Obat Asma Cegah Penyebaran Kanker Payudara

Obat asma yang biasa dipakai di Jepang dan Korea untuk mengobati asma diketahui bisa menghentikan penyebaran sel-sel kanker payudara yang biasanya tahan terhadap kemoterapi, berdasarkan penelitian baru.

Obat asma yang biasa dipakai di Jepang dan Korea untuk mengobati asma diketahui bisa me Obat Asma Cegah Penyebaran Kanker Payudara
Foto: Flickr

"Tranilas, obat yang disetujui penggunaannya di Jepang dan Korea Selatan telah dipakai lebih dari dua dekade untuk mengobati asma dan gangguan alergis lainnya termasuk alergi rinitis dan dermatitis atopik," kata Dr. Gerald Prud'homme.

Dr. Prud'homme yaitu patolog yang memimpin studi tersebut. Dia menambahkan: "Saat ini, studi kami merupakan yang pertama menemukan bahwa obat tersebut bisa menghentikan kanker payudara dari proses penyebarannya serta bagaimana obat tersebut mengincar sel-sel kanker payudara." Demikian menyerupai yang dikutip dari Physorg, Rabu (03/11/10).

Para peneliti menumbuhkan sel-sel punca kanker payudara yang memperlihatkan peningkatan sel-sel kanker lain dalam pembiakan. Sel-sel tersebut disuntikkan ke dua kelompok tikus termasuk satu kelompok yang juga dirawat dengan tranilas. Dr. Prud'homme dan para koleganya menemukan obat itu mengurangi pertumbuhan tumor utama yang mempunyai sifat kanker pada angka 50 persen dan mencegah penyebaran kanker tersebut ke paru-paru. Para peneliti juga mengidentifikasi sebuah molekul dalam sel kanker itu yang terikat pada tranilas dan kelihatannya merupakan penyebab imbas anti kanker ini.

Tranilas terikat dengan sebuah molekul yang dikenal sebagai reseptor hidrokarbon aril yang mengatur pertumbuhan sel dan beberapa aspek imunitas. Hal ini menciptakan obat tersebut bermanfaat dalam mengobati aneka macam alergi, penyakit radang dan kanker.

"Untuk pertama kalinya kami bisa memperlihatkan bahwa tranilas memperlihatkan cita-cita bagi pengobatan kanker payudara pada tingkat yang biasanya sangat ditolerir oleh pasien-pasien yang memakai obat tersebut untuk mengobati penyakit lainnya," kata Dr. Prud'homme.

"Hasil ini sangat memperlihatkan cita-cita dan kami sedang memperluas studi kami. Studi-studi yang lebih jauh lagi dibutuhkan untuk memilih apakah obat tersebut efektif terhadap tipe kanker payudara berbeda serta kanker lainnya, serta interaksinya dengan obat-obatan anti kanker," tutupnya.

Studi ini dipublikasikan di jurnal PLoS ONE (03/11/10).

http://www.plosone.org/article/info%3Adoi%2F10.1371%2Fjournal.pone.0013831

Kategori Terkait:
Informasi Terkait:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Obat Asma Cegah Penyebaran Kanker Payudara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel