32 Cara Ampuh Mengatasi & Mengurangi Gatal di Kulit Selangkangan

Untuk Anda yang pernah mencicipi gatal yang sangat pada selangkangan, tentu akan mengetahui beratnya penyakit ini.

Pada kali ini saya akan menjelaskan perihal cara mengatasi atau minimalnya mengurangi rasa gatal pada kulit selangkangan.

Area selangkangan yang gatal, biasanya tampak kemerahan atau tampak mengelupas. Selain itu, pada gatal selangkangan di adegan pinggir bisa tampak menyerupai bentuk kulit yang lecet.

Selakangan merupakan adegan tubuh yang rentan terkena serangan kuman atau bakteri.

Cara Ampuh Mengatasi & Mengurangi Gatal di Kulit Selangkangan

Penyebab gatal di selangkangan

Kuman ataupun jamur menjadi “aktor” dibalik rasa gatal pada tubuh, utamanya di selangkangan ini yang sangat menyiksa...

...hal itu karena adegan yang rentan untuk “dikuasai” jamur yaitu pada adegan lipatan-lipatan di tubuh.

Yang menjadi penyebab dari rasa gatal di selangkangan (lipatan di dalam paha) lainnya, menyerupai memakan makanan yang ternyata membuat tubuh alergi, yang menjadi penyebab selain dari serangan kuman dan jamur.

Makanan-makanan yang menyebabkan alergi umumnya yaitu udang, telur, ikan asin, ikan tongkol dan yang lainnya. Sehingga perlu dibatasi konsumsinya.

Kemudian yang sangat penting yaitu ada pada aktifitas sehari-hari. Bakteri dan kuman sangat mudah menyerang adegan tubuh yang kurang diperhatikan kebersihannya.

Dimana yang sering terjadi yaitu kondisi selangkangan yang terlalu sering lembab, apalagi jarang dibersihkan sehingga jamur berkembang dengan sangat cepat disana.

Umumnya gatal selangkangan merupakan infeksi jamur di adegan terluar dari kulit. Infeksi yang juga dikenal sebagai tinea cruris ini bisa juga menyerang adegan terluar dari rambut atau kuku.

Selangkangan menjadi adegan tubuh yang menjadi tempat jamur berkembang biak dengan cepat karena kondisinya yang lembab dan hangat. Infeksi jamur pada selangkangan tidak jarang disertai rasa nyeri.

Khususnya bagi penderita diabetes dan obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami gatal pada selangkangan akhir infeksi jamur.

Selain infeksi jamur, penyebab gatal pada selangkangan karena terjadinya iritasi dari pakaian dalam yang terlalu ketat, infeksi basil pada vagina wanita, infeksi kulup pada pria (akibat kurang bersih), kudis dan lainnya.

Cara mengurangi dan mengatasi rasa gatal di selangkangan

#1. Pertama-tama Anda harus tenangkan diri dulu
Rasa gatal yang dialami akan sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. Sehingga untuk menetralisir duduk perkara ini, penting untuk membuat pikiran Anda setenang mungkin.

Hindari memikirkan hal yang memberatkan pikiran karena akan membuat Anda menjadi sangat menderita. Jangan memikirkan hal yang tidak perlu dan aneh-aneh.

Dengan pikiran dan jiwa yang damai maka Anda dapat lebih nyaman ketika diserang rasa gatal menyerupai itu.

Hal lainnya supaya Anda bisa lebih nyaman, tata kamar atau ruangan tempat Anda berada dengan rapih. Rapihkan kasur tidur, bantal, guling, benda-benda lainnya dan lipat selimut Anda. Sehingga hal ini membuat mood Anda menjadi bagus.

#2. Jangan menggunakan celana ketat
Sangat penting menghindari penggunaan celana ketat atau sempit, karena nantinya kulit pada lipatan paha akan terasa panas, yang berakibat banyak keringat di selangkangan.


#3. Pilih celana dalam yang bisa menyerap keringat
Disarankan untuk Anda, supaya membeli celana dalam yang bisa dengan baik menyerap keringat. Hal ini sangat penting untuk menghindari selangkangan mengalami kelembapan.

#4. Mandi yang baik
Mandi sangat baik untuk membersihkan badan, selain itu juga membuat pikiran menjadi damai dan tubuh pun dalam kondisi prima.

Disarankan ketika mandi, gunakan sabun antiseptik untuk membersihkan badan, manfaatnya untuk membersihkan kulit dari basil dan jamur.

Sebuah bencana besar jikalau seseorang malas untuk mandi. Hendaknya paling sedikit mandi 2 kali dalam sehari.

#5. Jangan lupa ganti pakaian menjadi bersih
Pastikan pakaian yang Anda gunakan dalam keadaan yang bersih, serta hindari keringat berlebih pada adegan selangkangan.

Untuk itu, ketika Anda mengalami keringati maka segera ganti celana dalam supaya basil tidak berkembang disana.

#6. Gunakan obat atau salep
Anda bisa membeli salep berbahan kimia, karena ini memang bagus, tetapi tentu supaya aman maka ikuti cara pemakaiannya dengan benar, kalau bisa dengan resep atau saran dari dokter. Sehingga menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Mengatasi gatal pada selangkangan akhir jamur dapat menggunakan krim atau bedak antijamur. Sebelum memakainya, basuh bersih adegan tubuh yang terinfeksi dengan air. Disarankan mencuci dengan sabun juga.

Oleskan krim atau bedak secara merata dan teratur. Dalam penggunaan, ikuti petunjuk pemakaian dengan tepat.

Walaupun gejala mereda, jangan hentikan penggunaan yang terlalu cepat. Akan tetapi tetap mengikuti frekuensi dan lamanya waktu pemakaian sesuai yang tertera pada label produk.

Pada laman tanya jawab kesehatan Meetdoctor.com, seorang berjulukan hadi menanyakan apa merek obat untuk jamur atau Iritasi penyebab gatal di selangkangan?

Pertanyaan ini dijawab oleh dr. Yunisa Astiarani, seorang dokter umum:

“Sebaiknya anda memeriksakan diri dulu pada dokter untuk memastikan penyebab gatal. karena bisa disebabkan oleh basil atau jamur atau alergi yang membutuhkan penanganan yang berbeda dan berlawanan.

kelainan karena jamur biasanya berbentuk menyerupai pulau dengan pinggir pulau kemerahan dan makin melebar, untuk jamur, anda bisa menggunakan krim ketokonazole yang dioleskan hingga 2-3 kali perhari.

namun jikalau kelainan cukup luas, anda dianjurkan untuk mengonsumsi obat minum, menyerupai griseofulvin atau ketokonazole tablet yang dosisnya harus diadaptasi dengan kelainan. Harus dibawah pengawasan dokter.

selain itu harus menjaga supaya tempat selangkangan tetap kering dan tidak lembab, dengan lebih sering mengganti pakaian dalam, terutama setelah aktifitas fisik”.

#7. Jangan sering menggaruk
Orang yang mengalami rasa gatal di selangkangan akan suka menggaruk. Sehingga, penting untuk diingat supaya mengurangi harapan untuk menggaruk ini.

Ketika gatal pada selangkangan akhir jamur sering digaruk, maka menyebabkan resiko terjadinya infeksi bakteri. Jika hal ini terjadi, mungkin dibutuhkan pengobatan antibiotik. Namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan antibiotik harus di bawah pengawasan dokter.

#8. Rajin membersihkan tubuh
Ini yang harus selalu dinggat, membershikan tubuh terutama pada adegan selangkangan, karena kondisinya yang sangat lembab.

Menjaga area selangkangan tetap bersih dan kering merupakan salah satu kunci untuk mencegah infeksi jamur, sehingga mencegah timbulnya rasa gatal.

Setelah olahraga pastikan Anda untuk segera mandi. Keringkan tubuh (terutama pada selangkangan) setelah Anda mandi. Lalu gunakan pakaian yang bersih.

Hindari terlalu lama mengenakan pakaian atau celana yang lembap atau basah, menyerupai setelah Anda berolahraga atau berenang

loading...

#9. Ketahui penyebab gatal pada selangkangan
Sulit untuk bisa mengatasi duduk perkara secara tuntas tanpa mengetahui apa masalahnya. Oleh karena itu penting mengetahui apa saja kemungkinan penyebab gatal pada selangkangan, yaitu:

—Infeksi Jamur, merupakan penyebab tersering gatal di selangkangan. Jamur mudah tumbuh pada selangkangan karena kondisinya lembab apalagi jikalau kurang bersih. Ciri khas dari jamur pada selangkangan yaitu berwarna merah-coklat hingga kehitaman dengan batas tegas menyerupai pulau, kulit bersisik atau mengelupas. Rasa gatal semakin parah ketika berkeringat.

—Intertrigo, merupakan peradangan pada kulit (dermatitis) yang hanya mensugesti lipatan kulit. Terjadi ketika kulit teriritasi oleh ukiran antar kulit atau dengan pakaian, yang diperburuk oleh kondisi yang lembab dan panas, juga kondisi tubuh yang obesitas. Gejala Intertrigo yaitu kemerahan pada kulit, rasa terbakar, dan gatal-gatal di lipatan kulit termasuk lipat paha atau selangkangan.

—Infeksi Bakteri. Infeksi basil yang ditandai dengan gatal diselangkangan berwarna kemerahan dan terbentuk nanah. Jika parah bisa menimbulkan rasa nyeri dan demam.

—Scabies, merupakan peradangan kulit disebabkan oleh kutu Sarcoptes scabei. Salah satu tempat bersarangnya yaitu kulit yang tipis menyerupai sela-sela jari, perut, dan tempat selangkangan. Gejalanya: rasa gatal pada kulit terutama di malam hari.

—Reaksi alergi, pemicunya: iritasi kimia menyerupai deterjen, semprotan tubuh, pelembut kain, busa kontrasepsi, dll. Yang kemudian bisa menyebabkan pembentukan gatal, ruam merah pada selangkangan.

Penyebab lainnya yang memicu gatal di selangkangan yaitu kutu kemaluan (Phthirus pubis).

#10. Hindari makanan pantangan
Untuk sementara waktu ketika mengalami gatal, Anda perlu menghindari segala makanan (pantangan) yang menimbulkan kulit menjadi gatal. Berikut makanan yang perlu Anda hindari (batasi) konsumsinya:

Telur
Telur perlu dihindari bagi orang yang mengalami kulit gatal karena kandungan yang terdapat di dalam telur menimbulkan kulit menjadi terangsang yang memicu terjadinya ruam (kulit berwarna kemerahan).

Seafood
Seafood menjadi pantangan untuk Anda yang mengalami gatal pada kulit, yang berkemungkinan besar jikalau memakannya maka kulit bisa beresiko mengalami gatal. Yang dimaksud makanan seafood ini,  diantaranya kepiting, cumi-cumi, udang dan tiram.

Tepung Terigu
Saat menderita penyakit gatal sebaiknya mengurangi konsumsi tepung terigu. Dalam kondisi tubuh tertentu tepung terigu bisa menimbulkan alergi pada kulit.

Batasi konsumsi garam
Garam sesungguhnya sangat baik untuk menyembuhkan gatal di tubuh dengan cara merendam kulit yang gatal dengan air hangat dicampur garam. Akan tetapi cukup banyak mengkonsumsi garam justru bisa memicu gatal.

Garam memiliki kandungan natrium yang akan menyerap air di dalam tubuh. Dehidrasi atau kekurangan cairan membuat kulit menjadi kering, yang memicu gatal.

Ikan
Ikan dan beberapa jenis daging dapat memicu reaksi alergi kulit, membuat timbulnya rasa gatal.
Selain itu menimbulkan infeksi kulit. Ada banyak jenis ikan laut yang beresiko menimbulkan reaksi alergi atau gatal, menyerupai ikan kembung, kakap, tongkol, tuna, sardin, makerel, dan salmon.

Kacang
Berdasarkan apa yang telah dijelaskan oleh jago gizi, bahwa mengkonsumsi kacang bagi penderita kulit gatal menimbulkan alergi dan ruam pada kulit.

 Kacang Kedelai
Pada kacang kedelai mengandung Phytoestregen, pada orang yang mengalami gatal-gatal pada kulit tidak disarankan mengkonsumsinya, karena memicu timbulnya rasa gatal.

Susu Sapi
Susu sapi kaya akan allergen utama menyerupai protein kasein dan beta lactoglubin. Dimana para jago menyebutkan, bahwa ketika susu sapi bisa merangsang alergi pada tubuh, menyerupai duduk perkara kulit gatal, sakit perut dan rasa mual.

Hal lainnya yang perlu diperhatikan dalam mengatasi gatal di selangkangan:

#11. Disarankan memilih pakaian dalam yang terbuat dari materi katun.

#12. Jangan menggunakan pakaian dalam atau celana yang terlalu ketat.

#13. Segera basuh pakaian, pakaian dalam, kaus kaki, atau handuk tiap kali setelah dipakai.

#14. Jangan membuatkan baju atau handuk dengan orang lain.

#15. Ketika berada di kamar mandi yang digunakan untuk umum, gunakan bantalan kaki.

#16. Hindari terlalu lama mengenakan pakaian atau celana lembap atau basah, misalnya setelah Anda berolahraga atau berenang.

#17. Disarankan mengenakan celana longgar, karena gatal di selangkangan bisa dipicu karena mengenakan celana yang ketat. Selain celana longgar, pilih materi yang baik dalam menyerap keringat.

#18. Tepat setelah final berolahraga, pastikan untuk tidak segera menggantu pakaian dalam dan celana karena sudah penuh dengan keringat. Jamur rentan berkembang biak di selangkangan dan paha.

#19. Ketika berbelanja untuk pakaian dalam dan renang, hindari untuk mencobanya secara langsung. Selain itu, sebelum memakai pakaian dalam dan renang yang gres dibeli maka basuh terlebih dahulu.

#20. Hindari penyebaran infeksi jamur dari kaki ke selangkangan. Caranya: Keringkan dan pastikan bersih adegan kaki sebelum mengenakan celana. Lalu gunakan kaus kaki sebelum mengenakan celana, hal ini untuk meminimalisir penularan dari kaki ke celana lalu ke selangkangan.


#21. Hindari penggunaan produk menyerupai deodoran di tempat selangkangan atau produk lainnya yang berpotensi mengiritasi kulit dan membuat gatal semakin parah.

#22. Lebih rajinl untuk membersihkan adegan selangkangan setiap hari dan keringkan sebelum memakai pakaian dalam.

#23. Ganti pakaian dalam setiap harinya. Terutama pakaian celana dalam. Jangan memakai pakaian yang sama dalam dua hari.

#24. Mulai sekrarang, rajinlah untuk mandi menggunakan sabun Antiseptic.

#25. Periksa apakah ada infeksi jamur atau kutu air dari kaki. Hal tersebut perlu diperhatikan karena berisiko penyebaran jamur ke adegan selangkangan.

Camuan mengobati gatal di selangkangan
Pada beberapa laman web menyebutkan beberapa cara atau ramuan tradisional untuk mengobati gatal di selangkangan, berikut saya kumpulkan di bawah ini:

#26. Terapi menggunaan es
Jika diperlukan, terapkan es atau kompres hambar pada selangkangan yang berfungsi untuk mengurangi peradangan dan gatal.

#27. Menggunakan daun sirih
Cara membuat ramaun untuk mengobari gatal di selangkan: Pertama-tama siapkan 10 lembar daun sirih yang telah dicuci bersih. Gunakan 5 lembar untuk digosok-gosokkan ke adegan yang gatal, dan 5 lembar sisanya direbus selama 2 hingga 5 menit.

Cara penggunaannya, pada setiap 1 lembar daun sirih digunakan untuk 1 kali gosokan pada tempat yang gatal lalu buang daun sirih yang telah dipakai, lalu ganti daun sirih yang gres dan begitu seterusnya.

Setelah itu, basuh selangkangan menggunakan air rebusan daun sirih tersebut. Ingat, tunggu air rebusan hingga hangat, gres gunakan setelahnya.

Penggunaan ramuan daun sirih ini untuk menghilangkan rasa gatal diselangkangan secara perlahan.

#28. Membilas dengan air garam
Bakteri dan jamur yang menyerang akan dilawan oleh kandungan antibakteri pada garam. Caranya, pertama-tama siapkan air garam untuk membilas area yang gatal.

Secara instan air garam ini akan meredakan rasa gatal pada selangkangan, serta mencegah perkembangan bakteri.

#29. Menggunakan asam gelugur dan asam kendis
Asam gelugur dan asam gendis mencegah pertumbuhan jamur pada selangkangan. Cara membuat ramuannya: pertama-tama siapkan asam gelugur atau asam kendis yang masih cokelat secukupnya.

Lalu rebus campuran air dengan asam tersebut hingga 5 hingga 10 menit. Lalu balurkan ramuan tersebut pada selangkangan. Lakukan secara rutin 2 hingga 3 kali setiap harinya.

#30. Menggunakan daun kecubung dan minyak kelapa
Siapkan 25 gram daun kecubung dan minyak kelapa secukupnya. Cara membuat ramuannya: tumbuk daun kecubung hingga halus lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya.

Lalu panaskan ramuan tersebut 2 hingga 5 menit. Ketika masih hangat, oleskan ramuan tersebut pada selangkangan. lakukan secara rutin 2 hingga 3 kali setiap harinya.

#31. Menggunakan bayam duri
Cara penggunaannya: Sispan 5 hingga 10 lembar daun bayam duri yang telah dicuci bersih, lalu potong menjadi beberapa bagian.

Rendamlah bayam tersebut menggunakan air bersih. kemudian rebus bayam sekitar 10-15 menit dan tambahkan sedikit garam lalu aduk hingga merata.

Gunakan air rebusan ketika masih hangat tersebut untuk mengompres adegan selangkangan.

#32. Menggunakan lengkuas, bawang putih dan cuka
Siapkan bahan: lengkuas, bawang putih dan cuka secukupnya. Cara membuat ramuannya: pertama-tama basuh lengkuas dan bawang putih hingga bersih.

Lalu giling hingga halus dan tambahkan cuka. Setelah bahan-bahan tersebut tercampur menyerupai lulur, lalu oleskan secara merata pada selangkangan.

Penutup
Melakukan pengobatan gatal pada selangkangan sesungguhnya harus berdasarkan penyebab dasarnya. Jika Anda ragu mengenai penyebabnya, disarankan memeriksakan diri ke dokter.

Dengan memeriksakan diri ke dokter dan menjalani tes medis yang sesuai, penyebab dasarnya bisa diketahui, kesannya Anda memperoleh cara pengobatan yang tepat.

Adapun penyakit menular seksual harus menerima penanganan dokter, contohnya resep antibiotik untuk penderita sifilis, prosedur medis pengangkatan kutil dan banyak referensi lainnya, maka perlu penanganan dokter.

Ada beberapa kondisi gatal di selangkangan yang mengharuskan Anda segera menemui dokter, yaitu:
  1. Setelah dua ahad pengobatan menggunakan krim atau bedak antijamur, gejala tidak membaik. Bahkan mungkin semakin buruk kondisi penyakit.
  2. Gatal pada selangkangan terjadi secara berulang-ulang dalam sehari.
  3. Infeksi terlihar semakin parah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "32 Cara Ampuh Mengatasi & Mengurangi Gatal di Kulit Selangkangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel