12 Manfaat Kandungan Buah Durian, Serta Bahayanya Konsumsi Berlebihan

Durian menjadi salah satu buah favorit yang rasanya sangat nikmat, dengan rasa manis serta bacin menyengat, tetapi tetap dirindukan baunya tersebut.

Duri tajam yang ada pada kulitnya, menjadi ciri fisik sangat menonjol yang dimiliki oleh buah durian. Selain rasanya enak dan manis, buah durian mempunyai aneka macam manfaat dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya.

Terdapat banyak manfaat kesehatan dari buah durian ini, akan tetapi tidak boleh mengkonsumsinya dalam jumlah yang terlalu banyak.

Nutrisi buah durian meliputi karbohidrat, kalori, dan lemak. Buah durian dikenal sebagai king of fruit (raja dari segala buah-buahan) juga kaya akan protein, serat, vitamin B1, B2, vitamin C, kalsium, kalium dan fosfor.

Buah Durian

Manfaat kandungan buah durian bagi kesehatan tubuh

1. Sumber energi yang sangat baik
Pada satu porsi buah durian (sekitar 100 gram), sudah mencakup dari sekitar 20% kebutuhan karbohidrat harian seseorang dewasa, sehingga buah durian efektif manfaatkan untuk menambah energi tubuh dalam beraktifitas.

Sebagian orang yang tidak mau mengkonsumsi buah durian karena ingin diet (menurunkan berat badan), maka silahkan saja...

....akan tetapi untuk yang sehari-harinya beraktifitas atau bekerja lumayan berat, maka disarankan mengkonsumsi buah durian ini sekali-kali. Ingat! Tidak baik juga mengkonsumsi buah durian terlalu sering.

Yang intinya, buah durian dapat menambah energi tubuh secara instan, disaat acara atau pekerjaan yang relatif berat dan padat, yang sangat menguras tenaga dan pikiran, maka disaat ini paling disarankan konsumsi durian. Secara umum, dalam seminggu cukup konsumsi (dengan jumlah) 1-2 buah durian .

2. Tubuh tidak mudah lelah 
Masih bekerjasama dengan hal diatas, bahwa dalam 100 gr buah durian sudah dapat mencukupi sekitar 20% dari kebutuhan karbohidrat harian...

...maka ketika Kamu merasa mudah mengalami lelah dan lesu, maka disarankan mengkonsumsi buah durian, yang akan memberika perhiasan energi secara instan.

Alhasil tubuhmu akan tetap terjaga kekuatannya dalam menjalankan acara sehari-hari yang melelahkan, dan Kamu juga tidak mudah jatuh sakit.

3. Kesehatan otot dan saraf
Tubuh membutuhkan kandungan thiamin, buah durian sanggup mendapatkan amanah karena menjadi sumber thiamin yang baik.

Pada satu porsi buah durian memiliki kandungan sekitar 30% dari asupan harian thiamin umumnya, kandungan Thiamin ini bermanfaat untuk me-metabolisme karbohidrat menjadi energi, dan juga sangat baik untuk kesehatan otot dan saraf.

Menurut laman Vegetafruit.com, kandungan di dalam buah durian bisa meremajakan kulit dan mengurangi keriput, kemudian membantu proses regenerasi sel kulit mati.

Kandungan vitamin C dalam buah durian juga terbukti bermanfaat untuk mengatasi permasalahan kulit berupa luka, yang mempu memperbaiki kondisi pembuluh kulit, tulang, dan darah. Yang membantu  proses penyembuhan juga lebih cepat.

5. Menurunkan resiko depresi
Durian menjadi penangkal depresi alami, sehingga lebih aman dibandingkan dengan menggunakan obat kimia. Pada buah durian terdapat kandungan vitamin B6 yang bermanfaat untuk memproduksi serotonin.

Kandungan serotonin memiliki manfaat besar dalam menangkal rasa depresi yang dialami, yang membantu jiwa terhindari dari mudah emosi hingga diluar batas, disamping juga kita harus melatih diri untuk bisa mencegah emosi hingga meledak-ledak, yang akan sangat merugikan diri sendiri.

Menurut sebuah survey yang dilakukan oleh pihak MIND, menyampaikan hasil bahwa diantara masyarakat yang mengalami depresi, memperoleh kondisi yang lebih baik setelah mengkonsumsi buah durian.

Hal ini disebabkan durian mengandung tryptophan, salah satu jenis asam amino yang dapat diubah menjadi serotonin di dalam tubuh, yang membuat tubuh lebih rileks, meningkatkan mood, dan secara umum membuat perasaan lebih gembira.

Menurut 13 Manfaat Jus Nanas: Untuk Sistem Imun, Jantung, Pencernaan, Tulang dll
  • 10 Tips Penting Mandi yang Baik, Sehat dan Menyenangkan
  • 17 Akibat Buruk dari Olahraga Secara Berlebihan
  • Berlangganan update artikel terbaru via email:

    0 Response to "12 Manfaat Kandungan Buah Durian, Serta Bahayanya Konsumsi Berlebihan"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel