Bab Lancar, Pencernaan Sehat

 Salah satu tanda bahwa Anda mempunyai sistem pencernaan yang sehat tentu saja melaksanakan bu BAB Lancar, Pencernaan Sehat
BAB Lancar, Pencernaan Sehat – Salah satu tanda bahwa Anda mempunyai sistem pencernaan yang sehat tentu saja melaksanakan buang air besar (BAB) dengan lancar dan mudah. Lancar artinya setiap hari melaksanakan BAB dan gampang artinya untuk mengeluarkannya tidak terlalu usang mengejan, tidak keras dan tidak mengeluarkan darah. BAB sesungguhnya bisa dilakukan kapan saja, tetapi paling anggun yakni ketika pagi hari. Berkisar pukul 8 pagi dikatakan sebagai waktu paling anggun untuk BAB meksipun kita tidak bisa menciptakan agenda kapan akan melaksanakan BAB. baca juga: Mengenal Penyakit Asam Lambung dan Cara Mengatasinya

Mengapa pagi hari dikatakan sebagai waktu paling pas untuk BAB? Karena sesuai dengan waktu biologis yang dimiliki manusia, maka badan perlu mengatur banyak sekali organ di dalamnya termasuk kanal pencernaan. Nah, menurut siklus 24 jam badan gerakan usus akan meningkat ketika pagi dan ketika malam hari akan ditekan. Sehingga menurut gerakan usus yang paling tinggi maka sisa-sisa metabolisme badan pun akan keluar melalui proses BAB. Apabila proses tersebut terganggu maka sistem pencernaan juga ikut terganggu dimana orang biasanya akan mengalami gangguan menyerupai diare atau justru susah BAB atau sembelit.

Mengapa perlu melaksanakan BAB? Karena melalui proses BAB inilah sisa-sisa makanan yang tercerna dikeluarkan. Selain itu limbah atau racun yang kurang baik bagi badan dikeluarkan. Itulah mengapa ketika BAB kurang lancar atau justru mengalami diare harus segera diatasi.

Saat BAB kurang lancar bisa jadi di dalam badan kekurangan cairan sehingga kemampuan usus besar untuk melaksanakan kontraksi menurun. Bisa juga alasannya kekurangan serat. Jika tidak segera diatasi, kesulitan mengeluarkan tinja akan mengakibatkan hemoroid atau wasir atau ambeien. Dimana bibir anus mengalami pembengkakan dan kalau sedang meradang bisa berdarah. baca juga: Mengenal Makanan dan Minuman yang Melancarkan BAB Si Kecil

Jika BAB Kurang Lancar, maka.....

  • Perbanyak minum air putih. Agar lebih gampang BAB di pagi hari tidak ada salahnya mencoba minum setengah sampai segelas air putih hangat sehabis bangkit tidur. Kemudian ketika siang hari juga perlu banyak minum.
  • Konsumsi makanan berserat. Seperti buah-buahan dan sayuran. Selalu masukkan sajian sayur dengan serat tinggi contohnya wortel, kubis, brokoli, bayam, dan sebagainya. Buah pepaya dan tomat juga sangat baik untuk memelihara sistem pencernaan.
  • Jauhi minuman berkafein ketika susah buang air besar. Kafein memang menciptakan orang ingin BAB tetapi kafein juga menyerap cairan sehingga kotoran justru keras dan sulit untuk dikeluarkan.
Jadi, apabila ingin mengetahui apakah sistem pencernaan dalam keadaan sehat bisa dilihat dari frekuensi BAB setiap harinya. Apakah lancar setiap hari dan apakah gampang mengeluarkannya. Jika tidak, mungkin Anda perlu memperbaiki contoh makan setiap harinya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bab Lancar, Pencernaan Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel