21 Cara Cepat & Ampuh Mengecilkan Perut Buncit

Perut yang buncit memang bukan suatu problem yang sangat serius, apalagi tidak sedikit orang yang memiliki perut buncit masih terlihat percaya diri.

Walaupun perut buncit bukan problem yang sangat serius, tetap saja perut buncit cukup menggnggu kita, menyerupai misalnya bila ingin duduk atau bangun dari duduk akan terasa tidak mengenakan di perut.

Memang ada obat-obat khusus yang dapat mengecilkan perut buncit, tetapi obat-obat yang menyerupai itu memiliki tingkat resiko yang cukup tinggi dengan efek samping yang ditimbulkan.

Sehingga, lebih baik dihindari penggunaan obat-obatan yang sifatnya instan menyerupai itu. Untuk mengatasi perut buncit bekerjsama kita cukup menggunakan cara yang sederhana saja.

Anak kecil dengan perut six pack
Gambar: Anak Kecil Yang Memiliki Badan Six Pack

Cara cepat mengatasi perut buncit

1. Olahraga ringan menyerupai jogging

Sudah terang bahwa untuk orang yang ingin mengecilkan perut buncit tentunya harus mulai rajin berolahraga.

Tidak perlu melaksanakan olahraga yang berat-berat, Anda cukup melaksanakan hal-hal yang ringan menyerupai melaksanakan olahraga jogging, sit up secukupnya, bersepeda, melaksanakan renang atau mungkin cukup berjalan-jalan saja, tetapi syaratnya harus rutin.

Yang penting tubuh melaksanakan aktifitas yang menjadikan tubuh bergerak, ini sangat penting dalam usaha mengecilkan perut buncit.

2. Mengurangi makanan gorengan

Ini ia makanan yang sulit untuk kita hindari, gorengan memang sudah menjadi makanan yang dikonsumsi banyak orang.

Kita dapat mengurangi makan gorengan apabila selama ini Anda terlalu banyak makan gorengan

Penyebab utama dari perut yang buncit alasannya terjadinya penumpukan lemak, dengan menumpuknya lemak maka proses pencernaan menjadi lambat.

Dan salah satu penyebab terbesar dari menumpuknya lemak ialah makan gorengan. Sehingga Anda perlu mengurangi makan gorengan. Selain makan gorengan hindari juga meminum minuman beralkohol.


3. Minum air putih yang cukup

Kita harus rajin dalam meminum air putih. Dengan meminum air putih maka dapat menetralisir (membuang) racun di dalam tubuh.

Adapun manfaat minum air putih dalam usaha mengecilkan perut, untuk mencegah makan secara berlebihan, terutama kebiasaan mengemil di malam hari.

Sebuah studi dari jurnal endokrinologi klinis dan metabolisme, menunjukkan bahwa tingkat metabolisme tubuh meningkat sebesar 30 persen setelah minum sekitar 17 ons air.

Penelitian lain menunjukkan bahwa meningkatkan volume cairan dalam tubuh. membantu untuk memecah lemak yang tertimbun di dalam tubuh.

Minum banyak air putih, setidaknya 8 gelas besar dalam sehari. Air sangat penting untuk kesehatan sel dan juga membantu dalam pencernaan. Air juga berkasiat untuk membantu proses detoksifikasi, serta penekan nafsu makan.

4. Atur kebiasaan makan

Hindari makan kurang dari 2 jam sebelum tidur, alasannya dalam kesehatan secara umum bahwa jarak yang terlalu bersahabat antara waktu makan dan tidur, sangat tidak baik.

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan ialah menghindari makan yang terlalu cepat atau terburu-buru. Akibat dari makan yang terburu-buru dapat menyebabkan udara tertahan di dalam usus, sehingga akan membentuk gas yang dapat menyebabkan penggelembungan perut.

Makara sangat disarankan makan secara perlahan alasannya apabila ada makanan yang tidak hingga terkunyah, maka akan menjadi sulit dicerna dan udara juga tertahan di dalam usus.

Hal lainnya yang tidak kalah pentingya ialah waktu dan frekuensi makan. Mengkonsumsi makanan yang banyak pada satu waktu tertentu menunjukkan resiko tinggi kelebihan lemak. Makan banyak dalam satu waktu menyebabkan gagalnya kandungan lemak diubah menjadi energi.

Sehingga menyebabkan lemak menumpuk dalam tubuh. Hal yang disarankan, yaitu mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering, ini lebih baik daripada makan 2-3 kali dalam sehari tetapi dalam porsi yang terlalu banyak..

Anda bisa makan 3-4 kali degan porsi kecil setiap hari, yang bermanfaat untuk mempercepat metabolisme di dalam tubuh, tubuh bisa mengkremasi banyak kalori secara optimal, dan menyimpan sedikit lemak.

Kemudian, kurangi asupan gula dan minuman dengan kandungan embel-embel buatan.

5. Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Menkonsumsi buah dan sayur selain dapat mengecilkan perut yang bucit, tentunya juga akan membantu tubuh menjadi sehat. Pada buah-buahan terdapat banyak vitamin, yang dapat mencegah seseorang untuk makan secara berlebihan.

Mengkonsumsi sayuran dan buah memiliki manfaat secara umum bagi kesehatan tubuh, setiap hari kita wajib untuk menkonsumsi sayuran, atau juga buah-buahan yang kaya kandungan vitamin.

6. Rajinlah memasak makanan sendiri

Hasil diet tidak hanya untuk jangka pendek, alasannya salah satu permasalahan diet yaitu bisa menyebabkan kekurangan nutrisi penting untuk tubuh, sehingga menyebabkan timbulnya problem kesehatan.

Untuk mengecilkan perut yang buncit, maka perlu menghilangkan lemak yang menumpuk di perut, serta melaksanakan diet secara sehat dan seimbang. Diet yang sehat yaitu mengkonsumsi makanan tinggi protein dan serat, menyerupai gandum, oatmeal, kacang polong , kelabat, kedelai, dll.

Selain itu konsumsi makanan yang rendah karbohidrat, rendah lemak dan natrium. Salah cara paling bagus mewujudkan diet sehat yaitu memasak sendiri kuliner yang anda konsumsi.

Karena dengan memasak sendiri, anda akan tahu betul komposisinya. Hal yang disarankan, mulailah dengan kebiasaan memasak dengan sedikit minyak, hindari konsumsi kalori yang berlebihan, makanan yang disajikan juga harus mencakup makanan yang mengkremasi lemak.

Membuat makanan sendiri di rumah jauh lebih sehat ketimbang membeli makanan di luar. Makanan yang wajib untuk dikonsumsi dalam setiap hatinya yaitu sayuran. Janganlah menjadi orang yang alergi sayuran.

loading...


 7. Ubah gaya hidup Anda

Untuk Anda yang terbiasa ke kantor denga naik kendaraan, bila jaraknya memungkinkan cobalah menggunakan angkutan umum ataupun bersepeda, sehingga manfaatnya biar lemak yang menumpuk akan terurai menjadi energi.

Ketika hingga di kantor, bila waktu memungkinkan, gunakan anak tangga di kantor daripada menggunakan elevator. Demikian seterusnya, hendaknya dalam melaksanakan aneka macam aktivitas, jangan lupa untuk melaksanakan hal-hal yang menggerakan tubuh lebih banyak.

Perubahan gaya hidup ini, memiliki peran besar dalam membantu menghilangkan lemak di perut. Tinggalkan semua hal-hal yang menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan hormon dan hal yang memicu obesitas.

Jika Anda ingin mendapat perut sixpack, tetapi bila sepuluh potong gorengan masih Anda sikat. Maka sekeras apapun Anda berlatih, bila teladan makan Anda masih “berantakan,” tentu kesudahannya tidak bisa optimal.

Batasi juga sumber protein yang terlalu berlemak tinggi, atau yang digoreng, serta ganti sumber karbohidrat menjadi karbo kompleks, menyerupai nasi merah atau oatmeal, jangan lupa perbanyak konsumsi sayuran. Sehingga Anda berhasil melaksanakan teladan makan yang sempurna dan sehat.

8. Bakarlah lemak berlebih dahulu

Perlu diketahui, pikiran bahwa melaksanakan sit up yang banyak bisa mengatasi perut buncit ialah seni administrasi yang salah.

Perut Anda buncit akhir timbunan lemak berlebih, adapun sit up tidak ampuh untuk mengkremasi lemak. Sehingga, yang disarankan dalam mengkremasi lemak yaitu dengan melaksanakan olahraga kardio, menyerupai Jogging, bersepeda, ataupu berenang. Manfaatnya bila dilakukan rutin dapat mengkremasi lemak berlebih sekaligus melatih jantung.

Jika perut buncit sudah terkikis, maka waktunya untuk membuat tubuh ‘sixpack’, jangan buru-buru melaksanakan sit up. Lakukan gerakan multijoint menyerupai squat atau pull up yang lebih melatih otot perut dibanding gerakan sit up.  

9. Rajin mengkonsumsi Vitamin C


Vitamin C memiliki manfaat  yang membantu mengurangi resiko stres, serta mengembalikan hormon stres (kortisol) ke tingkat yang normal. Dimana pengurangan hormon kortisol dapat membantu untuk mencegah penyimpanan lemak berlebihan di perut.

Makanan yang kaya akan vitamin C yang disarankan untuk seirng-sering dikonsumsi yaitu menyerupai buah jeruk. Walaupun ketika ini ada suplemen vitamin C, tapi yang disarankan ialah mengkonsumsi vitamin C yang berasal  dari buah-buahan. 

10.  Istirahat Dan tidur cukup

Imbangi kegiatan dengan istirahat yang cukup untuk pemulihan stamina. Penelitian menunjukkan bahwa ketika anda tidak cukup tidur, terjadi peningkatan hormon ghrelin, yakni hormon yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Selain itu, secara bersamaan tubuh mengalami penurunan hormon leptin, yaitu hormon yang membuat Anda sulit untuk merasa kenyang, walaupun sudah makan yang mencukupi. Masalah ini, menyebabkan anda sulit untuk mengontrol dengan baik rasa lapar dan kenyang.

Makanan yang disarankan dikonsumsi

11.  Buncis

Buncis dikenal sebagai salah satu sayuran dengan kandungan protein, kaya akan kandungan Flavanoid. Pada sebuah penelitian yang sudah dilakukan selama 14 tahun, hasil penelitian menemukan bahwa kandungan antioksidan tersebut memiliki peran penting dalam mengurangi volume lemak pada perut yang buncit.

Untuk cara mengolah buncis, yaitu dengan ditumis atau bisa juga dimasak bersama sayuran hijau lainnya, menyerupai dalam bentuk sayur asem atau lainnya.


12.  Semangka

Berdasarkan hasil research yang dilakukan, diketahui bahwa kandungan di dalam buah semangka dapat membantu proses pembuangan racun dari dalam tubuh menjadi lebih optimal, serta membantu juga pengeluaran kelebihan air dalam tubuh.

13.  Yogurt

Sekarang terdapat banyak sekali produk olahan susu berjulukan Yoghurt, umumnya dijual di supermarket dan minimarket. Yoghurt diketahui sebagai minuman rendah lemak, manfaantya membantu tubuh menjadi lebih ramping, alasannya kandungan yogurt yang mempu mengurangi efek dari perut kembung.

Sehingga yogurt juga berkhasiat untuk mengasasi problem ganggguan di pencernaan. Dimana basil berjulukan laktobasilus yang ada dalam yogurt, yang memiliki fungsi untuk merangsang kerja usus dan pencernaan, yang bermanfaat salah satunya untuk mengecilkan perut buncit.

14.  Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki kandungan serat yang tinggi, dan dikenal bisa melancarkan pencernaan serta menghindari penumpukan lemak pada perut. Berbagai studi menemukan hasil bahwa orang yang mengomsumsi kacang-kacangan secara cukup, memiliki peluang lebih besar untuk berhasil menurunkan berat badan.

Kacang-kacangan yang disarankan untuk dikonsumsi yaitu kacang mete, kacang merah, almond dan jenis lainnya yang terdapat kandungan serat tinggi.

15.  Oatmeal

Oatmeal menjadi salah satu makanan paling sering direkomendasikan untuk diet, termasuk untuk usaha mengecilkan perut buncit. Kandungan seratnya yang tinggi secara tidak pribadi bisa mensugesti kesuksesan acara diet.

Mengecilkan perut buncit dengan berolahraga

16. Jalan Cepat

Berjalan cepat sudah dapat untuk mengkremasi lemak, sehingga bisa mengecilkan perut buncit yang di alami. Jika  Anda tidak ada waktu untuk melaksanakan jalan cepat di luar ruangan, Anda bisa melakukannya dengan metode treadmill.

Untuk mengecilkan perut buncit ini, anda cukup melaksanakan kegiatan fisik yang moderat selama 30-50 menit dalam sehari, dengan 5-7 kali dalam seminggu. Durasi ini sudah cukup efektif dalam menghilangkan lemak berlebih yang ada di perut.

Adapun daerah latihan (fitness center) bekerjsama kurang efektif bila untuk menyingkirkan lemak di perut. Melakukan banyak Sit-up atau latihan perut setiap hari, maka tidak akan bisa meratakan perut bila perut masih dalam keadaan buncit. Kegunaan fitness center, utamanya untuk memperkuat otot perut.

17. Berlari

Seperti halnya jalan cepat, berlari dapat dilakukan diluar atau di dalam ruangan dengan menggunakan treadmill.

Berlari dengan kecepatan sedang maupun lari kalem sangat baik untuk mengecilkan perut, dan secara umum untuk menurunkan berat badan.

Apabila bosan melaksanakan olahraga di dalam ruangan, maka untuk lebih serunya bisa dengan mengajak sobat untuk jongging, sehingga lebih menyenangkan.

18. Bersepeda

Bersepeda, selain di luar ruangan, juga bisa dilakukan di dalam ruangan yaitu dengan menggunakan sepeda stasioner.

Tetapi disarankan bersepeda di luar ruangan, alasannya anda akan menghirup udara segar, sehingga lebih sehat dan seru. Bersepeda di luar ruangan merupakan pilihan terbaik.

19. Berenang 

Berenang juga dapat mengkremasi lemak, berenang dapat membangun otot dan juga membentuk tubuh ideal. Walaupun manfaatnya tidak sebesar berlari.

Berenang tetap bagus dilakukan untuk usaha mengecilkan perut buncit, menyerupai ketika anda bosan berolahraga berlari, maka bisa menggantinya dengan olahraga renang.

Tahapan lanjutan mengecilkan perut

Ktika lemak perut Anda sudah mulai terkikis, dan terlihat perubahannya setelah melaksanakan latihan kardio, maka saatnya yang sempurna untuk membentuk perut menjadi lebih indah.

Tapi, jangan terburu-buru melaksanakan gerakan sit up. Lakukanlah gerakan multijoint menyerupai squat atau pull up, alasannya lebih efektif untuk melatih otot perut dari pada gerakan isolasi menyerupai sit up. Selain itu Anda juga bisa melaksanakan bicycle crunch

20.  Squat

Squat jump cukup efektif untuk mengecilkan perut buncit, hanya saja olahraga ini lebih dikenal untuk latihan fisik mengecilkan paha yang besar. Efeknya pada perut ketika melaksanakan gerak jongkok yang berulang-ulang akan begitu terasa.

Saat pertama kali, biasanya tubuh adegan bawah akan terasa sedikit nyeri. Sehingga, disarankan ketika terasa inyeri itu (setelah beberapa lama latihan), maka segera istirahat hingga dirasa tidak ada rasa sakit lagi, lalu  melakukannnya lagi. Lakukan hingga terbiasa dan perlu rutin melakukannya, jangan hingga stop latihan hingga beberapa minggu.

21.  Sit Up

Sit up juga dapat mengkremasi lemak berlebih pada perut buncit. Caranya, pertama-tama tidurlah telentang dengan menghadap ke atas, lalu angkat tubuh adegan atas tanpa berpegangan dan kedua betis dan kaki tetap rapat di lantai ketika tubuh anda diangkat.

Hanya saja umumnya orang tidak mengusahakan biar kakinya tidak terangkat ketika mengangkat tubuh, untuk itu bisa menggunakan perlindungan orang lain, yang bertugas menahan kedua kaki ketika melaksanakan sit up ini. Sehingga efek pembakaran lemak bekerja dengan optimal.

Ada tambahan gerakan lainnya, yaitu dengan memiringkan tubuh sekitar 30 derajat kesamping (kiri-kanan) ketika mengangkat tubuh adegan atas. Fungsinya untuk semakin mengoptimalkan pembakaran lemak pada perut buncit adegan kiri dan kanan.

Sehingga, melakukannya dengan bergantian antara miring ke kiri dan ke kanan, biar terjadi keseimbangan pembakaran lemak dari kedua sisi perut.

Baca juga: 24 Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Alami

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "21 Cara Cepat & Ampuh Mengecilkan Perut Buncit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel