13 Manfaat Dan Khasiat Kandungan Wortel

Wortel merupakan materi yang umum digunakan pada banyak makanan di seluruh dunia, yang bisa dibuat untuk jus, sayuran dll.

Wortel sangat menyehatkan apabila dikonsumsi, untuk itu disarankan rajin-rajin dalam memakan Wortel.

Warna orange terang pada wortel berasal dari beta-carotene, yang nantinya bermetamorfosis vitamin A di dalam tubuh.. Wortel kaya akan kandungan vitamin A dan vitamin C, termasuk juga kandungan sodiumnya.

Wortel

Manfaat dan khasiat kandungan wortel

1. Menjaga Kesehatan Mata

Mungkin untuk manfaat pertama ini sudah cukup banyak orang yang mengetahui. Wortel kaya akan kandungan beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A di dalam hati.

Lalu vitamin A ditransformasikan di dalam retina, untuk rhodopsin, pigmen ungu yang dibutuhkan untuk mempertajam pengelihatan di malam hari.

Wortel juga mengandung antioksidan yang banyak, yang memiliki kegunaan untuk mencegah timbulnya penyakit katarak dan yang semacamnya.

Beta-karoten juga melindungi dari dilema degenerasi makula dan katarak yang merupakan salah satu dilema kesehatan mata, yang sangat tidak diinginkan banyak orang.

Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi beta-karoten memiliki risiko lebih rendah 40% terkena degenerasi makula, dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsinya.

Wortel yang kaya betakaroten (vitamin A), menjadi gizi penting bagi mata. Tetapi senyawa ini tidak dapat menyembuhkan kebutaan, tetapi hanya bisa memperbaiki kondisi mata akhir kekurangan vitamin A. Wortel juga dapat mempertajam penglihatan, termasuk ketika malam hari.

Informasi dari sumber terpecaya: Whfoods.com
Mengenai manfaat wortel untuk mata

Sebenarnya masih relatif sedikit penelitian perihal manfaat wortel bagi mata. Kebanyakan penelitian di dunia umumnya meneliti perihal manfaat kandungan karotenoid untuk kesehatan, yang fokus membahas tingkat karotenoid dalam pedoman darah dan khasiatnya. tetapi bukan meneliti khusus perihal makanan sumber karotenoid (seperti wortel).

Hanya ditmukan beberapa studi dengan skala yang lebih kecil yang menunjukkan manfaat asupan wortel untuk kesehatan mata.

Seperti para peneliti di Jules Stein Institute di University of California di Los Angeles, menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi wortel setidaknya dua kali per ahad (jika dibandingkan wanita yang mengkonsumsi wortel kurang dari sekali per minggu), rentan terhadap kerusakan ke saraf optik yang sering dikaitkan dengan tekanan yang berlebihan di dalam mata.

Asupan geranyl asetat (salah satu photonutrients yang hadir dalam biji wortel) juga telah berulang kali dikaitkan dengan penurunan risiko katarak pada hewan percobaan.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat dan khasiat kandungan wortel selanjutnya yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol.

Sebuah penelitian dari Robertson dan timnya, meminta penerima yang memakan sayuran wortel yang mentah (sebelum dikonsumsi perlu dicuci hingga bersih) sebanyak 200 gram setiap hari, selama 3 minggu.

Maka hasil penelitian menerangkan bahwa kolesterol mereka turun sebanyak 11%. Sehingga diambil kesimpulan bahwa wortel dapat dimanfaatkan dalam upaya menurunkan kadar kolesterol.

Penelitian lainnya, yang dilakukan di Harvard University, AS. Memperoleh hasil penelitian, bahwa mereka yang makan wortel 5 kali dalam seminggu, dapat menurunkan risiko stroke hingga 68%.

Kemudian, penelitian di Universitas Brussels, diketahui bahwa kandungan vitamin A yang terkandung di dalam wortel dapat mencegah cacat dan janjkematian akhir stroke.

Diperkirakan oleh para jago gizi, bahwa penurunan kadar kolesterol ini karena adanya kandungan calcium pectate (jenis serat larut).

Informasi dari sumber terpecaya: Livestrong.com
Mengenai manfaat wortel untuk menurunkan kadar kolesterol

Wortel  membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah, mencegah penumpukan plak yang sangat berbahaya. Tubuh juga menghasilkan kolesterol, sehingga diet rendah kolesterol yang dilakukan tidak selalu menjamin kadar kolesterol dalam keadaan seimbang dalam pedoman darah.

Banyak dari serat wortel merupakan serat larut, yang membantu mengurangi kadar kolesterol. Menurut University of Arizona College of Agriculture & Life Sciences, serat larut mengikat asam empedu yang mengandung kolesterol, dan membuangnya melalui kanal pencernaan, hinggadikeluarkan sebagai limbah dari dalam tubuh.

Mengapa kolesterol berbahaya
Meskipun badan butuh beberapa kolesterol untuk kesehatan, tetapi ada jenis kolesterol jahat (LDL), yang memicu penyumbatan di arteri dan meningkatkan risiko serangan jantung ataupun stroke.

The American Heart Association merekomendasikan makan diet seimbang, yang mencakup wortel dan juga sayuran lainnya, serta perlu  olahraga secara teratur, untuk membantu menjaga kadar kolesterol sehat.

3. Menurunkan Resiko Stroke
Penelitian selanjutnya juga dilakukan oleh Harvard University, sebuah universitas di Negara Amerika Serikat.

Penelitian dilakukan dengan memakan wortel sebanyak 5 kali dalam seminggu, maka karenanya sungguh luar biasa yaitu dapat menurunkan resiko stroke hingga 68%.

Adapun penelitian juga dilakukan oleh Universitas Brussels yang menyatakan bahwa kandungan Vitamin A pada wortel dapat mencegah cacat bahkan janjkematian akhir penyakit Stroke.

Makan wortel setiap hari mengurangi risiko stroke sebesar 68%. Banyak penelitian telah memperkuat keyakinan perihal "efek wortel" pada otak.

Studi yang dilakukan pada pasien stroke menunjukkan bahwa orang-orang dengan tingkat tertinggi beta karoten, memiliki tingkat kelangsungan hidup yang tertinggi. Organicfacts.net

4. Menyehatkan kulit

Orang yang sering mengkonsumsi wortel dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan segar. Kandungan vitamin A di dalam wortel dan kandungan zat-zat pendukung lainnya, memiliki kegunaan menjaga kulit semoga tetap cantik dan bersinar.

Wortel bisa menghilangkan noda hitam pada kulit, akhir pigmentasi. Penggunaanya bisa eksklusif dikonsumsi (dimakan), serta bisa juga dibuat sebagai materi masker. mengkonsumsi wortel secara rutin, sangat membantu dalam mencegah serangan aneka macam macam penyakit kulit.

Kandungan vitamin A mencegah kerusakan sel, membantu proses regenerasi sel baru, melindungi kulit dari radiasi ultraviolet, mencegah penuaan dini, menghilangkan bercak pada kulit akhir pigmentasi, dan juga mencegah jerawat.

Informasi dari sumber terpecaya: Stylecraze.com

Wortel sangat bermanfaat untuk kulit karena jumlah Vitamin A yang berlimpah dan kandungan antioksidan.

Minum jus wortel efektif untuk menyingkirkan noda dan bekas luka. Selain itu, Kamu dapat membuat‘ bubur wortel’ pada kulit untuk menghapus noda.

Wortel juga mengandung vitamin C yang membantu produksi kolagen di dalam tubuh. Kolagen berfungsi untuk melaksanakan pemeliharaan elastisitas kulit, dan membantu mencegah keriput pada kulit. Kandungan vitamin A yang menjadi antioksidan, berguna untuk menangkal radikal bebas yang memicu tanda-tanda penuaan menyerupai keriput, pigmentasi dan warna kulit yang tidak merata.

Beta-karoten pada wortel, membantu untuk memperbaiki jaringan kulit dan menyampaikan perlindungan terhadap ancaman sinar matahari berlebihan yang mengenai kulit. Kandungan antioksidan dan karotenoid melindungi kulit dengan meningkatkan kekebalan kulit terhadap matahari.

Wortel penting untuk kulit kering
Kekurangan kalium menjadikan kulit kering. Wortel kaya akan kalium. Sehingga minum jus wortel dapat mencegah kulit terkena dehidrasi.

Wortel juga efektif dalam pencegahan dan penyembuhan aneka macam penyakit kulit. Antioksidan dalam sayuran ini bisa mengobati dilema pada kulit menyerupai jerawat, jerawat, ruam, dermatitis dan dilema kulit lainnya yang disebabkan karena kekurangan vitamin A.

Tetapi perlu diingat, mengkonsumsi wortel yang berlebihan justru dapat menjadikan dilema kulit menjadi cenderung kekuningan-oranye.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Wortel dapat mencegah masuknya penyakit, serta mencegah terjadinya peradangan akhir serangan dari virus. Sistem imun badan dapat diperkuat juga dengan mengkonsumsi wortel secara rutin.

Penelitian menunjukkan bahwa memakan wortel yang dicampur dengan ketumbar, bisa mencegah masuknya virus-virus berbahaya yang menyerang tubuh.

Campurlah ketumbar dalam sup wortel untuk mengkonsumsinya dengan bersamaan. Selain itu wortel juga mengandung antioksidan, yang terkenal manfaatnya dalam menjaga badan dari radikal bebas.

Wortel mengandung sejumlah kemampuan antiseptik dan antibakteri yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, wortel merupakan sumber yang kaya vitamin C, berfungsi untuk merangsang kegiatan sel darah putih, yang merupakan salah satu elemen penting dalam sistem kekebalan badan manusia. (Sumber: Organicfacts.net)
loading...

6. Mencegah Kanker

Kandungan beta karoten di dalam wortel, dipercaya ampuh untuk mencegah badan dari serangan kanker.  Penelitian menunjukkan, bahwa orang yang mengkonsumsi wortel 2 kali sehari, dapat menurunkan 17 % resiko penyakit kanker payudara.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa wortel bisa mengurangi risiko kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar. Peneliti menemukan zat falcarinol dan falcarindiol yang merupakan zat antikanker.

Falcarinol yaitu pestisida alami yang dihasilkan oleh wortel yang melindungi akar dari penyakit jamur. Wortel yaitu salah satu-satunya sumber sayuran yang memiliki zat ini.

Sebuah penelitian dengan objek percobaan yaitu tikus, menunjukkan bahaw risiko kanker 1/3 lebih rendah dari tikus yang mengkonsumsi wortel.

Sumber: Wikipedia

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Marilyn Menkes (University New York) menerangkan bahwa badan yang kadar beta-karotennya rendah memiliki resiko terserang kanker paru-paru.

Sehingga Marilyn Menkes menjelaskan rokok sangat berbahaya untuk paru-paru, dan merekomendasikan para perokok (dan yang sejenisnya) rajin memakan sayuran wortel.

Selain itu zat antioksidan yang terdapat pada wortel juga dapat mencegah kanker usus, tenggorokan, mulut, lambung, pancreas serta payudara. Sehingga memang Wortel memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh.

7. Kesehatan ginjal

Ginjal tanpa lelah menyaring sekitar 50 galon darah setiap hari, dan menghasilkan hingga 2 liter urine. Makanan tertentu, menyerupai wortel menyampaikan potensi manfaat gizi untuk kesehatan ginjal.

Beta-karoten (yang berasal dari vitamin A di dalam wortel) membantu ginjal dalam menyaring racun di dalam darah, serta mencegah bisul kanal kemih, menurut Dr George D. Pamplona-Roger, penulis buku "Foods That Heal".

Sebuah studi hewan diterbitkan dalam November 2012 di "Journal of Thrombosis and Thrombolysis" menemukan bahwa beta-karoten mengurangi peradangan dan membantu memperbaiki kerusakan filter ginjal, (dikenal sebagai tubulus).

Para peneliti, menemukan bahwa beta-karoten bekerja untuk menghambat dua gen berbeda yang memicu peradangan pada ginjal.

Sebuah studi hewan diterbitkan dalam jurnal "Patologicheskaia Fiziologiia i Eksperimental'naia Terapiia"  edisi Oktober 2009, menemukan bahwa pektin di dalam wortel lebih efektif sebagai diuretik (zat yang meningkatkan produksi urine dan menurunkan resiko munculnya gejala gagal ginjal).

Para peneliti menyimpulkan bahwa zat pektin dapat menjadi terapi alami dalam pengobatan gagal ginjal kronis. Apa itu Pektin? 

(Sumber gosip "Wortel untuk kesehatan ginjal" dari Healthyeating.sfgate.com)

8. Kesehatan jantung

Menurut USDA, diet kaya sayuran melindungi jantung dari penyakit berbahaya. Selain berkontribusi untuk diet kaya sayuran, wortel menyampaikan manfaat penting bagi kesehatan jantung karena kandungan vitamin di dalamnya. Demikian menyerupai dilansir dari situs Healthyeating.sfgate.com

warna oranye ada wortel berasal dari beta-karoten, sebuah senyawa yang berfungsi sebagai sumber vitamin A. Seperti diambil dari tulidan yang diterbitkan dalam "Heart and Circulatory Physiology" pada tahun 2008, bahwa mengonsumsi kandungan vitmin A yang mencukupi untuk badan berguna untuk melawan penyakit jantung.

Vitamin K mengaktifkan protein Gas6, senyawa yang mengaktifkan komunikasi antara sel-sel yang membentuk jantung. Vitamin K juga membantu mengontrol pembekuan darah, dan mencegah perdarahan yang berlebihan atau pembekuan darah yang beresiko mensugesti organ jantung.

Vitamin C di dalam wortel juga bermanfaat bagi kesehatan jantung. Menurut Linus Pauling Institute, bahwa mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin C memiliki kegunaan untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner, dan juga mengurangi risiko janjkematian akhir penyakit kardiovaskular.

9. Kesehatan pencernaan

Wortel baik untuk organ pencernaan, membantu menjaga organ pencernaan semoga bekerja dengan baik, serta menurunkan risiko dilema usus. Wortel kaya akan kandungan serat makanan. Serat datang dalam dua bentuk, yaitu larut dan tidak larut. Dan wortel merupakan sumber yang baik dari kedua jenis serat tersebut. Demikian menyerupai dilansir dari Livestrong.com

Serat yang tidak larut dalam wortel bermanfaat untuk membantu memindahkan makanan melalui kanal pencernaan dengan lancar dan mencegah terjadinya sembelit.

Adapun serat larut bermanfaat untuk menurunkan risiko beberapa gangguan pencernaan. Para jago di Harvard School of Public Health mengatakan bahwa diet tinggi serat larut bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit radang usus sekitar 40 persen.

Tidak menyerupai halnya serat yang tidak larut, serat larut di dalam wortel membentuk gel ketika bercampur dengan cairan di perut, serta  menurunkan risiko diabetes tipe-2 dan penyakit jantung.

Wortel sangat kaya dengan beta-karoten, dengan beberadaan kandungan itu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mendukung pembentukan sel-sel kekebalan (limfosit). Sel-sel ini ditemukan di jaringan kanal pencernaan. Vitamin A (berasal dari beta-karoten) memiliki penting dalam pemeliharaan lapisan kanal pencernaan.

Wortel juga sebagai sumber dari beberapa mineral penting, termasuk kalsium dan kalium, dibutuhkan badan untuk kontraksi normal semua jenis otot, termasuk otot polos (otot tak sadar) yang ada di dinding perut, usus dan kolon.

Setelah makan, biasanya terjadi kontraksi berirama di lapisan otot yang gunanya untuk membantu memindahkan makanan melalui kanal pencernaan.

10. Mengatasi Sembelit

Serat yang terkandung di dalam wortel dapat menaikkan volume feses hingga 25%, sehingga dilema BAB yang dihadapi dapat teratasi dengan lancar.

Menurut Noviana Yaniar (1993) di dalam Pemanfaatan Tanaman Obat Untuk Kesehatan Keluarga, Dinas Kesehatan Unit Materia Medica, Malang, wortel memiliki kaya manfaay yaitu mengatasi dilema menyerupai  hipertensi, mata minus, rabun senja, cacingan, luka bakar, batuk, sembelit, menghaluskan wajah dll

11. Meningkatkan kualitas ASI

Ketika seorang ibu menyusui, apa pun yang ditelan sang Ibu juga akan mencapai sang calon bayi. Sementara wortel yaitu makanan sehat, penuh vitamin dan mineral.

Beta-karoten dan rasa wortel nantinya ditransmisikan ke dalam ASI.  Sebuah peelitian dengan melibatkan 12 perempuan yang diberikan pasta wortel segar mengandung 15 mg (beta-karoten) pada setiap harinya, dalam jangka waktu selama 3 hari.

Sampel susu dikumpulkan pada 3 hari tersebut, yaitu sekitar 2-3 jam setelah makan makanan yang mengandung beta-karoten. Hasilnya, susu tingkat beta-karoten meningkat rata-rata sekitar 80% selama periode 3 hari tersebut. (Sumber: ncbi.nlm.nih.gov)

Segelas jus wortel dengan sarapan atau makan siang memiliki manfaat besar pada laktasi. Kandungan Vitamin A di dalam wortel juga meningkatkan kualitas susu pada ibu (ASI).

Dalam menkonsumsi wortel, bisa secara mentah mengkonsumsinya (sebelumnya wortel dibersihkan terlebih dahulu), atau juga dikukus, bisa juga dalam bentuk sup. Adapun di isu terkini hirau taacuh (hujan), disarankan mengkonsumsi wortel dalam bentuk sup, karena membuat nyaman tubuh. (Sumber: Momjunction.com)

12. Untuk kesuburan pria

Mengonsumsi sayuran Wortel ternyata dapat menaikkan kuantitas dan kualitas sperma hingga 8 %. Sekarang ini, pria beresiko besar mengalami penurunan kesuburan sperma. Penyebabnya karena kondisi polusi lingkungan, gaya hidup buruk, kebiasaan menaruh telepon genggam di kantung celana, meletakan laptop di paha, mengonsumsi junk food dll. Demikian menyerupai dilansir dari Tabloid-nakita.com

Pada sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal ‘Fertility and Sterility’, para peneliti dari Harvard University melaksanakan evaluasi dampak contoh makan, dengan mengkonsumsi sayuran.

Ditemukan hasil, bahwa orang yang mengonsumsi ubi dan melon mengalami peningkatan kualitas dan kuantitas sperma. Tetapi pemakan wortel-lah yang memproduksi sperma dengan kualitas terbaik. Performa sperma naik 6,5-8 %.

Kandungan beta-karoten pada wortel, dikaitkan dengan motilitas (kemampuan gerak) sperma yang tinggi, dan kandungan likopen dinilai bisa membuat bentuk dan struktur sperma menjadi lebih baik.  Sehingga wortel diyakini menjadi makanan yang sangat dianjurkan sebagai peningkat kesuburan pria.

Pola makan yang rajin menkonsumsi kandungan karotena / karotenoid dipercaya dapat bermanfaat untuk kualitas air mani seorang pria.

13. Untuk kesuburan kandungan Wanita

Tingkat kesuburan seorang wanita dipengaruhi oleh banyak faktor, menyerupai karena faktor keturunan, kebiasaan atau gaya hidup, makanan, dsb.  Untuk kesuburan, wortel disarankan dikonsumsi karena memiliki khasiat meningkatkan kesuburan pasangan suami istri.

Para peneliti di Harvard University School of Public Health menemukan bahwa oranye dan kuning sayuran (berfokus pada wortel, bayam dan selada) memiliki kegunaan untuk meningkatkan sperma.

Studi juga telah mengevaluasi efektivitas wortel mengurangi tingkat resiko dilema pada kandung kemih, leher rahim, prostat, usus besar, laring dan kanker esofagus.

Wortel dapat dimakan mentah atau dimasak. Adapun dngan dimasak diprcaya dapat meningkatkan bioavailabilitas beta-karoten.

Kamu bisa membuat jus dari materi dasar wortel untuk menerima khasiat serta mengkonsumsi wortel dngan lebih nikmat. Wortel juga dapat mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan pada ketika haid.

Tips dalam mengkosumsi wortel
  • Pilih kualitas wortel yang masih muda, lembut, dengan konsistensi warna yang cerah. Hindari memilih wortel yang lembek dan terdapat goresan.
  • Cucilah wortel secara menyeluruh, hingga dapat menghilangkan debu, tanah, dan sisa insektisida padanya.
  • Dalam memotong wortel, potong pada kedua ujungnya, kerik sedikit kulit luar dan potong akar serabut pada wortel. 
  • Rebus wortel dalam air selama beberapa menit untuk meningkatkan bioavailabilitas nutrisi.
  • Wortel dapat disandingkan dengan sayuran lain menyerupai lobak, kol, bit, atau tomat untuk campuran salad.
  • Adapun jus wortel bisa menjadi pilihan, karena merupakan minuman yang menyegarkan.
  • Wortel juga cukup baik dijadikan salah satu menu makanan sehat balita.

Budidaya dan cara menanam wortel
Untuk mengetahui pedoman teknis budidaya wortel, menyerupai cara pembibitannya, teknik penyemaian benih, pengolahan media tanam, cara yang bail dalam pemeliharaan tanaman wortel, serta, cara panen. Maka dapat mengunjungi situs Pekalongankab.go.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "13 Manfaat Dan Khasiat Kandungan Wortel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel