Ini Beliau Makanan Yang Dapat Diandalkan Ketika Sahur

tips supaya tidak simpel lapar ketika puasa Ini Dia Makanan yang Bisa Diandalkan ketika Sahur
Ini Dia Makanan yang Bisa Diandalkan ketika Sahur – Sahur ialah modal untuk berpuasa alasannya ialah harus menahan makan dan minum tetapi tetap menjalankan aktiftas. Makan sahur diharapkan supaya badan besar lengan berkuasa dan tidak lemas untuk berpuasa selama sekitar 12 jam. Selain itu aktifitas yang dilakukan juga tetap lancar. Sementara berbuka puasa penting menggantikan energy yang hilang selama berpuasa. Itulah mengapa ketika sahur dan berbuka selalu disarankan untuk mengonsumsi masakan yang bernutrisi. Sahur dan berbuka merupakan sumber nutrisi penting ketika puasa.

Nutrisi apa saja yang sempurna untuk sahur? Nutrisi tersebut ialah karbohidrat, protein, serat dan vitamin serta air dalam jumlah yang seimbang. Menurut dr. Johannes Chandrainata SpKG dalam wolipop.detik.com menuturkan dalam satu piring masakan yang dikonsumsi untuk sahur setidaknya mengandung seperempat karbohidrat contohnya berasal dari nasi putih atau nasi merah, seperempat protein contohnya telur atau ikan, dua pertiga sayur dan nantinya ditambah dengan buah. 

Alasan mengapa perlu diperbanyak protein dan sayur

  • Protein sangat disarankan alasannya ialah mempunyai kemampuan untuk membutuhkan waktu usang atau lambat dalam proses pencernaannya. Sehingga perut pun akan terasa kenyang lebih usang kesudahannya energi yang dimiliki pun juga lebih tahan lama. 
  • Begitu pula sayuran dan buah. Keduanya merupakan sumber serat paling baik. Serat membutuhkan proses usang untuk mencernanya sehingga lebih tahan lama. Sementara buah juga tidak hanya membantu memenuhi kebutuhan serat namun juga cairan. Sayur, buah dan protein merupakan campuran yang paling pas supaya energi ketika sahur lebih tahan lama.

Misalnya apabila sebelumnya telah menyebabkan ayam sebagai lauk ketika sahur bersama dengan sayur maka tidak ada salahnya mengonsumsi sumber protein lain ibarat sebutir telur rebus maupun tahu dan tempe. Agar lebih maksimal, nasi yang dikonsumsi ialah nasi merah.

Susu juga disarankan untuk dikonsumsi menjelang imsak. Hal ini dikarenakan susu mempunyai kandungan protein yang akan menciptakan perut tidak terlalu lapar. Mengapa? Karena susu pun penyerapannya oleh badan juga membutuhkan waktu lama. Selain itu kadar indeks glikemiks susu juga relatif rendah. 

Porsi yang dikonsumsi pun secukupnya saja. Karena bila konsumsi sajian sahur asal banyak tanpa melihat keseimbangan nutrisi yang dikonsumsi juga sama saja. Misalnya konsumsi lebih banyak nasi putih dibandingkan lauk. Memang akan terasa kenyang tetapi juga akan cepat merasa lapar. Mungkin akan berbeda apabila yang dikonsumsi ialah nasi merah, lauk dan sayuran. Hindari pula masakan lembut alasannya ialah akan menciptakan cepat merasa lapar. Hindari nasi yang lembut apalagi bubur. Kaprikornus sebaiknya bijak memilih sajian sahur yang akan dikonsumsi. Sehingga mempunyai modal untuk beraktifitas lebih lancar, tidak simpel lapar dan lelah ketika menjelang siang hari. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ini Beliau Makanan Yang Dapat Diandalkan Ketika Sahur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel