.

#4. Jauhkan anak dari udara cuek dan lembab
Virus influenza akan lebih lama hidup dan semakin berpengaruh (berbahaya) di udara yang bersuhu cuek dan lembap. Untuk itu hindari sang anak dari terpapar udara cuek dan lembab.

Demikian juga hindari mengkonsumsi minuman cuek menyerupai es atau lainnya dalam keadaan menyerupai itu.

#5. Berikan makanan yang cocok
Dengan menunjukkan makanan yang bergizi dan bernutrisi cukup, diperlukan daya tahan tubuh anak dapat tetap kuat. Anda perlu menunjukkan menu empat sehat lima tepat yang dapat diperoleh dari nasi, telur, susu, daging, ikan, sayuran dan buah-buahan.

#6. Hindari kontak dengan penderita flu
Untuk menghindari anak dari penularan virus flu, yang tampaknya paling perlu dilakukan yakni hindari kontak pribadi dengan penderita melalui bersin, sehingga dapat masuk melalui hidung, mulut, dan mata.

Untuk itu para Ibu hendaknya memperhatikan dengan baik lingkungan sekitar dari sang anak. Pada animo hujan usahakan tidak mengajak si kecil bepergian ke tempat-tempat umum dan ramai menyerupai mal, terminal, stasiun, pasar dan lainnya.

#7. Dorong anak biar rajin olahraga
Olahraga yang rutin dan teratur menyerupai yang sederhana yaitu jogging ringan, maka akan menunjukkan manfaat pada tubuh yang membuat daya tahan tubuh anak kuat. Sehingga tubuh pun tidak mudah untuk terserang virus penyakit.

loading...

#8. Cegah anak berlama-lama bermain mandi hujan
Hal ini juga sangat penting, hindari belum dewasa melaksanakan yang namanya mandi hujan, karena mampu berbahaya bagi dirinya. Jika kita lihat, banyak belum dewasa yang sengaja mandi hujan sehingga tubuhnya kedinginan.

#9. Jaga dan perhatikan kebersihan si kecil
Kotoran dan basil merupakan sumber penyakit yang paling umum. Untuk itu bagi para orang renta terutama ibu, sedapat mungkin untuk menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan sekitar serta makanan yang dikonsumsi si kecil.

Selain itu, perhatikan kebersihan kuku, gigi dan pakaian anak, alasannya yakni beberapa hal tersebut mampu menjadi sumber basil dan penyakit untuk menyerang tubuh.

#10. Dorong anak untuk konsumsi buah dan sayur
Jenis makanan menyerupai buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang amat dibutuhkan bagi tubuh anak. Dengan mengkonsumsinya akan sangat baik karena membantu tubuh terhindar dari penyakit dan memperkuat sistem imun tubuh.

Selain untuk kekeblan tubuh, terdapat segudang manfaat sayuan dan buah yang membantu tumbuh kembang anak dengan baik sampai masa dewasanya.

#11. Berikan minum madu pada anak
Untuk bayi dengan usia berada diatas 2 tahun, maka orang renta sudah mampu untuk menunjukkan madu alami, manfaatnya menajaga fungsi sistem kekebalan tubuhnya.

Kandungan di dalam madu memiliki zat anti-kuman, anti-virus dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami.

#12. Disarankan segera mandi bila anak kehujanan
Jika Si Kecil kehujanan, segeralah ajak mandi untuk melindungi dirinya dari banyak sekali jenis infeksi. Hindarkan ia dari ruangan ber-AC setelah terguyur hujan, karena mampu memicu demam atau batuk.


#13. Bersihkan rumah dari nyamuk
Saat animo hujan membuat nyamuk berkembang dengan cepat. Jangan biarkan hal tersebut terjadi. Bersihkan selalu rumah Anda secara teratur.

Perhatikan tempat-tempat yang biasa menjadi daerah berkembang biaknya nyamuk, menyerupai pot bunga, selokan akrab rumah dan jendela. Bersihkan semuanya.

Pastikan juga air di baik, bejana dan lainnya ditutup biar tidak menjadi kembang biak nyamuk.

#14. Hindari kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan
Virus flu dapat masuk ke tubuh melalui mata, hidung dan mulut, terutama bila belum mencuci tangan. Untuk itu, kondisikan tangan selalu bersih dan cegah kebiasaan suka menyentuh wajah.

#15. Konsumsi makanan bergizi
Mengonsumsi makanan bergizi akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanan yang harus diperbanyak dikonsumsi yakni sayuran dan buah-buahan.

Pilih sayur dan buah berwarna hijau gelap, kuning, dan merah. Perbanyak pula mengonsumsi asupan protein menyerupai telur atau ikan.

#16. Pakaikanlah baju hangat, jaket, sarung tangan, kaos kaki, sarung tangan, dan sepatu hangat ketika anak melaksanakan kegiatan di luar rumah.

#17. Di ketika animo penghujan waktu anak bermain harus dibatasi. Disaat kondisi udara yang cuek minta anak biar sering di dalam rumah untuk menghangatkan badan. Hal ini untuk mencegah hipotermia.

#18. Saat mengantarkan anak ke sekolah, pakaikan padanya perlengkapan hujan yang lengkap. Tidak hanya jas hujan atau payung, siapkan pula sepatu bot, untuk melindunginya dari air hujan, genangan air, serta cipratan air yang mengalir di jalan-jalan.

#19. Pastikan selalu anak Anda dan keluarga mengkonsumsi air dan makanan yang bersih. Beberapa jenis penyakit menyerupai kolera dan diare dapat menyerang, disebabkan oleh air yang telah terkontaminasi.

#20. Berikan vaksinasi untuk anak Anda. Bawalah Anak anda ke dokter dan minta rekomendasai vaksin yang tepat untuk Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "20 Tips Agar Anak Terhindar dari Penyakit Saat Musim Hujan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel