Fibroadenoma : Benjolan Pada Payudara



DEFINISI
Fibroadenoma ialah benjolan padat yang kecil dan jinak pada payudara yang teridiri dari jaringan kelenjar dan fibrosa.

Benjolan ini biasanya ditemukan pada perempuan muda, seringkali ditemukan pada cukup umur putri.
 Fibroadenoma ialah benjolan padat yang kecil dan jinak pada payudara yang teridiri dari  Fibroadenoma : benjolan pada payudara
PENYEBAB
Penyebabnya tidak diketahui.
GEJALA
Benjolan gampang digerakkan, batasnya terperinci dan sanggup dirasakan pada SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri). Teraba kenyal sebab mengandung kolagen (serat protein yan gkuat yang ditemukan di dalam tulang rawan, urat daging dan kulit).
SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri)
  1. Berdiri di depan cermin, perhatikan payudara. Dalam keadaan normal, ukuran payudara kiri dan kanan sedikit berbeda. Perhatikan perubahan perbedaan ukuran antara payudara kiri dan kanan dan perubahan pada puting susu (misalnya tertarik ke dalam) atau keluarnya cairan dari puting susu. Perhatikan apakah kulit pada puting susu berkerut.
  2. Masih bangkit di depan cermin, kedua telapak tangan diletakkan di belakang kepala dan kedua tangan ditarik ke belakang. Dengan posisi menyerupai ini maka akan lebih gampang untuk menemukan perubahan kecil jawaban kanker. Perhatikan perubahan bentuk dan kontur payudara, terutama pada payudara pecahan bawah.
  3. Kedua tangan di letakkan di pinggang dan tubuh agak condong ke arah cermin, tekan pundak dan sikut ke arah depan. Perhatikan perubahan ukuran dan kontur payudara.
  4. Angkat lengan kiri. Dengan memakai 3 atau 4 jari tangan kanan, telusuri payudara kiri. Gerakkan jari-jari tangan secara memutar (membentuk lingkaran kecil) di sekeliling payudara, mulai dari tepi luar payudara kemudian bergerak ke arah dalam hingga ke puting susu. Tekan secara perlahan, rasakan setiap benjolan atau massa di bawah kulit. Lakukan hal yang sama terhadap payudara kanan dengan cara mengangkat lengan kanan dan memeriksanya dengan tangan kiri. Perhatikan juga kawasan antara kedua payudara dan ketiak.
  5. Tekan puting susu secara perlahan dan perhatikan apakah keluar cairan dari puting susu. Lakukan hal ini secara bergantian pada payudara kiri dan kanan.
  6. Berbaring terlentang dengan bantal yang diletakkan di bawah pundak kiri dan lengan kiri ditarik ke atas. Telusuri payudara kiri dengan memakai jari-jari tangan kanan. Dengan posisi menyerupai ini, payudara akan mendatar dan memudahkan pemeriksaan.
Lakukan hal yang sama terhadap payudara kanan dengan meletakkan bantal di bawah pundak kanan dan mengangkat lengan kanan, dan penelusuran payudara dilakukan oleh jari-jari tangan kiri. Pemeriksaan no. 4 dan 5 akan lebih gampang dilakukan saat mandi sebab dalam keadaan lembap tangan lebih gampang digerakkan dan kulit lebih licin.
 Fibroadenoma ialah benjolan padat yang kecil dan jinak pada payudara yang teridiri dari  Fibroadenoma : benjolan pada payudara Fibroadenoma ialah benjolan padat yang kecil dan jinak pada payudara yang teridiri dari  Fibroadenoma : benjolan pada payudara
DIAGNOSA
Diagnosis ditegakkan menurut tanda-tanda dan hasil pemeriksaa fisik. Benjolan cenderung berbentuk bulat dan mempunyai pinggiran yang sanggup dibedakan dengan jaringan payudara di sekitarnya, sehingga seringkali teraba menyerupai ada kelereng di dalam jaringan payudara.
Untuk membantu menegakkan diagnosa biasanya dilakukan aspirasi jarum atau biopsi.
PENGOBATAN
Fibroadenoma seringkali berhenti tumbuh atau bahkan mengecil dengan sendirinya. Pada kasus menyerupai ini, tumor biasanya tidak diangkat.
Jika fibroadenoma terus membesar, maka harus dibuang melalui pembedahan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fibroadenoma : Benjolan Pada Payudara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel