15 Manfaat Penting Magnesium Untuk Kesehatan Tubuh

Magnesium merupakan salah satu mineral yang sangat banyak di dalam tubuh. Jumlah yang paling banyak berada di dalam tulang sebesar 50% dari total magnesium yang ada di dalam tubuh. Sedangkan sisanya terdapat di dalam sel-sel jaringan dan organ.

Magnesium sebuah zat mineral yang sangat diharapkan oleh tubuh, terutama untuk tulang, saraf, dan juga otot tubuh. Magnesium sangat memiliki kegunaan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, dan juga dapat membuat tulang menjadi kuat.

Magnesium yakni mineral urutan nomer 4 yang paling penting untuk kesehatan, untuk menjaga otot dan saraf supaya berfungsi normal, menjaga irama detak jantung. untuk sistem kekebalan tubuh, mengatur kadar gula darah, mendukung metabolisme energi dan protein sintesis dll.

Sumber makanan magnesium

Manfaat magnesium untuk kesehatan tubuh

1. Mencegah badan terserang penyakit Asma

Asma biasanya ditandai dengan kesulitan bernapas, terjadi sebab jalan pernapasan mengalami pembengkakan. Saluran udara yang membengkak membatasi fatwa udara sehingga memicu kesulitan bernapas.

Magnesium sangat memiliki kegunaan untuk mencegah penyakit Asma, bahkan untuk orang yang telah terkena penyakit asma yang cukup parah, dapat menormalkan kembali pernapasan dengan derma zat / pemanis yang berisi magnesium.

Sehingga, pasien asma kronis masih mungkin bisa untuk menormalkan napas mereka dengan derma pemanis magnesium, yang berfungsi menjadikan relaksasi otot-otot bronkus dan menormalkan pernapasan.

Asma akut tidak mudah ditangani, terutama saat hanya dirawat di rumah. Serangan asma akut bisa terjadi secara tiba-tiba, dan bahayanya bisa berlanjut hingga kematian.

Studi menunjukkan bahwa magnesium sulfat efektif dalam pengelolaan asma akut. Jadi, untuk mencegah komplikasi pada asma akut, pengobatan dengan senyawa kimia ini dinilai relatif aman, dengan syarat yaitu dosis yang sesuai.

Studi yang dilakukan menunjukkan bahwa magnesium sulfat yang diberikan secara intravena bisa membuat relaksasi otot, yang manfaatnya untuk mengurangi kontraksi otot, serta membantu mengurangi pembengkakan dinding episode dalam susukan udara.

Hasil kasatmata ini teramati pada pasien yang menggunakan magnesium sulfat saja, atau dikombinasikan dengan bronkodilator. Tetapi penggunaan magnesium sulfat hanyalah alternatif untuk bronkodilator, sehingga bukan untuk penggunaan jangka panjang.

Magnesium sulfat juga tidak efektif dalam mengatasi asma yang tidak parah (hanya untuk asma akut / parah). Sehingga penderita asma ringan disarankan cukup dengan menghirup bronkodilator atau kortikosteroid dalam mengatasi duduk perkara asma ringan hingga sedang.

2. Meningkatkan metabolisme tubuh

Zat Magnesium juga sangat berperan dalam membantu sintesis protein, lalu juga dapat membantu badan untuk mengaktifkan enzim di dalam tubuh. Sehingga dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh.

Magnesium juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat mencegah badan dari banyak sekali serangan penyakit.

3. Menjaga kepadatan tulang

Magnesium bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang, magnesium menjadi zat mineral yang berperan penting sebagai penyusun tulang.

Sehingga, kadar magnesium di dalam badan daapt menghipnotis kesehatan dan kepadatan tulang. Selain itu Magnesium juga berperan dalam menjaga kekuatan otot.

Magnesium dapat membantu mengatur tingkat kandungan kalsium, vitamun D, tembaga dan seng di dalam tubuh. Yang dengannya kepadatan tulang dapat selalu terjaga setiap hari.

Selain itu, eksistensi kandungan magnesium yang mencukupi di dalam badan berfungsi unttuk mencegah dan mengurangi resiko terkena osteoporosis.


4. Menjaga kesehatan jantung

Kegunaan lainnya yang sangat penting dari magnesium yakni menjaga kesehatan jantung, sehingga jantung dapat berfungsi dengan baik. Tubuh yang kekuranngan magnesium dapat beresiko terkena penyakit jantung.

Tubuh yang menerima asupan magnesium yang cukup, bermanfaat supaya denyut jantung di dalam badan menjadi teratur. Magnesium juga berperan dalam menenangkan saraf, dan menghindari diri terkena stress, gejolak emosi dan rasa kecemasan yang berlebihan.

Magnesium memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan jantung. Menurut sebuah bukti epidemiologi menunjukkan bahwa asupan makanan yang mengandung maknesium dapat mengurangi resiko kardiovaskular menyerupai hipertensi, metabolik syndrom serta duduk perkara jantung. 

5. Mengendalikan tekanan darah

Magnesium juga berperan dalam mengendalikan tekanan darah, menghindari badan terkena tekanan darah tinggi atau hipertensi. Pada penderita darah tinggi, umumnya juga sebab kekurangan magnesium di dalam tubuh.

Magnesium membantu mengontrol tekanan darah, sebab magnesium berfungsi melebarkan otot polos, membantu menjaga pembuluh darah tetap lembut dan lentur Lebih dari 300 proses biokimia bergantung pada magnesium.

Meskipun magnesium merupakan mineral keempat yang paling berlimpah dalam badan manusia, magnesium sebagi besarnya hanya berada di lapisan luar yang keras dalam tulang.

Tingkat magnesium yang rendah menyebabkan terjadinya rendahnya kadar kalium di dalam tubuh. Kalium berperan penting dalam menjaga tekanan darah Anda.

Magnesium memiliki tugas dalam kualitas tidur sesorang, duduk perkara kualitas tidur ini juga menunjukkan pengaruh terhadap perkembangan tekanan darah tinggi, hingga duduk perkara kesehatan badan secara keseluruhan.

6. Mengurangi resiko diabetes tipe 2

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh studi Kohort Prospektif, menemukan hasil penelitiannya bahwa magnesium memiliki tugas penting dalam mengurangi resiko diabetes tipe 2, sebab mineral magnesium dapat mempertahankan homeostasis glukosa dan mengatur sekresi dan sensitivitas insulin.

Sehingga disimpulkan bahwa magnesium dapat mengurangi resiko penyakit diabetes tipe 2. Manfaat magnesium menunjukkan kontribusi terhadap pasien diabetes, yang membantu untuk meningkatkan reaksi insulin untuk menjaga tingkat gula darah.

Suplemen magnesium umumnya sangat diharapkan oleh pasien diabetes, sesuai dengan tingkat kekurangan magnesium yang dialami. Nantinya magnesium membantu untuk mengatur kadar gula darah.

7. Mencegah sembelit

Mengatasi sembelit, salah satu cara efektifnya yaitu dengan memenuhi asupan magnesium yang mencukupi untuk kebutuhan tubuh. Magnesium bekerja untuk melemaskan otot-otot usus, sehingga membantu untuk membangun ritme halus di dalam tubuh.

Magnesium juga memiliki tugas untuk menarik air yang digunakan untuk melembutkan tinja, sehingga proses pembuangan tinja menjadi lebih lancar sebab keluar lebih mudah.

Dosis tinggi pemanis magnesium larut air dikenal bisa mengatasi sembelit parah. Pencahar dengan kandungan magnesium di dalamnya bekerja untuk mengatasi permasalahan sembelit

8. Magnesium penting bagi Ibu Hamil

Magnesium yakni salah satu elemen penting selama masa kehamilan. Asupan pemanis magnesium yang sesuai dosis disanjurkan selama maa kehamilan bisa mengurangi risiko osteoporosis dan menjaga kestabilan tekanan darah.

Magnesium sulfat menjadi pilihan pengobatan terbaik untuk mencegah kejang eklampsia pada ibu hamil yang mengalami hipertensi. Pentingnya magnesium semasa masa hamil lainnya yaitu untuk membantu memelihara kekuatan tulang ibu hamil dan calon bayi, menjaga tingkat insulin dan gula darah, membantu enzim untuk fungsi sistem tubuh.

Lalu mencegah timbulnya kejang pada kaki, mencegah sembelit pada ibu hamil. Para penelitian yang dilakukan, juga menemukan bahwa magnesium dapat membantu untuk menjaga kadar kolesterol, dan membantu dalam mencegah denyutan jantung yang tidak beraturan.

9. Mengobati nyeri punggung dan kram

Magnesium berperan juga dalam mengatasi sakit punggung hingga tingkat yang parah. Magnsium bekerja untuk merelaksasi otot-otot punggung, meredakan stres, dan meredakan ketegangan pada otot.

Magnesium membantu dalam absorpsi kalsium, yang bermanfaat untuk proses penyembuhan tulang. Gejala kram di kaki dan kelelahan biasanya sebab kekurangan magnesium.

Dalam mengatasi nyeri punggung, juga perlu memasukan menu makanan yang mengandung vitamin D untuk dikonsumsi. Vitamin D sering dikaitkan dengan kesehatan tulang.

Berdasarkan penelitian dari pihak University of Minnesota, pasien yang mengeluhkan sakit punggung kronis banyak yang mengalami kekurangan vitamin D. Makanan megandung vitamin D menyerupai jeruk, stoberi, dan brokoli, kuning telur, minyak ikan, dan umumnya sayuran.

loading...

10. Mencegah serangan jantung 

Kekurangan magnesium pada penderita penyakit jantung menjadikan resiko yang lebih berbahaya. Kekurangan magnesium menunjukkan dampak buruk pada organ jantung.

Magnesium bekerja untuk melindungi jantung dari duduk perkara denyut jantung tidak teratur, sehingga ritme jantung dapat teratur. Magnesium juga bekerja untuk menenangkan saraf dan memediasi proses pencernaan, sehingga bisa mencegah muntah, kram, gangguan pencernaan, perut kembung, dan sembelit.

Seperti dilansir dari Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Pencernaan
  • 13 Tips dan Makanan Untuk Mengatasi Penyakit Stroke
  • 7 Gaya Hidup Sehat yang Perlu Kamu Lakukan
  • Berlangganan update artikel terbaru via email:

    0 Response to "15 Manfaat Penting Magnesium Untuk Kesehatan Tubuh"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel