22 Manfaat Rajin Olahraga Jogging 20-30 Menit Setiap Hari

Berbeda dengan sprint atau lari cepat yang dapat membuat tubuh cepat lelah, nyeri otot bahkan cedera, pada olahraga Jogging relatif suasana menjadi lebih kalem dan menyenangkan...

...dan dapat menjadi lebih menyenangkan apabila kita melaksanakan jogging bersama dengan teman-teman.

Waktu yang sangat diutamakan untuk melaksanakan jogging yaitu pada pagi hari, tetapi boleh juga bekerjsama jongging pada sore hari.

Ada cukup banyak manfat dari melaksanakan jogging, yang terang setelah jogging tubuh akan terasa lebih fresh atau segar ibarat halnya setelah melaksanakan olahraga lainnya.

Kamu dapat melaksanakan Jogging di taman, jalan akrab rumah, atau juga pantai kalau tinggal di pesisir pantai.

Adapun aktifitas Jogging paling baik dilakukan ketika menjelang matahari terbit sehingga tubuh akan terkena hangatnya sinar matahari.

Manfaat Rajin Olahraga Jogging 20-30 Menit Setiap Hari

Manfaat rajin melaksanakan olahraga jogging

Rutinitas Jogging dapat dilakukan selama 20-30 menit setiap harinya, tergantung dari kondisi tubuh dan juga waktu luang yang dimiliki (tetapi jangan berlebihan juga).

Berikut di bawah ini manfaat dari rutin melaksanakan olahraga jogging:

1. Menurunkan berat badan

Tidak disangkal lagi bahwa rajin jogging sangat membantu untuk cepat tercapainya agenda penurunan berat tubuh (diet) pada seseorang. Karena jogging akan meningkatkan metabolisme dan akan memperabukan kalori dengan cepat.

Jogging memperabukan lemak di dalam tubuh, sehingga dapat mengurangi lemak berlebih, utamanya di perut, pinggul dan pinggang (bahkan sebagian besar menargetkan mengatasi lemak di perut).

Alhasil, menawarkan manfaat untuk menurunkan berat badan. Dengan melaksanakan jogging juga menawarkan manfaat bentuk tubuh yang lebih langsing dan juga terlihat padat.

Jika Kamu telah berusaha sangat keras menyingkirkan lemak perut, tetapi tidak berhasil, maka Kamu harus mencoba olahraga joging ini secara rutin...

...karena jogging merupakan latihan pembakaran lemak yang sangat baik. Ketika melaksanakan jogging, kalori dalam tubuh di bakar lebih cepat 2 kali lipat di bandingkan hanya dengan berjalan kaki.

Kamu tidak diwajibkan punya keanggotaan Gym!

Siapa bilang untuk menurunkan berat tubuh membutuhkan banyak biaya?

Dimana jogging dan olahraga lainnya tidaklah memerlukan biaya apa pun, alasannya yaitu yang penting bagaimana caranya tubuh dapat terus bergerak dengan melaksanakan jogging.

Sehingga Kamu tidak diwajibkan untuk masuk keanggotaan Gym, walaupun memang bekerjsama dengan masuk ke klub ibarat itu, menawarkan manfaat biar Kamu bisa lebih termotivasi dan rajin dalam melaksanakan jogging.

Tetapi dengan rajin berolahraga, maka hal sudah sangat baik sekali.

2. Meningkatkan Stamina

Rajin olahraga jogging bisa meningkatkan stamina tubuh, serta berdampak faktual dalam kehidupan sehari-hari.

Peneliti yang berasal dari Universitas Georgia di tahun 2008 pernah melaksanakan penelitian bahwa orang yang rajin melaksanakan jogging akan mengalami peningkatan level energi hingga 65 persen.

Sehingga, jogging juga sangat baik untuk orang yang sering mengalami lesu alasannya yaitu pekerjaaan, sehingga nantinya tubuh dapat kembali fresh, fit dan bersemangat.

3. Menurunkan resiko penyakit

Dengan melaksanakan Jogging, maka dapat meningkatkan kekebalan tubuh, artinya tubuh Kamu dapat lebih terlindung dari serangan penyakit sehingga tidak mudah sakit.

Jogging membantu untuk menurunkan resiko penyakit ibarat kanker, stroke jantung, hipertensi, diabetes, osteoporosis, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan melaksanakan jogging, akan memperkuat jantung sekaligus menjaga tekanan darah, sehingga meminimalkan terjadinya serangan jantung .

Kemudian, paru-paru juga akan  menjadi kuat, membuat tubuh bisa menghirup oksigen dengan lebih baik lagi. Yang manfaatnya, meningkatkan kapasitas darah untuk mengangkut lebih banyak nutrisi penting ke seluruh organ tubuh.


4. Membuang stres dan membuat bahagia

Rajin olahraga jogging dapat menjaga mood yang baik. Karema, umumnya rasa bahagia bisa muncul dengan sering melaksanakan olahraga. Selain itu dapat menghilangkan kepenatan dari sebuah pekerjaan panjang yang membuat jenuh.

Jogging akan menawarkan rasa nyaman dan damai dalam pikiran, yang mumbuat kita terhindar dari stress.

Apalagi jogging bisa dilakukan bahu-membahu maka lebih menyenangkan, yang sangat baik untuk kondisi psikologis kita, dan menjaga mood tetap baik sepanjang hari.

Sehingga, jogging dapat Kamu manfaat untuk menghilangkan kepenatan yang sangat terasa, dengannya tubuh akan menikmati olahraga ini sambil menghirup udara segar.

Saat jogging, tubuh memproduksi hormon yang disebut endorfin. Hormon inilah yang menawarkan rasa bahagia sehingga membantu menghilangkan stres.

5. Memperbaiki nafsu makan

Dengan melaksanakan olahraga maka metabolisme tubuh akan bekerja semakin baik dan meningkat, hal ini menawarkan manfaat untuk meningkatkan nafsu makan.

Karena memang biasanya setelah olahraga, akan muncul impian untuk makan. Tetapi yang perlu diingat, jangan berlebihan dalam makan.

Untuk itu jogging dapat Kamu manfaatkan dalam rangka mengatasi dilema nafsu makan rendah.

6. Melawan penuaan.

Manusia seiring dengan bertambahnya usia, maka kepadatan otot dan tulang akan berkurang.

Dengan rajin olahraga jogging, maka setidaknya dapat membantu untuk mengurangi resiko penuaan yang terlalu cepat. dan kesehatan tulang akan terjaga.

Selain itu juga dapat membuat kulit menjadi terlihat lebih cerah, alasannya yaitu pedoman darah yang dapat berjalan dengan lancar.

7. Lebih tahan banting

Orang yang rajin dalam melaksanakan Jogging hakikatnya juga melatih dirinya menjadi tahan banting baik secara fisik maupun mental.

Karena untuk melaksanakan Jogging secara rutin, diharapkan kerja keras melawan segala godaan yang dapat melunturkan motivasi / semangat jogging...

,,,seperti rasa kantuk, malas dan sebagainya. Sehingga, sadar tidak sadar jogging dapat melatih kedisiplinan diri.

8. Metabolisme tubuh

Rajin melaksanakan jogging (terutama di pagi hari) bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh sepanjang hari, yang dapat membantu Kamu dalam usaha penurunan kelebihan berat badan, menjaga kesehatan jantung, serta meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Metabolisme yang meningkat juga dapat menjaga nafsu makan biar tetap baik. Jika sedang kesulitan nafsu makan, maka melaksanakan jogging bisa menjadi sebagai solusinya.

Demikian juga orang renta yang anaknya bermasalah dalam nafsu makannya, maka para orang renta bisa mengajak sang buah hati untuk jogging dan bermain bersama, yang semakin mejaga kekerabatan orang renta dan anak biar semakin erat.

9. Membuat lebih percaya diri

Jogging dapat membentuk postur tubuh lebih tepat (ideal). Yang secara tidak langsung, jogging akan membantu seseorang lebih percaya diri ketika berinteraksi dengan orang lain.

Dengan bentuk tubuh lebih sempurna, ditambah lagi dengan mood bahagia yang muncul alasannya yaitu rajin berolahraga. Maka memubat kondisi jiwa menjadi sangat baik.

Pada sebuah studi, menunjukkan hasil bahwa dengan jogging dapat menstimulasi hormon, yang membuat perasaan lebih bahagia.

10. Memperbaiki kualitas tidur

Masalah tidur seoerti insomnia, menyebabkan dikala berdiri tidur tubuh tetap terasa lemas, sehingga tidak fit dalam menjalanu acara sehari-hari. Karena dilema insomnia berkaitan erat dengan kualitas tidur yang menjadi kurang baik.

Pada sebuah studi, yang melibatkan para penderita insomnia diminta untuk berlari secara rutin, karenanya membuat mereka bisa mempercepat waktu tidur, serta tidurnya juga menjadi lebih nyenyak dan

Dari hasil studi, ditemukan bahwa kalau seseorang berlari setidaknya 16 km dalam seminggu bermanfaat  untuk menurunkan resiko tekanan darah, mencegah kolesterol tidak terendap terlalu lama di dalam pembuluh darah. Hal ini sangat baik untuk menjaga kebugaran jantung.

Untuk itu kalau memiliki gangguan tidur, maka jogging di pagi hari akan membantu tidur yang lebih baik pada malam harinya.

Loading...

11. Menjadi pribadi yang giat

Memang, rutinitas jogging membutuhkan kesepakatan besar, butuh perjuangan untuk mengatasi rasa malas yang bersemayam di dalam dada.

Jika kita berhasil mengakibatkan jogging sebagai rutinitas sehari-hari (minimal 5 kali dalam seminggu), maka ini ibarat melatih diri untuk melawan rasa malas, serta melatih diri biar lebih disiplin.

Tidak hanya untuk kebugaran fisik, ketenangan pikiran juga akan kita dapatkan.

Dengan pikiran yang baik dan mental yang tenang, dimana kondisi mood sangat tinggi, membuat kita menjadi pribadi yang bersemangat menjalani acara sehari-hari.

Selain itu, manfaat sarapan pagi juga akan menawarkan energi dalam memulai hari yang panjang.

12. Membuat tubuh bisa mengidentifitkasi gejala penyakit

Ketika jogging, gerakan-gerakan yang dilakukan merangsang metabolisme tubuh untuk terus meningkat di segala organ tubuh.

Sehingga, ketika terjadi kerusakan pada organ tubuh, maka akan dapat dirasakan denga terang ketika bergerak.

Ketika sedang bergerak, dapat dengan mudah mengetahui ada rasa sakit yang tidak wajar di salah satu adegan tubuh, dimana tubuh dapat lebih sensitif dalam mendeksi suatu dilema di tubuh..

13. Meningkatkan konsentrasi

Pada pakar berpendapat bahwa jogging dapat meningkatkan kemampuan otak atau daya pikir.

Yang dengan melaksanakan jongging, membuat pikiran dapat lebih baik untuk berkonsentrasi.

Selain itu, banyak juga para atlet yang berpendapat demikian, bahwa dengan melaksanakan jogging, menawarkan manfaat pada peningkatan daya konsentrasinya dalam melaksanakan pertandingan atau perlombaan.

14. Bersemangat sepanjang hari

Tentunya dalam menjalani aktivitas, kita ingin menjalaninya dengan motivasi tinggi, alasannya yaitu sangat tidak menyenangkan apabila setelah berdiri tidur, tetapi tubuh terasa lemas dan lesu. Alhasil menjadi tersiksa dalam menjalani acara sehari-hari.

Apabila mencicipi dilema ibarat itu, maka Kamu bisa merubahnya hanya dengan melaksanakan jogging.

Saat jongging membuat tubuh lebih sering bernafas, serta oksigen dan udara segar masuk ke dalam tubuh lebih banyak, sehingga semangat pun menjadi ‘membara’ dikala pagi hari.

15. Menurunkan resiko sesak nafas

Masalah pada pernafasan salah satunya yaitu sesak nafas. Pada sebuah penelitian, menyebutkan bahwa melaksanakan jogging akan membantu tubuh bernafas terasa lebih lega.

Penelitian tersebut dilakukan kepada para penderita asma, mereka dilatih untuk rutin melaksanakan jogging selama 3 bulan, lalu karenanya mereka mencicipi bahwa frekuensi asmanya kambuh menjadi menurun.

16. Melancarkan siklus menstruasi

Untuk wanita, dilema siklus menstruasi sering tidak tetap, yang dapat mengganggu dikala datang bulan muncul secara tiba-tiba.

Manfaat melaksanakan jogging ini khusus waknita untuk membuat siklus menstruasi lebih baik.

Sehingga para wanita juga bisa berlari kalem di pagi hari dlaam rangka mengatasi dilema menstruasi yang menganggu.

17. Kulit lebih cerah

Banyak yang mengatakan bahwa jogging memanjangkan umur, tetapi yang sudah dibuktikan dari bahwa rajin jongging membuat tampilan kulit menjadi lebih cerah.

Hal itu, alasannya yaitu olahraga jogging bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah di dalam tubuh, yang sangat baik untuk metabolisme sel-sel kulit tubuh.

Alhasil, orang yang rajin jogging cenderung memiliki kulit yang lebih terlihat cerah. Hal ini dapat lebih baik lagi, kalau ditunjang dengan sering mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran segar.

18. Memperbesar betis secara alami

Betis yang terlihat kecil akan mengganggu penampilan. Untuk Kamu yang ingin memiliki betis yang lebih besar (tetapi tetap ideal), dan terlihat lebih kencang maka melaksanakan jogging dapat menjadi andalan.

Jogging membuat terjadinya kontraksi di adegan betis kita, sehingga memicu terjadi pembesaran pada betis alasannya yaitu otot yang membesar secara alami (bukan alasannya yaitu lemak).


19. Paha lebih berisi

Bagian tubuh yang paling aktif bergerak dikala jongging yaitu kaki, yang bergerak dari pangkal hingga ujung dari kedua kaki. Alhasil, kalau sering jongging dapat membuat otot bokong hingga paha menjadi terlatih dan kuat.

Bagian tubuh tersebut juga semakin kencang dan padat berisi. Hal itu baik untuk membuat tampilan postur tubuh yang ideal, dan dapat menambah rasa percaya diri.

20. Memperkuat tulang kaki

Jogging membuat lemak terbakar dan juga meningkatkan metabolisme sel-sel otot dan tulang.

Gerakan pada kaki dikala jongging membuat sel-sel tulang lebih cepat dalam bermetabolisme. Hal itu berfungsi untuk mengganti sel-sel tulang yang rusak dengan sel-sel yang baru. Alhasil, tulang akan lebih padat dan kuat.

Nah, untuk Kamu yang bekerja cukup berat, serta dengan mobilitas yang tinggi maka memerlukan kemampuan kaki yang kuat, sehingga untuk menjaga kekuatan kaki biar ‘siap sedia’, lakukan rutinitas  jogging dalam sehari-hari.

21. Dengan rajin jogging, bukan tidak mungkin Kamu akan menerima banyak sahabat baru. Seringnya sambil berbincang di sela-sela jogging, sehingga jongging juga bermanfaat untuk bersosial.

22. Jongging memiliki keterkaitan dengan peningkatan produktifitas dan kualitas kerja. Studi yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa rutin melaksanakan jogging memiliki berdampak pada acara kerja. Dalam artian, akan jarang melaksanakan kesalahan, serta dapat bekerja dengan konsentrasi lebih tinggi.

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "22 Manfaat Rajin Olahraga Jogging 20-30 Menit Setiap Hari"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel