5 Penyebab Angka Kematian Ibu Yang Tinggi Saat Melahirkan

Negara Indonesia masih dibilang dan berpotensi sebagai negara yang gagal dalam mencapai target tujuan pembangunan milenium pada 2015. Salah satu yang menjadi penyebabnya yakni sulitnya menekan angka simpulan hidup ibu ketika melahirkan.

Angka simpulan hidup ibu melahirkan di negara kita ini termasuk tinggi jikalau dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya...

Sehingga keadaan ini sudah selayaknya menjadi perhatian pemerintah dan juga semua pihak untuk berperan dalam upaya menurunkan angka simpulan hidup ibu.

Dimana angka simpulan hidup Ibu  berkaitan bersahabat dengan layanan dan kemudahan kesehatan di masyarakat dan juga pengetahuan masyarakat sendiri ihwal hal ini.

Demikian juga simpulan hidup pada ibu hamil ini akan berkaitan secara eksklusif pada angka simpulan hidup bayi. Angka simpulan hidup ibu ketika melahirkan dipengaruhi oleh beberapa keadaan, seperti:
  • Kondisi kesehatan badan sang Ibu menjelang kehamilan.
  • Terjadi banyak sekali komplikasi pada kehamilan dan proses kelahiran.
  • Fasilitas pelayanan kesehatan.

Beberapa penyebab simpulan hidup ibu ketika melahirkan di Indonesia, yaitu yang pertama karena Pendarahan...

Dimana pendarahan menjadi penyebab utama dari meningkatnya angka simpulan hidup ibu, 20-50 persen simpulan hidup disebabkan karena adanya pendarahan yang tidak terkontrol.

Penyebab selanjutnya yang kedua, yaitu  karena Eklamsia.

Penyebab yang ketiga karena benjol kuman yang terjadi di uterus (rahim) yang disebut dengan Sepsis... Yang umumnya terjadi beberapa hari setelah melahirkan.

Penyebab yang keempat yaitu karena Infeksi. Infeksi termasuk penyebab yang tidak eksklusif penyebab kematian. Infeksi biasanya berupa malaria, tuberkulosis dan hepatitis.

Kemudian, penyebab kelima yaitu gagal paru, yang merupakan kegagalan pernapasan akut, dan beresiko tinggi menjadikan kematian. Dimana pada gagal paru ini terjadi setelah proses persalinan.

Angka simpulan hidup ibu yang sedang melahirkan di Indonesia menurut survei demografi dan kesehatan Indonesia (SDKI) mencapai 307 dari 100.000 kelahiran hidup.

Untuk itu pemerintah dan khususnya untuk Kementrian Kesehatan (Kemenkes) harus bekerja keras untuk menurunkan seminimal mungkin angka simpulan hidup pada Ibu ketika melahirkan.

Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "5 Penyebab Angka Kematian Ibu Yang Tinggi Saat Melahirkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel