Cara Benar Mencuci Peralatan Makan Agar Bebas E Coli

Perihal mencuci peralatan makan yaitu hal yang penting alasannya yaitu menyangkut problem kesehatan. Terutama peralatan makanan bayi supaya dapat terbebas dari kuman E-coli.

Dalam sebuah studi diakhir-akhir ini yang dilakukan oleh para ahli, studi tersebut melibatkan 139 ibu rumah tangga, dan 599 bayi berusia 6-12 bulan di wilayah Solok, Sumatera Barat.

Hasil studi, ternyata sekitar 74% peralatan makan bayi terkontaminasi dengan kuman E coli.

Cara Benar Mencuci Peralatan Makan Agar Bebas E Coli
Sumber gambar: Pixabay.com

Kontaminasi kuman E coli menyebabkan bayi terkena resiko tinggi penyakit diare, dimana penyakit ini tergolong sangat berbahaya, apabila tidak ditangani secara sempurna akan dapat menyebabkan kematian.

 “Pada 2006, World Health Organization (Organisasi kesehatan dunia) merilis lima cara pencucian peralatan makan yang sempurna untuk menghindari seluruh anggota keluarga dari penyakit,” kata Aria Kusuma yang dikala itu dalam disertasinya untuk meraih aktivitas doktor di Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia, Depok.


Adapun cara pencucian peralatan makan yang baik dan benar, pertama sisa makanan pada peralatan makan harus dibuang ke kawasan sampah.

Kemudian peralatan harus dicuci dalam air yang diberi sabun yang cukup dengan menggunakan kain atau sikat untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel.

Setelah peralatan makan disabuni, kemudian dibilas dengan air hangat. Peralatan makan juga bisa dibersihkan dengan menggunakan larutan desinfektan.

Hal terakhir dalam mengeringkan peralatan makan, dapat Anda anginkan supaya cepat kering atau dilap dengan menggunakan lap bersih atau tisu sekali pakai.

Penting! Pastikan lap yang digunakan untuk mengelap / mengeringkan peralatan makan, kondisinya benar-benar bersih. Cuci lap secara berkala, jika bisa setiap hari maka lebih bersih dan sehat.

Karena menggunakan lap yang agak kotor, sudah dapat menyebabkan penyebaran kuman dan kuman yang menjadikan penyakit.

Jangan tunda basuh piring
Biasakan pribadi mencuci alat masak dan makan (terutama yang berminyak) setelah digunakan. Jangan biarkan tergeletak lama dan sembarang ditumpuk, ataupun terendam lama di kolam basuh piring.

Hal itu alasannya yaitu akan menjadikan bau. Anda bisa menggunakan cuilan jeruk lemon untuk menghilangkan noda-noda membandel.

Buang sisa makanan dan minuman
Bersihkan dulu sisa-sisa makanan, tampung dalam kantung atau plastik supaya sampahnya tidak menyumbat susukan air pada kawasan basuh piring.

Pisahkan alat masak
Rendam atau siram dengar air panas pada alat masak yang kotor alasannya yaitu lemak dan minyak. Air panas bisa melunturkan sisa lemak.

Jangan merendam peralatan dapur dari kayu di dalam air alasannya yaitu akan cepat retak. Cukup membersihkan memakai spon kering.

Adapun pada alat masak berbahan stainless steel, maka jangan memakai alat pembersih yang kasar, alasannya yaitu dikhawatirkan akan menggores.

Dalam mencuci, dahulukan gelas, cangkir, dan sendok-garpu
Gelas, cangkir, sendok dan garpu berinteraksi pribadi dengan verbal kita. Sehingga supaya terhindar dari sisa minyak atau bumbu pada spon, maka harus yang paling pertama untuk dicuci.

loading...

Ganti air
Jika mencuci dalam bak, pastikan airnya benar-benar bersih, terutama air yang digunakan untuk membilas (finishing).

Gantilah air ketika sudah tampak keruh. Adapun bagi Anda yang mencuci di wastafel (air mengalir) maka hematlah menggunakan air.

Caranya, usap dulu semua peralatan dengan sabun, setelah itu gres dibilas semuanyadengan air. Cara ini akan lebih menghemat waktu dan air.

Bersihkan kawasan mencuci
Penting untuk rutin membersihkan kolam basuh piring atau wastafel dan wadah penyaring kotoran supaya tidak berjamur.

Selalu membuang sabun bekas mencuci dan bersihkan spon selesai dipakai. Bersihkan juga area sekitar kran air supaya terhindar dari bakteri.

Khusus panci dan penggorengan
Peralatan masak selalu meninggalkan noda dan sisa makanan yang sulit dibersihkan. Tapi jangan menggosoknya dengan sikat yang terbuat dari metal, alasannya yaitu akan merusak lapisan anti lengket pada panci atau wajan.

Yang benar yaitu menggunakan spons dengan episode permukaan yang bergairah untuk membersihkannya.


Proses Penyelesaian
Buang air dari ember, bejana atau wastafel bekas mencuci, lalu keringkan permukaannya dengan lap bersih.

Periksa apakah ada sisa kotoran di bawah wastafel. Jika ada, segera bersihkan dan buang. Gunakan cairan desinfektan secara terpola di lubang wastafel, untuk mencegah penumpukan minyak dan lemak di bawah lubang wastafel.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Benar Mencuci Peralatan Makan Agar Bebas E Coli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel