Varicocele


Varicocele yaitu sebuah kondisi dimana suplai darah pada testis membentuk pembuluh varises.

Pembuluh darah / vena mengandung klep yang mencegah darah mengalir kembali. Kerusakan klep disebabkan oleh varicocele. Varicocele biasanya terbentuk pada sisi sebelah kiri skrotum dan tidak menghasilkan gejala. Kemungkinan lain, varicocele sanggup mengakibatkan rasa sakit dan perasaan penuh yang mengganggu. Varicocele dirasakan menyerupai sekantong cacing dikala laki-laki sedang berdiri. Meskipun begitu, pembengkakan tersebut biasanya hilang dikala beliau berbaring lantaran fatwa darah menuju pembuluh yang melebar berkurang. Jarang, sebuah varicocele mempengaruhi kesuburan.

Jika gejala-gejalanya parah, seorang dokter sanggup mengobati varicocele dengan cara operasi pengikatan pembuluh yang terkena.

PENYEBAB
Saluran sperma membawa darah masuk dan keluar dari testis. Tidak diketahui apa yang mengakibatkan varicocele, tetapi banyak jago percaya bahwa varikokel terbentuk dikala katup-katup di dalam pembuluh darah pada simpulnya mencegah darah mengalir dengan baik. Sehingga akan mengakibatkan urat menjadi melebar (dilatasi).

Varikokel sering terjadi selama pubertas. Varicocele biasanya terjadi di sisi kiri, kemungkinan besar lantaran posisi vena testis kiri. Namun, varikokel dalam satu testis sanggup mempengaruhi produksi sperma pada kedua buah pelir.

DIAGNOSA
Dokter Anda akan melaksanakan investigasi fisik, yang sanggup mengungkapkan massa yang membentuk gulungab, tidak lembut pada testis Anda yang mungkin terasa menyerupai segumpal cacing. Jika cukup besar, dokter Anda akan sanggup merasakannya. Jika Anda mempunyai varikokel kecil, dokter Anda mungkin akan meminta Anda untuk berdiri, menarik napas dalam-dalam dan menahannya dikala Anda jongkok (Valsava manuver). Hal ini membantu dokter mendeteksi pembesaran absurd pembuluh darah.

Jika investigasi fisik tidak meyakinkan, dokter Anda meminta untuk melaksanakan USG skrotum. Tes ini memakai gelombang bunyi frekuensi tinggi untuk menciptakan gambar yang sempurna dari struktur di dalam badan Anda, sanggup dipakai untuk memastikan tidak ada hal lain untuk tanda-tanda Anda. Salah satu kondisi tersebut yaitu tumor yang menekan vena spermatika.

PENGOBATAN
Pengobatan varikokel mungkin tidak diperlukan. Namun, bila varikokel Anda mengakibatkan rasa sakit, atrofi testis atau infertilitas, Anda mungkin perlu melakuakn pengobatan varikokel. Tujuan operasi yaitu untuk menutup vena yang terkena dan mengarahkan kembali fatwa darah ke dalam pembuluh normal. Namun, imbas perbaikan varikokel pada kesuburan tidak jelas.

Meskipun varicoceles biasanya berkembang pada masa remaja, namun kurang terang apakah Anda harus mengobati varikokel pada waktu itu. Indikasi untuk memperbaiki varikokel pada masa cukup umur mencakup atrofi testis progresif, nyeri atau hasil analisis semen yang abnormal.

Operasi varikokel relatif sedikit memberi risiko antara lain :

   1. Membentuk cairan di sekitar testis (hidrokel)
   2. Kambuhnya varicocele
   3. Kerusakan arteri

Metode Perbaikan meliputi:

    * Operasi terbuka. Hal inii yaitu pengobatan yang paling sering dilakuakn, biasanya dilakukan dengan rawat jalan, dengan memakai bius lokal atau bius umum. Paling sering, dokter bedah Anda akan menangani urat melalui pangkal paha (transinguinal), tetapi mungkin juga dengan menciptakan irisan di perut atau di bawah pangkal paha.

      Alat bantu dalam perbaikan varikokel mengakibatkan pengurangan komplikasi pasca operasi. Salah satu yaitu penggunaan mikroskop bedah, yang memungkinkan jago bedah untuk melihat kawasan perlakuan yang lebih baik selama operasi. Lainnya yaitu penggunaan USG Doppler, yang membantu memandu prosedur.

      Anda mungkin sanggup kembali normal, melaksanakan kegiatan yang tidak berat sesudah dua hari. Sepanjang Anda nyaman, anda sanggup kembali ke acara yang lebih berat, menyerupai berolahraga, sesudah dua minggu.

      Rasa nyeri dari operasi ini umumnya ringan. Dokter mungkin memberi Anda obat anti nyeri selama dua hari pertama sesudah operasi. Setelah itu, dokter mungkin menyarankan Anda untuk minum obat penghilang rasa sakit OTC, menyerupai acetaminophen atau ibuprofen untuk meringankan rasa tidak nyaman.

      Dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk tidak melaksanakan relasi seksual selama satu minggu. Butuh waktu kurang lebih 72 hari, untuk sperma melaksanakan regenerasi, sehingga Anda harus menunggu tiga atau empat bulan sesudah pembedahan untuk mendapat analisis air mani untuk memilih apakah perbaikan varikokel berhasil dalam mengembalikan kesuburan Anda.
    * Operasi Laparoskopi. Dokter bedah menciptakan sayatan kecil di perut dan memasukkan sebuah alat kecil melalui sayatan untuk melihat dan memperbaiki varikokel tersebut. Prosedur ini memerlukan anestesi umum, tidak dipakai umumnya lantaran menjadikan risiko yang lebih besar dibanding keuntungan.
    * Percutaneous embolisasi. Ahli radiologi tabung menyisipkan ke dalam pembuluh darah di pangkal paha atau leher melalui instrumen yang sanggup masuk. Mencari urat yang membesar di monitor, dokter melepas gulungan atau balon untuk menciptakan penyumbatan di pembuluh darah testis, yang menghambat dan perbaikan fatwa darah dari varikokel tersebut. Prosedur ini memakai obat bius dan mungkin memakan waktu beberapa jam. Prosedur ini tidak banyak dipakai lantaran risiko yang lebih besar daripada operasi terbuka dan memperlihatkan laba sedikit.

GANGGUAN PADA TESTIS

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Varicocele"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel