Tidur Memperkuat Ingatan Anda

Sebagai manusia, kita menghabiskan sepertiga kehidupan kita untuk tidur. Kaprikornus sudah niscaya hal tersebut ada maksudnya. Para ilmuwan menemukan bahwa tidur membantu menggabungkan ingatan, merapikannya dalam otak semoga supaya bisa diambil kemudian.

 kita menghabiskan sepertiga kehidupan kita untuk tidur Tidur Memperkuat Ingatan Anda
Foto: picasaweb

Sekarang penelitian gres memperlihatkan bahwa tidur juga nampaknya mengorganisir ulang ingatan, mengambil rincian emosional dan mengatur kembali ingatan atau memori untuk membantu anda menghasilkan ide-ide gres dan kreatif, berdasarkan penulis artikel di Current Directions in Psychological Science yang merupakan jurnal Association for Psychological Science.

"Tidur menciptakan ingatan lebih kuat," kata Jessica D. Payne dari Universitas Notre Dame yang ikut menulis laporan tersebut bersama Elizabeth A. Kensinger dari Boston College. "Tidur juga nampaknya melaksanakan sesuatu yang aku pikir sangat menarik dan hal tersebut yakni mengorganisir kembali serta merestrukturisasi memori atau ingatan."

Payne dan Kensinger mempelajari apa yang terjadi pada ingatan selama tidur, dan mereka menemukan bahwa seseorang cenderung bergantung pada bab yang paling emosional dari satu ingatan. Sebagai contoh, kalau seseorang ditunjukkan satu pemandangan dengan obyek emosional menyerupai puing-puing kecelakaan kendaraan beroda empat di halaman depan beliau cenderung mengingat obyek emosional tersebut daripada obyek lainnya contohnya pohon yang ada di bab belakang, khususnya kalau diuji sehabis tidur satu malam. Mereka juga mengukur aktifitas otak selama tidur dan menemukan bahwa bagian-bagian otak yang terlibat dengan penggabungan emosi dan ingatan ternyata aktif.

"Dalam masyarakat kita yang serba cepat, salah satu hal pertama yang tak menerima perhatian yakni tidur kita," kata Payne. "Saya pikir hal tersebut didasarkan pada kesalahpahaman besar bahwa otak yang tidur tidak melaksanakan apa-apa." Otak itu sibuk. Tak hanya menggabungkan ingatan, otak juga mengorganisir memori serta menentukan info yang paling menonjol. Menurutnya ini yang menciptakan orang-orang mempunyai ide-ide kreatif baru.

"Payne melaksanakan penelitian tersebut dengan sungguh-sungguh. "Saya menawarkan kesempatan kepada diri aku untuk tidur selama delapan jam tiap malam. Saya biasanya tidak melaksanakan hal tersebut hingga aku mulai melihat data saya," katanya. Orang-orang yang menyampaikan bahwa mereka akan tidur nanti ketika sudah mati bergotong-royong mengorbankan kemampuan mereka untuk mempunyai gagasan-gagasan yang baik dikala ini, tuturnya. "Kita bisa meloloskan diri dari kekurangan tidur, tapi hal tersebut mempunyai efek besar terhadap kemampuan kognitif kita."

http://www.psychologicalscience.org/index.php/news/releases/sleep-makes-your-memories-stronger.html

Kategori Terkait:
Informasi Terkait:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tidur Memperkuat Ingatan Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel