7 Jenis Penyakit Kurap Yang Perlu Diketahui

7 Jenis Penyakit Kurap Yang Perlu Diketahui - Penyakit kurap (ringworm/tinea) ialah jenis abuh jamur yang disebabkan oleh beberapa jamur berbeda dan biasanya dikelompokkan menurut lokasinya pada tubuh. Penyakit ini disebabkan oleh banyak sekali jenis jamur.

Jenis-jenis Kurap

1.Athlete,s Foot

Disebut juga kurap kaki, merupakan abuh jamur yang biasanya muncul pada cuaca panas/hangat. Biasanya disebabkan oleh trichophyton atau epidermophyton, yaitu jamur yang sanggup tumbuh di kawasan basah dan hangat, diantara jari-jari kaki.

Jamur sanggup mengakibatkan terbentuknya sisik-sisik sangat halus tanpa tanda-tanda lainnya atau sisik-sisik disertai ruam yang terasa gatal, kasar, dan mengakibatkan nyeri di sela-sela jari kaki dan tepian kaki. Juga sanggup berbentuk lepuhan yang berisi cairan. Jamur sanggup mengakibatkan kaki menjadi retak-retak sehingga terjadi abuh bakteri, terutama pada penderita usia lanjut dan penderita gangguan pemikiran darah ke kaki.

2.Kadas/Kurap di Selangkangan

Di sebut juga jick itch dan sanggup disebabkan oleh sejumlah jamur. Lebih sering ditemukan pada laki-laki dan lebih sering terjadi pada cuaca hangat. Infeksi mengakibatkan kemerahan berbentuk menyerupai cincin, kadang disertai lepuhan kecil di kulit sekitar selangkangan dan kulit paha atas belahan dalam. Bisa mengakibatkan gatal-gatal dan bahkan nyeri. Meskipun telah diobati sering terjadi abuh ulangan.

3.Kadas/Kurap di kulit Kepala

Penyebabnya ialah Tricophynton atau Microsporum. Penyakit ini sangat menular, terutama pada anak-anak. Bisa mengakibatkan terbentuknya ruam merah bersisik yang kadang terasa gatal atau mengakibatkan kerontokan rambut yang meninggalkan bercak pitak tanpa disertai ruam.

 4.Kadas/Kurap di Kuku

Penyakit kurap kuku (tinea unguium, onychomycosis) ialah abuh kuku paling sering yang disebabkan oleh Tricophyton. Jamur sanggup masuk ke dalam kuku, menghasilkan penebalan, tak bercahaya, dan kuku berubah bentuk. Infeksi lebih cukup sering terjadi pada kuku kaki dibandingkan kuku jari. Kuku kaki yang terinfeksi sanggup terlepas dari tempat tidur kuku, remuk, atau berserpihan.

5.Kadas/kurap pada badan

Penyebabnya ialah Tricophyton. Infeksi biasanya mengakibatkan ruam berwarna pink hingga merah yang kadang membentuk bercak bulat dan tengahnya jernih. Kadas/kurap tubuh sanggup ditemukan disetiap kulit tubuh.

6.Kadas/kurap pada jenggot

Jarang terjadi. Sebagian besar abuh yang menyerang janggut disebabkan oleh bakteri, bukan jamur.

7.Jock Itch (tinea cruris)

Jock Itch (tinea cruris) lebih umum pada laki-laki dibandingkan perempuan dan terjadi lebih sering di udara hangat. Infeksi tersebut mulai pada lipatan kulit pada kawasan kelamin dan sanggup menyebar menuju paha dalam belahan atas. Biasanya skrotum tidak termasuk (tidak menyerupai abuh jamur). Ruam mempunyai sisik, pinggiran merah jambu. Jock itch sanggup sangat gatal dan kemungkinan terasa sangat sakit. Orang yang rentan sanggup mengalami abuh berulang. Diagnosis ditegakkan menurut gejala-gejala yang ditemukan.

Pengobatan :

Jenis Obat Jamur Topikal:
  • Amorolfin
  • Butenafine
  • Ciclopirox
  • Clotrimazole
  • Econazole
  • Haloprogin
  • Ketokonazole
  • Miconazole
  • Naftifine
  • Nystatin (hanya Candida)
  • Oxiconazole
  • Selenium sulfide (shampo untuk panu)

Pencegahan:

Sulit untuk mencegah kurap. Jamur penyebab kurap sangat umum dan menular bahkan sebelum tanda-tanda muncul. Namun, Anda sanggup membantu mengurangi risiko penyakit kurap dengan mengambil langklah-langkah berikut ini.
  1. Didiklah diri Anda sendiri dan orang lain. Sadar akan resiko terinfeksi kurap dari orang atau binatang peliharaan. Beritahu Anak-anak Anda ihwal kurap, apa yang harus diperhatikan, dan bagaimana untuk menghindari infeksi.
  2. Tetaplah jaga kebersihan. Cuci tangan Anda untuk menghindari penyebaran infeksi.
  3. Tetap sejuk dan kering. Jangan menggunakan pakaian tebal untuk jangka waktu yang usang dalam keadaan hangat dan lembap. Hindari keringat berlebihan.
  4. Hindari binatang yang terinfeksi. Infeksi sering terlihat menyerupai sepotong kulit dimana bulu yang hilang. Dalam beberapa kasus, meskipun Anda mungkin tidak akan melihat adanya tanda-tanda penyakit. Tanyakan kepada dokter binatang untuk menyelidiki binatang peliharaan dan binatang peliharaan untuk kurap.
  5. Jangan membuatkan barang pribadi. Jangan biarkan orang lain menggunakan pakaian, handuk, sisir atau barang langsung lainnya. Tahan diri dari meminjam barang-barang dari orang lain.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "7 Jenis Penyakit Kurap Yang Perlu Diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel