Cacar Atau Herpes

Cacar Atau Herpes

Penyakit Cacar atau yang disebut sebagai ‘Herpes’ oleh kalangan medis yaitu penyakit radang kulit yang ditandai dengan pembentukan gelembung-gelembung berisi air secara berkelompok. Penyakit Cacar atau Herpes ini ada 2 macam golongan, Herpes Genetalis dan Herpes Zoster.
Cacar Atau Herpes
Herpes Genetalis yaitu benjol atau peradangan (gelembung lecet) pada kulit terutama dibagian kelamin (vagina, penis, termasuk dipintu dubur/anus serta pantat dan pangkal paha/selangkangan) yang disebabkan virus herpes simplex (VHS), Sedangkan Herpes Zoster atau dengan nama lain ‘shingles’ yaitu benjol kulit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster yang menjadikan gelembung cairan hampir pada pecahan seluruh tubuh.

Herpes zoster juga dikatakan penyakit benjol pada kulit yang merupakan lanjutan dari pada chickenpox (cacar air) lantaran virus yang menyerang yaitu sama, Hanya terdapat perbedaan dengan cacar air. Herpes zoster mempunyai ciri cacar gelembung yang lebih besar dan berkelompok pada pecahan tertentu di badan, bisa di pecahan punggung, dahi atau dada.



  • Cara Penularan Penyakit Cacar (Herpes)Secara umum, seluruh jenis penyakit herpes sanggup menular melalui kontak langsung. Namun pada herpes zoster, ibarat yang terjadi pada penyakit cacar (chickenpox), proses penularan bisa melalui bersin, batuk, pakaian yang terkontaminasi dan sentuhan ke atas gelembung/lepuh yang pecah. Pada penyakit Herpes Genitalis (genetalia), penularan terjadi melalui prilaku sex. Sehingga penyakit Herpes genetalis ini kadang diderita dibagian lisan akhir oral sex. Gejalanya akan timbul dalam masa 7-21 hari sesudah seseorang mengalami kontak (terserang) virus varicella-zoster.
    Seseorang yang pernah mengalami cacar air dan kemudian sembuh, sesungguhnya virus tidak 100% hilang dari dalam tubuhnya, melainkan bersembunyi di dalam sel ganglion dorsalis sistem saraf sensoris penderita. Ketika daya tahan tubuh (Immun) melemah, virus akan kembali menyerang dalam bentuk Herpes zoster dimana tanda-tanda yang ditimbulkan sama dengan penyakit cacar air (chickenpox). Bagi seseorang yang belum pernah mengalami cacar air, apabila terjangkit virus varicella-zoster maka tidak pribadi mengalami penyakit herpes zoster akan tetapi mengalami cacar air terlebih dahulu.
  • Tanda dan Gejala Penyakit Cacar (Herpes)Tanda dan tanda-tanda yang timbul akhir serangan virus herpes secara umum yaitu demam, menggigil, sesak napas, nyeri dipersendian atau pegal di satu pecahan rubuh, munculnya bintik kemerahan pada kulit yang risikonya membentuk sebuah gelembung cair. Keluhan lain yang kadang dirasakan penderita yaitu sakit perut.
  • Penanganan dan Pengobatan Penyakit Cacar (Herpes)Pada penderita penyakit cacar hal yang terpenting yaitu menjaga gelembung cairan tidak pecah supaya tidak meninggalkan bekas dan menjadi kanal bagi basil lain (infeksi sekunder), antara lain dengan pertolongan bedak talek yang membantu melicinkan kulit. Penderita apabila tidak tahan dengan kondisi hawa cuek dianjurkan untuk tidak mandi, lantaran bisa menjadikan shock.
    Obat-obatan yang diberikan pada penderita penyakit cacar ditujukan untuk mengurangi keluhan tanda-tanda yang ada ibarat nyeri dan demam, contohnya diberikan paracetamol. Pemberian Acyclovir tablet (Desciclovir, famciclovir, valacyclovir, dan penciclovir) sebagai antiviral bertujuan untuk mengurangi demam, nyeri, komplikasi serta melindungi seseorang dari ketidakmampuan daya tahan tubuh melawan virus herpes. Sebaiknya pertolongan obat Acyclovir dikala timbulnya rasa nyeri atau rasa panas memperabukan pada kulit, tidak perlu menunggu munculnya gelembung cairan (blisters).
    Pada kondisi serius dimana daya tahan tubuh sesorang sangat lemah, penderita penyakit cacar (herpes) sebaiknya mendapat pengobatan terapy infus (IV) Acyclovir. Sebagai upaya pencegahan sebaiknya seseorang mendapat imunisasi vaksin varisela zoster. Pada anak sehat usia 1 – 12 tahun diberikan satu kali. Imunasasi sanggup diberikan satu kali lagi pada masa pubertas untuk memantapkan kekebalan menjadi 60% – 80%. Setelah itu, untuk menyempurnakannya, berikan imunisasi sekali lagi dikala dewasa. Kekebalan yang didapat ini bisa bertahan hingga 10 tahun.
  • Berlangganan update artikel terbaru via email:

    0 Response to "Cacar Atau Herpes"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel