20 Manfaat Air Putih Yang Luar Biasa

Mungkin dari kita semuanya belum mengetahui atau belum menyadari bahwa ada banyak manfaat yang diperoleh dari meminum air putih...

Untuk itu kita perlu untuk mengkonsumsi air putih sesuai dengan takaran, tidak kurang dan tidak juga berlebihan.

Sekitar 80% tubuh insan terdiri dari air. Otak dan darah merupakan dua buah organ penting yang memiliki kadar air di atas 80%.

Otak memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air lebih sebanyak 95%.

Tubuh setidaknya membutuhkan 2 liter air dalam sehari, atau sekitar 8 gelas besar dalam sehari. Tapi ini tergantung juga dari kondisi masing-masing orang, sehingga banyaknya air minum yang dibutuhkan dalam sehari tidak bisa disamakan pada setiap orang.

Manfaat Air Putih Yang Luar Biasa

Fungsi air utamanya untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh, baik melewati air seni, keringat, pernapasan, dan juga sekresi.

Nah, apabila kita mengkonsumsi air kurang dari yang dibutuhkan, maka risikonya akan sangat berbahaya untuk tubuh.

Walaupun mungkin efek dalam jangka pendek tidak terasa, akan tetapi sebagai risikonya tubuh justru akan menyeimbangkan diri dengan cara lain, yaitu mengambil sumber dari komponen tubuh sendiri, diantaranya yaitu darah.

Dan kekurangan air bagi darah sangatlah berbahaya untuk tubuh. Karena dengan begitu darah akan menjadi terlalu kental (karena kekurangan air).

Akibanya, perjalanan darah sebagai alat transportasi oksigen dan zat-zat makanan akan menjadi sangat terganggu. Ini sangat berbahaya untuk tubuh.

Demikian juga, darah yang kental itu akan melewati ginjal, dimana kegunaan ginjal ialah untuk memfilter atau menyaring racun yang ada di darah, dan ginjal memiliki saringan yang sangat halus.

Apabila darah terlalu kental maka membuat ginjal harus bekerja dengan ekstra keras. Dan ini sangat beresiko ginjal mengalami kerusakan.

Sehingga karena hal tersebut, yang membuat seseorang harus menjalani proses basuh darah di rumah sakit, karena gagal kinerja ginjal.

Demikian juga darah yang kental akan terhambat dikala ingin melewati otak, sehingga fungsi sel otak menjadi tidak optimal, hal ini juga memicu munculnya stroke.

Berikut di bawah ini aneka macam manfaat air putih:

1. Memperlancar sistem pencernaan
Dengan konsumsi air dalam jumlah yang cukup pada setiap harinya, maka sangat baik memperlancar sistem pencernaan. Sehingga mencegah beberapa duduk perkara terkait organ pencernaan menyerupai sembelit, maag, dan lainnya.

Pada sebuah goresan pena yang berjudul “Does Drinking Water Affect Food Digestion?” memaparkan bahwa minum cairan yang cukup (terutama air putih) bermanfaat besar dalam membantu proses pembuangan toksin (racun) yang ada di dalam tubuh, mengangkut (mengirimkan) nutrisi ke seluruh adegan tubuh, menjaga kestabilan suhu tubuh dan banyak manfaat lainnya.

Minum air putih memiliki kegunaan untuk membantu memecah makanan sehingga nutrisi yang diperoleh tubuh bisa optimal, serta membantu meredakan sembelit karena sistem pencernaan tubuh yang berjalan dengan baik.

Demikian juga, minum air putih membuat pembakaran kalori akan berjalan dengan baik. Bahkan air putih bisa mencegah resiko penyakit serius menyerupai watu ginjal.

2. Menyehatkan Jantung
Pada sebuah penelitian di California menemukan bahwa minum air bisa bermanfaat untuk memperkuat kembali otot-otot dan ligamen, melancarkan pistem peredaran darah di dalam tubuh, dan menjaga fungsi sistem pernapasan.

Masuknya air di dalam tubuh menunjukkan fungsi sangat penting, berupa meningkatkan sirkulasi darah, oksigenisasi jaringan, dan membuat pelebaran pembuluh darah yang cukup.

Dengan aneka macam fungsi air yang sangat banyak, sehingga Anda jangan hingga melewatkan minum air putih supaya mencegah masalah-masalah menyerupai otot kaku dan rasa nyeri pada tubuh.

Minum air putih juga akan memeberikan efek rileksasi pada tubuh. Orang-orang yang rajin minum air putih akan memiliki tubuh yang lebih sehat dan bugar.

Lebih lanjut lagi, hal yang terpenting dari manfaat air putih ini ialah menjaga organ jantung semoga tetap sehat.

Pada sebuah penelitian di Loma Linda University, Amerika Serikat, hasil penelitian menemukan bahwa orang-orang yang minum lebih dari 5 gelas air dalam sehari memiliki risiko jauh lebih rendah terkena penyakit jantung koroner dibandingkan dengan orang-orang yang minum kurang dari dua gelas dalam sehari.

Sehingga untuk mencegah resiko penyakit jantung koroner, selain Anda harus menghindari rokok, alkohol dan rajin berolahraga, Anda juga harus banyak minum air putih setiap harinya.

Kaitannya dengan kesehatan jantung, air putih yang Anda konsumsi nantinya diserap masuk ke dalam pemikiran darah, sehingga menghindari terjadinya pembekuan darah, hal ini sangat penting untuk mencegah terjadinya serangan jantung.

Pembekuan pada darah akan berdampak sangat buruk bagi kesehatan jantung. Dengan minum air putih juga bermanfaat mencegah stroke, rematik, kerusakan kulit, penyakit jalan masuk papas, usus, dll.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan
Mengonsumsi air putih tidak hanya baik untuk metabolisme tubuh dan menjaga konsentrasi, tapi juga bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG) dr Budi Wiweko SpOG menjelaskan bahwa cara menurunkan berat tubuh yang utama ialah dengan berusaha menurunkan konsumsi gula.

Dengan banyak minum air putih maka bermanfaat untuk menurunkan gula yang dikonsumsi. Selain itu. rasa lapar tidak hanya disebabkan oleh tubuh yang butuh makan, tapi kondisi stres juga bisa memicu rasa lapar. Untuk mensiasatinya maka minumlah air putih sehingga bisa menekan rasa lapar yang berlebihan.

Cara yang bagus untuk menurunkan berat tubuh yaitu dengan minum satu gelas air (atau lebih) setengah jam sebelum makan.

Penelitian membuktikan bahwa orang-orang yang minum 500 ml air setengah jam sebelum makan dilaporkan mengalami rata-rata penurunan berat tubuh 4,3 kg selama 12 minggu.

Dengan minum air sebelum makan, maka hal ini sangat memiliki kegunaan untuk mencegah Anda makan secara berlebihan.

4. Tubuh Menjadi Lebih Bugar
Sebagian besar tubuh insan terdiri dari air. Tubuh yang memperoleh asupan cairan (terutama air putih) yang mencukupi maka membuat tubuh bisa terhidrasi dengan baik, sehingga memperlancar proses metabolisme tubuh dan juga untuk bisa memperoleh energi tubuh yang optimal.

Jangan biarkan anda merasa haus terlalu lama, dan ingatlah bahwa air putih ialah pilihan yang terbaik. Anda perlu meminimalisir konsumsi minuman yang banyak mengandung kalori atau gula, utamakan minum air putih.

Dengan mengkonsumsi air putih, maka juga sangat baik untuk membersihkan tubuh dari aneka macam zat yang tidak diharapkan bahkan merusak di dalam tubuh, sehingga tubuh akan menjadi lebih segar dan bugar nantinya.

Loading...
5. Membuat Kulit Halus dan Cerah
Minum air putih yang bermanfaat untuk melembabkan kulit, dan membuang racun di dalam tubuh penyebab peradangan pada kulit. Masalah pori pori kulit yang tersumbat, akhirnya menyebabkan jerawat.

Minum Air putih akan menjadi pembersih kulit tubuh dan wajah yang paling baik, secara umum tubuh akan kembali segar serta bersih.

Agar bisa menghilangkan zat-zat kimia dan racun dari dalam tubuh maka banyak-banyaklah minum air putih (tapi jangan juga berlebihan). Yang manfaatnya juga membuat kulit wajah menjadi lebih bersih.

6. Menjadikan Bibir Lebih Indah
Untuk Anda yang ingin semoga bibir bisa lebih sehat, lembut dan tampak indah, maka utamakanlah untuk minum air putih. Sehingga menghindari dehidrasi penyebab bibir kering dan pecah-pecah. Minum air putih akan membuat bibir menjadi terlihat selalu segar.

7. Mata Lebih Sehat dan Terang
Mata bisa sangat menggambarkan kita kondisi tubuh kita. Agar mata bisa selalu tampak sehat maka hendaknya Anda rajin minum air putih. Selain itu, Anda jangan lupa mencuci mata dengan air bersih, menyerupai dikala berdiri tidur dan lainnya.

8. Sebagai Anti Aging yang Sangat Baik
Agar bisa  tampil infinit muda maka bukan hal yang sulit untuk dilakukan, Anda hanya perlu untuk mencukupi kebutuhan minum air putih dalam setiap harinya.

Minum air putih akan membuat tubuh bisa lebih mudah dalam mengeluarkan zat-zat racun dari dalam tubuh, sehingga kulit bisa lebih sehat jadinya.

Selain itu, minum air putih juga bermanfaat semoga kulit bisa memperoleh nutrisi optimal dari asupan makanan yang dikonsumsi, dan juga semoga kulit terhindar dari dehidrasi (kekeringan).

Minum air putih akan mencegah terjadinya keriput dini pada kulit, dan menjaga keleastisitas dan kelembaban kulit. Nah, untuk mencegah penuaan dini maka pastikan Anda semoga minum air putih yang cukup dalam setiap harinya.

9. Mengurangi Bau Badan
Lambatnya metabolisme tubuh, dan menumpuknya zat kimia atau racun di dalam tubuh, selain menyebabkan gangguan kesehatan, juga bisa memicu duduk perkara amis badan.

Nah, minum air putih bermanfaat untuk melancarkan proses metabolisme tubuh, dan juga memaksimalkan proses pembuangan racun dan kotoran dari dalam tubuh. Oleh karena itu, minum air putih yang cukup bermanfaat untuk membantu mengurangi duduk perkara amis badan.


10. Menghilangkan Jerawat
Salah satu penyebab benjol ialah karena terlalu banyak pikiran, stres dan suasana hari buruk. Dengan minum air putih maka dapat membantu mengembalikan mood menjadi baik dan meredakan stres penyebab jerawat. Ingat, hindari stres semoga Anda juga bisa terhindar dari jerawat.

Minum air putih akan membantu proses pembersihan dan pembuangan toksin dari dalam tubuh. Hal ini memiliki kegunaan sekali untuk membersihkan kulit dari duduk perkara jerawat, flek hitam, dan lainnya.

Saat tubuh kekurangan air putih akan menyebabkan kulit kering serta pori-pori tersumbat oleh tumpukan sel kulit mati. Yang kemudian akan berpotensi timbulnya peradangan pada kulit hingga duduk perkara jerawat.

Air putih juga sangat membantu dalam proses regenerasi kulit. Dengan baiknya proses regenerasi kulit maka sangat bermanfaat untuk menghilangkan bekas jerawat.

11. Meningkatkan Konsentrasi
Minum air putih sangat penting untuk menjaga pikiran semoga tetap bisa selalu konsentrasi dan fokus. Apabila tubuh kekurangan minum air putih maka akan terjadi penurunan kemampuan melihat, kognitif, hingga penurunan kerja fisik dan otot.

Oleh karena itu jangan hingga Anda kurang dalam mengkonsumsi air putih sehingga menyebabkan dampak yang ditimbulkan cukup signifikan pada tingkat konsentrasi.

12. Meningkatkan Energi Tubuh
Coba dibayangkan hal apa yang akan terjadi dikala seseorang tidak minum air selama seharian, efek yang pasti terjadi ialah orang tersebut akan merasa lesu dan mudah lelah.

Dimana bila otot tubuh kekurangan asupan air putih akan berdampak pada kinerjanya yang tidak optimal, sehingga tubuh terasa menyerupai tidak bertenaga.

13. Menjaga Kesehatan dan Fungsi Ginjal
Beberapa duduk perkara serius menyerupai watu ginjal dan gagal ginjal, penyebab utamanya ialah karena seseorang sangat jarang minum air putih. Kalaupun minum justru mengonsumsi jenis minuman menyerupai soft drink, karbonasi, cola dan semacamnya yang justru membuat kerja ginjal semakin berat.

Jika tubuh sangat jarang minum air putih, dimana ginjal memproses hingga 200 liter darah setiap harinya, menyaring keluar limbah dan mengangkut urin ke kandung kemih.

Sehingga ginjal sangat memerlukan cairan yang mencukupi guna membersihkan segala zat yang ingin dibuang. Sehingga minum air putih menjadi kunci utama untuk kesehatan ginjal.

14. Meningkatkan Produktivitas
Dengan minum segelas air putih maka akan membuat tubuh menjadi lebih fresh, meningkatkan energi dan kemampuan konsentrasi. Hal ini sangat bagus untuk memaksimalkan produktivitas kerja dalam setiap harinya.

15. Mencegah Penuaan Dini
Minum air putih membantu untuk mencegah penuaan dini. Dimana dengan minum air putih bermanfaat untuk memksimalkan proses pengeluaran racun dari dalam tubuh, melembabkan kulit, membuat kulit lebih bercahaya, mengencangkan kulit, dan mencegah terjadinya keriput dini.

16. Sebagai Mood Boaster
Ketika pekerjaan menumpuk sehingga membuat jiwa stress dan bad mood, maka disarankan semoga Anda minum segelas air putih. Sehingga setelahnya Anda akan bisa menjadi lebih baik, tubuh terasa lebih segar dan mood lebih baik.

loading...

17. Menghilangkan Sakit Kepala
Dengan minum air putih maka bisa membantu semoga sakit kepala yang dirasakan bisa reda. Pada jurnal Family Practice, menyebutkan sebuah studi oleh peneliti dari University of Maastricht, Belanda.

Studi tersebut menemukan bahwa dengan minum air putih secara teratur bisa menurunkan tingkat keparahan sakit kepala dan migren.

Peneliti menjelaskan bahwa dengan minum sebanyak tujuh gelas air putih dalam seharinya dapat meringankan rasa sakit, serta meningkatkan kualitas hidup orang-orang yang sering terkena sakit kepala.

Dalam studinya, penelitian yang dipimpin oleh Mark Spigt ini dengan menyertakan lebih dari 100 pasien yang mengalami sakit kepala ringan hingga parah.

Lalu tim peneliti meminta semoga para pasien tersebut untuk meningkatkan kualitas tidur, menghindari kafein, dan menghindari stres.

Lalu setengah dari jumlah pasien diminta untuk minum air putih lebih banyak. Hal ini berlangsung selama tiga bulan.

Dan pada final studi, pasien diminta untuk menceritakan apa-apa yang mereka rasakan. Hasilnya, orang-orang yang diminta untuk minum air putih ekstra mengalami kondisi kesehatan yang lebih baik.

Mengomentari hasil penelitian ini, Dr Fayyaz Ahmed, dari Migraine Trust, mengatakan bahwa keuntungan minum air putih bisa jadi karena efek plasebo.

Selain itu ia juga mengatakan bahwa asupan air yang reguler sehingga tubuh terhidrasi secara cukup maka akan menyehatkan tubuh, yang menyebabkan tubuh merasa lebih baik.

18. Meningkatkan Sistem Peredaran Darah
Minum air putih sangat berperan penting dalam meningkatkan dan mempelancar sistem peredaran darah di dalam tubuh. Sehingga menjaga proses “transportasi” dalam tubuh semoga berjalan dengan lancar.

19. Menjaga Kesehatan dan Fungsi Usus
Dengan mengosumsi air putih yang cukup, maka setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh akan dapat melewati jalan masuk pencernaan dengan lancar, sehingga munculah duduk perkara gangguan pencernaan (seperti susah BAB).

Dimana bila seseorang kurang dalam minum air putih, maka efeknya usus akan menyerap cairan dari feses guna menjaga tubuh semoga tetap terhidrasi, hal inilah yang kemudian memicu terjadinya penyakit sembelit (susah BAB).

20. Untuk Ketenangan Pikiran
Ketika pekerjaan sangat padat maka cukup sulit bagi banyak orang untuk bisa tetap tenang. Hal ini membuat pekerjaan bisa semakin awut-awutan jawaban beban pikiran yang dialami.

Dalam keadaan demikian disarankan semoga Anda banyak minum air putih. Dimana minum air putih bisa membantu jiwa lebih rileks dan tenang.

Jika jiwa sudah rileks dan tenang, maka peran atau pekerjaan nantinya bisa dikerjakan dengan lebih baik.

Dimana tidak jarang seseorang stres karena rasa lelah yang dialami dan juga kekurangan cairan tubuh (terutama adegan organ otak). Pikiran akan menjadi kacau dikala kita jarang minum atau kurang asupan cairan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "20 Manfaat Air Putih Yang Luar Biasa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel